Mengenal Meditasi, Teknik Relaksasi untuk Mencapai Ketenangan Diri

0
109
meditasi pernapasan

Sejak 5.000 tahun silam, meditasi sudah diterapkan oleh India kuno. Hal ini bisa terlihat dari adanya lukisan-lukisan dinding yang memperlihatkan orang duduk dalam posisi semadi.

Kemudian, pada tahun 1500 SM, India kuno mendokumentasikan tradisi semadi (vendatism) dalam teks. Selain vendatism, India juga menuliskan tentang meditasi yoga yang dilakukan di gua.

Seiring waktu, bentuk meditasi lain berkembang di Cina, yakni dalam ajaran Taoisme. Siddharta Gautama adalah tokoh yang diketahui tekun melakukan tradisi tersebut. Lambat laun, cara meditasi yang dilakukan Siddharta Gautama pun menyebar ke Jepang dan ke beberapa negara lain di dunia.

Meski identik dengan agama Buddha, sebenarnya agama-agama lain pun mengenal meditasi dengan caranya sendiri. Penganut Kristen misalnya, menerapkan praktik meditasi yang disebut hesychasm pada abad ke-10. Begitu pula dengan Islam yang mengajarkan pentingnya zikir sebagai salah satu elemen tasawuf.

Lalu, apa yang dimaksud meditasi itu? Apakah ada praktik yang benar atau salah? Bagaimana tips melakukannya? Yuk, baca terus artikel ini!

Pengertian Meditasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, meditasi adalah proses memusatkan pikiran maupun perasaan untuk mencapai sebuah tujuan. Pada saat melakukannya, seseorang akan berada dalam kondisi transpersonal.

meditasi adalah
Meditasi adalah proses memusatkan pikiran maupun perasaan untuk mencapai sebuah tujuan.

Meditasi pun kerap dimaknai sebagai praktik melepaskan pikiran dari kecemasan, beban, maupun hal-hal negatif. Dengan berlatih, seseorang lama kelamaan dapat menaikkan tingkat kesadarannya, memiliki kontrol yang lebih kuat terhadap pikirannya, tidak mudah reaktif, sehingga pada gilirannya lebih jernih dalam memproses pikiran yang timbul dari dalam diri sendiri maupun akibat berinteraksi dengan orang lain.

Meditasi menjadi salah satu tema yang paling banyak dibicarakan dalam psikologi transpersonal. Menurut ilmu ini, meditasi membutuhkan fokus pada sebuah objek, bisa berupa napas, kata-kata (mantra), benda, ataupun perhatian seutuhnya pada kesadaran diri.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Meditasi Terbaik 2021

20 Jenis Meditasi

Ada sedikitnya 20 jenis meditasi yang diterapkan oleh sebagian masyarakat dunia. Mana yang cocok untuk Anda? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mindfulness Meditation

Mindfulness meditation kerap dipraktikkan di negara-negara Barat. Meditasi ini merupakan kombinasi antara kesadaran dan konsentrasi. Teknik yang umum dilakukan adalah fokus pada jalannya napas keluar dan napas masuk, melakukan body scan ke bagian-bagian tubuh secara bertahap dari kepala hingga ujung kaki, mengamati pikiran dan perasaan yang timbul dan sensasi yang dirasakan tubuh.

Jika Anda pernah berada di pinggir jalan mengamati orang-orang yang berjalan lalu lalang, seperti itu kira-kira Anda berlatih untuk mengamati pikiran-pikiran yang bermunculan ketika meditasi. Tidak perlu menghakimi atau memberi nilai apakah pikiran itu buruk atau baik, tapi berusaha mengamatinya.

Spiritual Meditation

Meditasi spiritual prinsipnya mendekatkan diri atau mencari hubungan baik dengan Sang Pencipta. Biasanya, pelaku latihan ini menggunakan essential oil untuk lebih meningkatkan pengalaman semadi.

Focused Meditation

Meditasi ini melibatkan salah satu pancaindra dalam prosesnya. Sebagai contoh, Anda memusatkan perhatian pada nyala lilin, bunyi gong atau suara hujan. Metode ini mungkin lebih membantu pemula sebagai panduan dibandingkan berlatih dalam keadaan yang benar-benar hening yang mudah membuat bosan atau mengantuk.

Moving Meditation

Meski gambaran umum meditasi adalah duduk bersila, kegiatan ini sebenarnya bisa juga melakukannya sambil bergerak, misalnya berkebun, berjalan melintasi hutan, ataupun menari. Kegiatan ini juga bisa dilakukan secara kelompok. Anda dan teman-teman bisa berdiri membentuk lingkaran, dan berjalan bersama dalam lingkaran tersebut dalam keheningan.

Perhatikan langkah kaki Anda dalam kesadaran, posisi kaki yang satu berganti dengan kaki yang lain adalah simbol semua hal dalam hidup ini adalah sementara dan akan berlalu, namun hidup akan terus berjalan. Metode ini dapat menjadi solusi mereka yang merasa sangat kesulitan untuk melakukan meditasi dengan duduk diam.

Meditasi Cinta Kasih

Loving Kindness Meditation bertujuan untuk menumbuhkan rasa penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain, welas asih, serta kebaikan. Dalam prosesnya, Anda membayangkan orang lain dan mengirimkan pikiran-pikiran baik, bisa cinta, kebahagiaan atau harapan baik.

Jika Anda ingin “naik kelas”, pikiran baik ini tidak hanya bisa dikirim untuk mereka yang Anda kasihi, namun juga untuk mereka yang menyakiti hati Anda. Rasa tersakiti akan menyiksa Anda, padahal pelakunya mungkin tidak pernah sadar atau peduli. Sayangilah diri Anda dengan berlatih Cinta Kasih yang berangsur-angsur mampu mengusir perasaan marah maupun dendam dari pikiran dan hati.

Meditasi Visualisasi

Memusatkan perhatian pada rasa damai, tenang, dan relaks menggunakan gambar positif adalah bagian dari meditasi visualisasi. Saat bersemadi, Anda harus mampu memvisualisasikan detail objek yang mampu memotivasi dan meningkatkan suasana hati.

Semisal, Anda membayangkan kesuksesan di masa depan sehingga menghadirkan semangat untuk mencapainya.

Zazen

Meditasi zazen melibatkan tiga elemen; yakni posisi duduk, pikiran, dan pernapasan. Posisi duduk yang benar yakni telapak kaki kanan di atas paha kiri, dan telapak kaki kiri di atas paha sebelah kanan.

Awal latihan, Anda bisa merasakan nyeri pada kaki. Namun, makin sering dilatih, tubuh kita yang pintar akan menyesuaikan diri. Bahkan, otot kaki Anda akan menjadi lebih lentur.

Qigong

Praktik qigong diyakini mampu mengelola energi kehidupan seseorang. Di negara asalnya—Tiongkok— qigong diajarkan melalui gerakan dan pernapasan. Dalam latihan ini, seseorang harus memusatkan aliran Qi sebagai energi vital.

Meditasi Cakra

Cakra merupakan energi metafisik yang berasal dari dalam tubuh. Menurut Bahasa Sansekerta, cakra diartikan sebagai roda atau cakram energi. Ada tujuh bagian cakra dalam tubuh manusia; yaitu cakra makhota, cakra mata ketiga, cakra tenggorokan, cakra jantung, cakra pleksus (terletak di bawah perut), cakra seks, cakra dasar (terletak ujung tulang ekor).

Meditasi cakra bertujuan membuka dan menyelaraskannya semua bagian sehingga menghasilkan warna tersendiri. Saat semadi, Anda membayangkan kehidupan sebagai energi dan berfokus pada napas, detak jantung, dan fungsi tubuh.

Meditasi Tatapan

Hampir mirip dengan focused meditation, konsep meditasi ini adalah mengarahkan pandangan pada sebuah objek eksternal. Dalam posisi duduk, Anda menatapi objek tersebut misalnya, menatap air terjun, simbol, atau nyala cahaya lilin.

Meditasi Mata Ketiga

Meditasi mata ketiga atau third eye bertujuan untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres. Untuk melakukan meditasi ini, Anda berfokus pada titik di antara kedua alis dan memusatkan perhatian.

Meditasi Kundalini

Semadi kundalini telah dipraktikkan sejak tahun 500 SM oleh masyarakat India. Namun, asal mulanya tidak diketahui secara pasti. Prinsipnya, kundalini memusatkan perhatian untuk memanfaatkan, melepaskan, dan membangkitkan energi.

Tradisi kundalini juga merujuk pada keyakinan adanya energi Ilahi di bagian dasar tulang punggung. Energi tersebut harus dilepaskan melewati tujuh cakra tubuh, lalu dikeluarkan dari mahkota di ujung kepala.

Saat energi dilepaskan itulah sistem komunikasi antara tubuh dan pikiran terbentuk. Dengan begitu, manusia bisa mengatasi segala masalah fisik, mental, maupun spiritual.

Meditasi Self-Inquiry

Meditasi ini ditujukan untuk merenungkan tentang diri sendiri dan hakikat dari hal-hal yang kita lakukan selama kehidupan kita di dunia. Self-inquiry juga dapat diartikan sebagai penyelidikan diri. Dalam mempraktikkannya, Anda perlu menyatukan tubuh dan pikiran hingga mampu berdamai dengan diri sendiri.

Meditasi Cahaya Tantra

Cahaya tantra merupakan meditasi tingkat lanjut yang membutuhkan bimbingan guru spiritual. Untuk mencapai tahap ini pun, seseorang sudah terbiasa dengan meditasi dasar.

Konsep dasar cahaya tantra adalah kepercayaan pada elemen cahaya sebagai material tubuh manusia. Saat meditasi, Anda harus meyakini, mulai dari kaki sampai kepala terbuat dari cahaya keemasan. Pada akhirnya, berpikirlah bahwa Anda adalah cahaya itu sendiri.

Meditasi Tao

Semadi dalam ajaran Taoisme berarti menyelaraskan hidup dengan alam semesta. Elemen utama meditasi ini ada tiga yaitu; sirkulasi energi batin, transformasi, dan generasi. Tujuannya adalah menemukan ketenangan lahir dan batin.

Ada dua jenis meditasi tao yaitu; pernapasan dan kekosongan. Meditasi tao pernapasan mengharuskan Anda duduk dengan tenang dan memusatkan pikiran maupun perasaan. Sementara itu, tao kekosongan memusatkan napas agar dapat menyatukan pikiran.

Meditasi Mantra

Meditasi mantra fokus kepada penyebutan nama Tuhan dengan sepenuh hati dan cinta. Cara melakukannya adalah duduk dengan punggung tegak seraya memejamkan mata. Kemudian, Anda mengulangi mantra sehingga muncul kesadaran pikiran yang lebih dalam.

Meditasi Vipassana

Salah satu teknik meditasi tertua di India. Vipassana adalah penglihatan jernih, melihat sesuatu apa adanya. Dalam praktiknya, Anda mengamati pernapasan alami dan merasakan sensasi tubuh, inilah proses pemurnian diri yang membantu Anda untuk menghadapi tekanan hidup dengan pikiran tenang dan seimbang.

Pencapaian tertinggi pada meditasi Vipassana adalah pembebasan dan pencerahan sepenuhnya. Meski dipercaya bisa menyembuhkan penyakit, sebenarnya bukan itu tujuan meditasi vipassana, kesembuhan adalah dampak dari permurnian pikiran. Pikiran yang jernih pada gilirannya mampu melenyapkan berbagai penyakit psikosomatik.

Meditasi Body Scan

Jika Anda pernah discan dengan alat oleh petugas keamanan ketika di airport, seperti itulah kira-kira konsep “body scan” ini. Anda bisa membayangkan sinar yang menscan tubuh mulai dari kepala, telinga, alis, mata, hidung seterusnya sambil mengenali berbagai sensasi rasa yang timbul pada bagian-bagian tubuh tersebut.

Selama bersemadi, Anda memusatkan perhatian pada sensasi maupun perasaan diri. Untuk mendapatkan hasil maksimal, latihan ini harus dilakukan setiap 3—6 hari dalam seminggu. Durasi latihannya sekitar 20—45 menit setiap hari.

Meditasi Terpandu

Meditasi terpandu merupakan praktik semadi masa kini yang mengandalkan teknologi. Biasanya, meditasi ini dilakukan dengan bantuan aplikasi. Setiap aplikasi memiliki pemandunya masing-masing. Selain itu, dalam aplikasi terdapat lebih dari satu jenis meditasi.

Meditasi Tapping

Meditasi tapping merujuk kepada psikologi dan teknik akupresur. Tekniknya adalah  mengetuk titik-titik meridian tubuh menggunakan ujung jari.

Cara Meditasi yang Benar

Sebelum mempraktikkan cara meditasi yang benar, persiapkanlah tempat terbaik untuk melaksanakannya. Anda bisa memilih tempat mana pun dengan syarat bebas suara bising dan memiliki udara bersih.

Untuk waktu meditasi, Anda dapat memilih pagi hari atau menjelang tidur. Tentu saja ini harus disesuaikan dengan aktivitas Anda. Seorang ibu dengan anak kecil yang harus menyiapkan kebutuhan keluarganya mungkin harus bangun lebih pagi daripada anggota keluarga yang lain, atau mungkin setelah menidurkan anak-anaknya.

Anda juga bisa semadi satu jam setelah makan. Selain itu, upayakan meditasi dilakukan dalam keadaan perut tidak terlalu lapar maupun kenyang.

Persiapan lainnya, yakni menyediakan alas duduk yang bersih. Kemudian, siapkan juga pakaian terbaik dan nyaman. Jangan lupa, letakkan penghitung waktu di sekitar Anda agar Anda tak bertanya-tanya sudah berapa Anda sudah melakukannya. Ketika bermeditasi, 1 menit bisa jadi terasa seperti sudah 10 menit, jadi pakailah alat bantu yang akurat agar Anda fokus pada meditasi.

Bagaimana Cara Melakukan Meditasi Yang Benar?

  • Pertama, pilihlah posisi duduk tegak, berbaring, berdiri, atau berjalan.
  • Pastikan semua “gangguan” sudah diantisipasi, seperti mematikan ponsel dan menginformasikan orang lain (pasangan/anak/asisten) kalau Anda tidak bisa diganggu selama waktu tertentu.
  • Jika suasana hening sulit didapatkan, pakailah headphone. Anda bisa memutar musik binaural atau menggunakan aplikasi guided meditation yang kini banyak tersedia.
  • Pasang penghitung waktu. Untuk pemula, mulailah dengan 2—5 menit.
  • Rapalkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing seraya diikuti kalimat positif.
  • Awali meditasi dengan merasakan embusan napas. Rasakan setiap napas yang masuk ke hidung, lalu keluarkan perlahan. Ada berbagai teknik pernapasan, Anda bisa mempelajarinya lebih baik yang sesuai dengan Anda.
  • Ketika pikiran-pikiran bermunculan, tarik kembali fokus Anda pada keluar masuknya napas. Pada suatu saat, biarkan pikiran-pikiran tersebut berdatangan dan amati mereka, lalu kembali lagi ke pernapasan.
  • Pada akhir meditasi, ucapkan kalimat positif sesuai tujuan Anda.

Sekilas, cara meditasi tersebut mudah dilakukan, namun sebenarnya bisa dibilang tidak terlalu mudah apalagi ketika kita baru memulainya. Sebuah studi yang dilakukan oleh para psikolog di Queen’s University in Kingston, Canada mengungkapkan bahwa rata-rata manusia memiliki 6,200 pikiran setiap harinya. Sementara ketika meditasi, Anda diminta untuk fokus pada satu hal saja; napas Anda.

BACA JUGA: Bernapas Sempurna, Kunci Umur Panjang

BACA JUGA: Buteyko Breathing Untuk Memperbaiki Pola Napas

Ketika Anda fokus pada satu pikiran, sebenarnya Anda sedang memberikan otak Anda istirahat. Anda membantu pikiran untuk berpikir akan satu hal saja pada satu waktu. Dan setelahnya Anda merasa relaks dan lebih baik. Ini juga sebabnya kenapa orang menikmati seks, olahraga, atau menonton film dan merasa senang setelahnya. Ketika melakukannya, kita fokus pada hal itu saja, tidak memikirkan hal yang lain.

Lucunya, macam-macam pikiran itu datang ketika Anda meditasi. Bisa jadi tiba-tiba Anda memikirkan mau makan malam apa nanti ataupun pikiran acak seperti pengalaman Anda ketika kecil dulu. Inilah sebenarnya yang menyenangkan tentang meditasi. Anda berlatih bukan untuk mengalahkan orang lain, menjadi manusia yang lebih baik apalagi manusia baru, tapi bagaimana Anda bisa mengendalikan pikiran Anda sendiri.

Pikirkan latihan ini seperti Anda berolahraga ke gym tapi untuk memperkuat otot pikiran  Anda. Semakin baik Anda menguasai pikiran, semakin baik pula Anda kemampuan Anda memproses peristiwa-peristiwa yang telah Anda lalui atau akan Anda jalani dalam hidup, Anda tidak mudah reaktif dan secara umum jadi manusia yang lebih relaks.

Manfaat Meditasi

Beragam studi telah mengungkapkan manfaat meditasi untuk kesehatan mental, fisik, maupun spiritual meskipun beberapa masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Berikut ini beberapa manfaat meditasi untuk kesehatan:

Membantu Mengurangi Stres, Kecemasan, Depresi

Ada lebih dari 200 studi yang menemukan kaitan antara meditasi dan stress. Bahkan secara spesifik juga bisa membantu mengobati depresi, merokok dan kecanduan. Cemas merupakan gangguan psikologis yang dapat memunculkan rasa takut, khawatir, gugup, dan keprihatinan pada masa depan. Kecemasan adalah bentuk keresahan dalam jangka waktu lama. Jika dibiarkan, kecemasan bisa menjadi penghambat kegiatan produktif sehari-hari.

Salah satu cara mengatasi stress, kecemasan dan depresi adalah melakukan kegiatan mindfulness selama 8 minggu yang meliputi meditasi secara rutin. Beberapa metode yang dikenal adalah Mindfulness-based stress reduction (MBSR) dan Mindfulness-based cognitive therapy (MBCT)

Membantu Mengontrol Emosi

Emosi merupakan perasaan yang muncul dari dalam diri manusia atas kejadian senang, sedih, maupun marah. Maka itu kurang tepat kalau dikatakan orang yang marah itu “emosian”. Emosi meliputi berbagai macam perasaan, dia berkembang dan surut dalam waktu singkat.

Namun, pada kondisi tertentu, seseorang bisa mengalami gangguan emosi, seperti rasa bersalah atau malu yang berlebihan. Jika tidak segera diatasi, perasaan tersebut bisa membuat tubuh menjadi stres. Akibatnya, muncul gangguan fisik, seperti perut berat dan sakit kepala.

Latihan meditasi bisa membantu meredakan gangguan ini, karena ia akan menarik kita kembali ke kesadaran, pada “here and now”. Ketika mengalami masalah pikiran kita bisa bergulir bak bola liar, membayangkan hal-hal negatif yang belum terjadi atau belum tentu terjadi dan pikiran yang tidak dikuasai akan menimbulkan perasaan-perasaaan yang seringnya lebih merugikan daripada membuat kita merasa lebih baik.

Mencegah Gangguan Kesehatan pada Jantung

Gangguan pada jantung kerap diawali dari kondisi emosi yang tidak stabil. Pengidapnya sering merasa stres sehingga tekanan darah meningkat. Akibat tekanan darah naik, berbagai masalah masalah kesehatan jantung pun muncul. Bahkan, hal itu dapat memicu serangan jantung mendadak dan strok.

Jadi, pencegahan maupun penyembuhannya harus dimulai dari menstabilkan tekanan darah Anda. Tekanan darah stabil diperoleh dari jiwa yang tenang. Karena itu, meditasi merupakan cara terbaik untuk menenangkan jiwa.

Meningkatkan Imun Tubuh

Imun tubuh adalah hal yang paling vital di masa pandemi COVID-19. Dengan imun kuat, Anda bisa terhindar dari penyakit tersebut. Dalam hal ini, meditasi diyakini mampu membantu tubuh membentuk antibodi secara cepat.

BACA JUGA : 12 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami

Meminimalkan Rasa Nyeri

Rasa nyeri dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya radang sendi, osteoartritis, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk menghilangkan nyeri, yaitu dengan melakukan mindfulness meditation. Pada saat meditasi ini, pikiran Anda disugesti untuk melepaskan  rasa sakit dan menenangkan diri.

Menajamkan Intuisi

Intuisi merupakan gagasan yang muncul dari dalam diri seseorang secara tiba-tiba—tanpa melalui analisis. Biasanya, intuisi digunakan untuk menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan.

Banyak orang percaya, intuisi berasal dari kata hati. Sebagian orang juga meyakini bahwa intuisi adalah suara Tuhan yang dipantulkan ke relung hati manusia paling dalam. Karena itu, manusia perlu membersihkan hatinya agar dapat mendengar intuisi. Untuk membersihkan hati, Anda bisa melakukan meditasi.

Musik Terbaik untuk Meditasi

Musik dapat membantu latihan meditasi, namun memang tidak sembarang musik. Berikut beberapa jenis musik yang direkomendasikan untuk didengarkan saat meditasi.

Nature Sound

Musik ini mengandung suara-suara alam, misalnya rintik hujan, debur ombak, gemericik air, dan kicau burung. Ketika mendengarkannya, Anda akan merasakan suasana seperti di tengah alam terbuka. Ini adalah salah satu musik yang bisa Anda dengar:

  • Wave Foam dari Relaxed Minds
  • Birds in Forest Rainfall dari Zen Master
  • First Ray of Sun – Northern Lights
  • Relaxing Jungle Sounds dari Lluvia del Bosque
  • Safe Haven dari Mindful Measures

Musik Spa

Jika pernah ke spa, pasti Anda tidak asing dengan yang dimaksud dengan musik spa. Musik spa biasanya terdengar teratur, pelan, dan harmoni, dirancang sedemikian rupa agar Anda tubuh dan pikiran lebih nyaman dan relaks.

Berikut ini beberapa contoh musik spa yang bisa Anda gunakan saat meditasi:

  • Oasis Garden dari Janine Marcell
  • Relax Spa dari Grant Healing
  • Whispers of Paradise dari Sedona Breeze
  • Organic Harmony dari Torie Wells
  • Something Soft dari Scott Maynarde

Japanese Zen Music

Jepang memiliki musik khusus yang diperdengarkan dalam meditasi zen. Berikut beberapa lagu dengan musik zen.

  • Origami Master dari Brandon Fiechter
  • Keshi No Hana dari Japanese Shamisen Jiuta Ensemble
  • Yuki dari Rikiya Yamashita
  • Rokudan dari Zumi-Kai
  • Forest of Japan dari Derek Fiechter

Musik Tradisional

Musik tradisional dilestarikan secara turun-temurun oleh masyarakat tertentu. Misalnya di Indonesia, ada musik tradisional Jawa, Sunda, dan Bali. Melodi musik tersebut terdengar khas karena dimainkan dengan alat tertentu, seperti gamelan dan seruling.

Contoh lagu yang mengandung musik tradisional, antara lain Kala Peteng dinyanyikan oleh I Gusti Sudarsana dan Seler Degung dari Pusaka Sunda. Anda juga dapat mendengarkan lagu Laya dari Kyai Manis Rengga dalam meditasi.

Fakta atau Mitos: Meditasi Dapat Mendatangkan Uang

Dalam kondisi tenang, segala perbuatan ataupun tindakan pasti dilakukan dengan lebih cermat. Salah satunya tindakan mengelola keuangan pribadi.

Dalam pengelolaan keuangan, Anda tentu memiliki tujuan, misalnya menabung untuk membangun rumah. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan pikiran fokus. Nah, pikiran fokus dapat dilatih lewat meditasi.

Jika pikiran fokus pada tujuan, Anda tidak akan mudah tergoda. Sebagai contoh, bulan ini Anda baru saja gajian. Lalu, saat perjalanan pulang melihat sepatu bagus yang harganya sangat mahal. Bagi Anda yang fokus, membeli sepatu mahal bukan prioritas. Selain karena masih memiliki banyak sepatu, gaji tersebut lebih baik ditabung untuk mencapai tujuan utama.

Meditasi juga terbukti mampu mengatasi kecanduan, seperti rokok atau belanja. Meskipun belanja mampu menghilangkan penat, Anda bisa menjadi shopaholic. Jika shopaholic tak dihentikan, keuangan Anda akan berantakan. Akibatnya, muncul energi negatif karena situasi emosional yang tidak stabil.

Lantas, apakah benar meditasi bisa menarik uang?

Jika Anda sering melihat tayangan di YouTube, banyak channel membahas tentang penarikan uang melalui meditasi. Sebenarnya, yang menarik uang bukanlah meditasi, melainkan keyakinan dari dalam diri Anda.

Pertama, Anda harus yakin bahwa uang adalah energi yang memiliki frekuensi unik. Uang bisa diperoleh siapa pun, tanpa memandang status sosial maupun pendidikan. Bahkan, Anda dapat menariknya dalam jumlah banyak sesuai keinginan.

Setelah memiliki keyakinan tersebut, buang energi yang dapat menghambat hadirnya uang. Sadar atau tidak, energi penolakan terhadap uang hadir dari dalam diri Anda. Coba introspeksi lagi, apakah kalimat-kalimat di bawah ini pernah tebersit di pikiran dan hati?

  • Saya terlahir jadi orang miskin.
  • Profesi saya sulit menghasilkan uang banyak.
  • Orang kaya pasti jahat.
  • Uang tidak dapat membeli kebahagiaan saya.

Kalimat-kalimat di atas dapat menciptakan mental blok. Anda secara tidak sadar memberikan penolakan terhadap kekayaan dan berpandangan negatif tentangnya. Padahal, kunci utama menghadirkan kekayaan harta adalah bersikap postif terhadap uang.

Jadi, hapuslah mental blok Anda sekarang juga dan gunakan hukum ketertarikan (law of attraction). Lalu, lakukan langkah-langkah berikut ini agar Anda menerima lebih banyak uang.

  • Buang benda-benda tidak penting di dompet Anda. Dengan membuang benda tidak penting, Anda menunjukkan betapa berharganya uang yang ada di dalamnya. Perlihatkan seolah-olah dompet itu adalah tempat paling aman untuk uang. Beberapa benda yang harus Anda buang antara lain kartu kedaluwarsa, bon, tanda terima, dan kuitansi. Dengan menyingkirkan barang-barang tersebut, berarti Anda telah menghilangkan dead energy.
  • Kumpulkan koin. Pastikan, Anda memiliki wadah untuk meletakkan uang koin. Mulailah memindahkan uang koin dari saku baju, dompet, sela tas, atau bawah sofa ke dalam wadah tersebut. Percayalah bahwa koin itu berkontribusi terhadap peningkatan harta Anda.
  • Awali dengan menyukai salah satu jenis uang. Anda harus memilih satu atau beberapa jenis uang untuk disukai. Lakukan hal ini sepenuh hati dan Anda akan melihat uang itu berkembang biak dengan cepat.
  • Tempelkan uang di area yang sering dikunjungi. Menarik uang dapat dilakukan dengan meletakkannya di tempat strategis, seperti kamar mandi, lemari es, dan cermin kamar. Anda juga bisa menempelkannya di langit-langit atas tempat tidur agar muncul sugesti mencapai kekayaan.
  • Tulis daftar. Langkah selanjutnya adalah menuliskan daftar yang Anda inginkan di secarik kertas. Pastikan menulis daftar keinginan secara spesifik agar alam semesta dapat menangkap energinya.
  • Buat komitmen kebaikan dengan uang. Saat Anda melakukan kebaikan, energi positifnya akan kembali ke dalam diri. Karena itu, buatlah komitmen dari hati, bahwa Anda kelak melakukan banyak kebaikan dengan uang yang Anda terima. Sebagai contoh, Anda melihat petugas toilet dengan wajah lusuh. Tanpa banyak bertanya, berikan selembar uang untuknya. Anda juga bisa lakukan kebaikan tanpa alasan khusus selain hanya ingin berbuat baik untuk kebaikan itu sendiri (random act of kindness). Latihan-latihan tersebut harus dilakukan secara rutin agar semesta menangkapnya sebagai kesiapan Anda menjadi kaya raya.
  • Beli yang Anda sukai. Sesekali, Anda harus masuk ke pusat perbelanjaan dan membeli barang sesuai keinginan. Kalau perlu, belilah barang yang harganya mahal. Rasakan energinya—seolah-olah Anda memiliki kekuatan penuh untuk membeli apa pun.

Tokoh-Tokoh yang Melakukan Meditasi

Setujukah Anda, kesuksesan dalam hal apa pun hanya dapat dicapai oleh jiwa-jiwa yang tenang? Banyak dari tokoh terkenal ternyata mencapai ketenangan itu dengan menjalankan meditasi secara rutin. Bahkan, ada tokoh yang mampu melewati masa kritis di hidupnya melalui kegiatan ini.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya:

Titiek Puspa

Delapan tahun silam, penyanyi Titiek Puspa pernah divonis kanker stadium awal. Ia pun langsung berobat ke Singapura. Namun, kondisi Titiek Puspa makin memburuk; kanker menjalar ke bagian tubuhnya yang lain.

Pengobatan dua setengah bulan di Singapura tidak membuahkan hasil positif, sebaliknya kankernya divonis memasuki stadium III. Akhirnya, Titiek Puspa pun menghentikan pengobatan karena tidak kuat.

Lalu, Titiek Puspa melakukan meditasi selama 13 hari. Ia bersemadi dengan merapikan posisi kakinya, meletakkan tangan di atas paha, dan melipat lidah ke arah belakang. Mulutnya terkunci, mata terpejam, dan tarikan napasnya dalam yang kemudian diembuskan perlahan.

Ajaib, setelah 13 hari berlalu, Titiek Puspa memeriksakan diri ke dokter. Saat itu, dokter mengatakan dirinya bersih dari kanker.

Titiek Puspa membagikan teknik meditasinya di video di bawah ini

Deepak Chopra

Deepak Chopra—pembicara dan penulis ternama—mampu melakukan penyembuhan tubuh maupun pikiran dengan meditasi. Teknik meditasinya ditiru oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu program meditasi tersebut adalah Deepak Chopra 21 Days Meditation Challenge.

Program tersebut ditujukan untuk pemula. Selain ringan, durasi programnya pun tidak terlalu lama. Tugas-tugas hariannya mengacu pada kehidupan sehari-hari, mulai dari tugas pengenalan diri, introspeksi, hingga perenungan.

Dengarkan Deepak Chopra mengulas bukunya Total Meditation di bawah ini:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Deepak Chopra (@deepakchopra)

Meditasi Gede Prama

Gede Prama dikenal sebagai motivator, penulis, serta pembicara andal. Pria berumur 57 tahun Singaraja, Bali ini rajin berbagi ilmu kehidupan dan meditasi untuk menuntun orang yang ingin mendapatkan pencerahan.

Mau mencoba meditasi dipandu Gede Prama? Ada bisa putar video di bawah ini:

Marc Benioff

Marc Benioff dikenal sebagai pejabat tertinggi eksekutif di SalesForce. Ia seorang billionaire yang memiliki sifat spiritual tinggi. Marc Benioff gemar menghabiskan waktunya bersama guru spiritualnya di Hawaii dan India.

Kerennya, usai kembali ke perusahaannya, Marc Benioff selalu memiliki visi baru. Bahkan, di kantor-kantor SalesForce terdapat ruang meditasi yang kerap digunakannya untuk sekadar menemukan gagasan baru.

Marc Benioff mengatakan bahwa meditasi memengaruhi kepemimpinannya. Ia menyampaikan, manajemen kepemimpinan itu seperti pola pikir pemula dalam konsep zen buddhisme. Seorang pemula akan selalu bersemangat serta mampu berpikiran dan bersikap terbuka.

Ariana Huffington

Ariana Huffington merupakan CEO Thrive Global yang juga salah satu pendiri Huffington Post. Wanita ini memiliki kebiasaan meditasi setiap hari saat pagi. Ia mengatakan, meditasi itu dilakukan ketika bangun dari tempat tidurnya.

Ariana Huffington menarik napas dalam-dalam, lalu mengucap syukur kepada Tuhan. Setelah itu, ia melakukan meditasi kurang lebih 20 sampai 30 menit. Ia juga mengulangi meditasinya saat pulang ke rumah dan berlatih yoga.

Simak perbincangan singkat tentang meditasi antara Arianna Huffington dan astrophysicist Neil deGrasse Tyson.

Oprah Winfrey

Oprah Winfrey, tokoh yang terkenal dengan talkshow-nya ini kerap menyebarkan informasi kebugaran, kesehatan, serta keseimbangan tubuh dan pikiran. Ia menggunakan acaranya sebagai sarana untuk menyebarkan wawasan tersebut, yakni The Oprah Magazine.

Konten-konten meditasi Oprah Winfrey dibaca banyak orang di seluruh dunia. Mereka memercayai, bahwa meditasi Oprah Winfrey berhasil membuatnya menjadi manusia lebih baik.

Bersama Deepak Chopra, Oprah menciptakan program 21 hari meditasi:

Demikian ulasan seputar meditasi, cara melakukan, manfaat, aplikasi, musik, hingga tokoh-tokoh yang mempraktikkannya. Setelah membaca artikel ini, Anda tentu mengetahui betapa besar pengaruh meditasi dalam kehidupan manusia. Jadi, jangan ragu melakukan semadi setiap hari agar aktivitas Anda lancar dan berlimpah rezeki.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Meditasi Terbaik 2021

BACA JUGA: Ini Yang Terjadi Pada Aura Anda Ketika Memaafkan Orang Lain