Mengenal Kratom, Herbal Lokal Penghilang Rasa Sakit

0
2145
kratom

Beberapa waktu lalu media dihebohkan dengan pemberitaan kratom yang disinyalir dapat meningkatkan vitalitas. Buat Anda yang baru tahu, Kratom (Mitragyna speciose) adalah tanaman asal Kalimantan yang memiliki efek sebagai penghilang rasa sakit, memberikan sensasi rileks dan gangguan kecemasan.

Sebenarnya tanaman ini sudah lama digunakan untuk medis dan relaksasi, terutama di kawasan Asia Tenggara dan Papua Nugini. Namun sebulan lalu tanaman ini mendadak mendapat sorotan ketika media lokal menyorot perdagangan Kratom yang kuantitasnya lumayan besar.

BACA JUGA: Mengenal Makanan Fungsional

Dilansir dari Kompas.com, pada tahun 2016 pertanian di Kalimantan Barat mengekspor Kratom sejumlah 400 ton ke luar negeri. Di luar negeri Kratom digunakan secara bervariasi mulai dari tambahan suplemen sampai dikonsumsi saat festival musik. Di Kalimantan sendiri kratom sering ditambahkan ke kopi untuk memberikan efek melancarkan peredaran darah dan menambah stamina.

Efek Samping Serupa Kokain

Agustus 2019 lalu BNN meminta Kemenkes untuk memasukkan kratom ke dalam daftar narkotika golongan I karena memberikan efek yang sama dengan kokain. Bahkan disinyalir efek yang diberikan dari konsumsi kratom 10 kali lebih parah ketimbang kokain.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Mayo Clinic, di balik efek relaksasi serta penghilang rasa sakit yang diberikan, kratom dapat memberikan dampak negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Pusat-pusat pengendalian racun di Amerika Serikat menerima sekitar 1.800 laporan gangguan kesehatan akibat konsumsi kratom termasuk laporan kematian. Kejang, peningkatan tekanan darah adalah sebagian kecil dari efek kratom.

Berikut ini adalah efek berbahaya dari kratom lainnya:

  1. Penurunan berat badan yang drastis

  2. Mulut kering

  3. Menggigil, mual dan muntah

  4. Perubahan volume urine dan sembelit

  5. Kerusakan hati

  6. Nyeri otot

  7. Memberikan dampak halusinasi

  8. Mempengaruhi aliran empedu hati

  9. Kejang

  10. Aritmia

  11. Mengganggu fungsi memori

Herbal untuk Menghilangkan Rasa Sakit dan Tingkatkan Stamina

Ketimbang menggunakan bahan herbal ataupun tanaman yang belum tentu kebenarannya memiliki manfaat kesehatan, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan bahan yang sudah pasti baik untuk kesehatan.

“Kalau untuk menjaga stamina bisa mengonsumsi ginseng, temulawak,” jelas Aviani Harfika SGz, ahli gizi dari Insitut Pertanian Bogor. Pun, Aviani menambahkan kopi bisa dikonsumsi untuk boost energi ataupun meningkatkan performance untuk olahraga atau sehari-hari.

“Hanya saja manfaatnya akan lebih baik bila mengonsumsi kopi yang tidak banyak mengandung gula dan krimmer. Soalnya selain bisa meningkatkan kadar gula darah, juga bisa bikin mengantuk, ” tambah Aviani.

Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati menyediakan pilihan bahan herbal untuk mengurangi rasa nyeri seperti cengkeh, pala, merica, bawang putih dan jenis buah beri-berian.

Cara konsumsinya juga sederhana, untuk herbal cengkeh dan pala bisa direbus dengan air hangat sedangkan beri-berian bisa dimakan langsung. “Kalau belum terbiasa dengan aroma menyengat bawang putih, bisa dicampur dengan salad untuk menyembunyikan aromanya,” tutup Aviani.

BACA JUGA: Pola Makan Kunci Untuk Kendalikan Penyakit