Meditasi, Cara Lain Turunkan Berat Badan

0
159
Meditasi, Cara Lain Turunkan Berat Badan
Meditasi, Cara Lain Turunkan Berat Badan

Cara Mendapatkan Tubuh Ideal

Salah satu upaya untuk mendapatkan tubuh ideal dan berat badan yang seimbang adalah dengan menjalani diet ketat.

Membatasi asupan makanan dengan kalori dan lemak yang tinggi dilakukan demi mendapatkan berat badan seperti yang didambakan.

Olahraga rutin yang terkadang melelahkan pun tidak lagi dipandang sebagai beban yang terlalu besar ketika tekad memiliki badan yang semampai sudah begitu besar.

Akan tetapi, siapa menyangka jika lewat meditasi yang cenderung tidak melelahkan ini, berat badan bisa dipangkas dengan lebih cepat.

Teknik Meditasi yang Terbaik dari Seorang Ahli Transcendental Meditation (TM) 

Seorang penulis buku berjudul Strength in Stillness bernama Bob Roth yang sekaligus seorang ahli Transcendental Meditation (TM) menerangkan fakta mencengangkan dibalik teknik meditasi yang baik ini.

Tanpa perlu susah payah menahan lapar dan melakukan olahraga yang menguras tenaga seperti pada umumnya, teknik TM ini dapat dipraktikan di rumah dan terbukti ampuh mengurangi berat badan dengan lebih cepat.

Kata Bob

Kata Bob yang sekaligus guru meditasi dari model kelas dunia Gisele Bündchen dan Katy Perry ini menerangkan bahwa TM adalah teknik meditasi yang berfokus untuk menghindari pikiran yang buruk dan menganggu serta mendorong diri untuk berada dalam kondisi yang santai.

Praktik TM

Pada praktiknya, TM merupakan sebuah rangkaian meditasi yang unik, pelakunya cukup duduk dengan nyaman pada sebuah kursi dengan mata tertutup dan melafalkan satu atau dua mantra yang telah diajarkan oleh instruktur.

Pemberian mantra ini difungsikan sebagai katalisator yang memungkinkan pikiran untuk tetap menetap dalam kondisi yang tenang dan lebih mendalam dibandingkan tidur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rangkaian meditasi ini dilakukan sebanyak 2 kali selama 15 hingga 20 menit untuk setiap sesinya.

Nah, bagi Anda yang tertarik melakukan meditasi ini, Anda bisa membagi dua waktu, antara sebelum sarapan dan satu kali sebelum menuju makan malam.

Apabila latihan ini dilakukan secara rutin, teknik ini juga akan ampuh dalam mengurangi stress yang menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan yang paling umum.

Penyebab Umum dari Stress

Adapun penyebab umum dari stress adalah produksi kadar hormon kortisol di dalam tubuh yang meningkat secara drastis yang dapat mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan menutup bagian pusat pada memori otak di dalam tubuh kita.

Apabila hormon kortisol dilepaskan terlalu banyak ke dalam tubuh maka kondisi ini akan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius untuk tubuh ketika mengalami stress.

Bukan hanya itu, pelepasan hormon kortisol yang berlebihan pun akan dapat membahayakan bagian metabolisme sebab mengakibatkan tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

Kabar Baiknya dari Latihan Meditasi TM

Nah, kabar baiknya latihan meditasi TM ini telah terbukti dapat menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh.

Dengan begini berarti tubuh kita akan tentu lebih mampu mencerna makanan dengan lebih baik.

Lebih dari pada itu, berkurangnya kadar kortisol di dalam tubuh pun akan dapat mengurangi stress yang berarti cenderung membuat pilihan makanan yang lebih baik untuk tubuh kita.

  • Berani coba di rumah?

Yuk, mulai jalani kebiasaan baik demi mengubah pola hidup kita.