Mau Hidup Lebih Bahagia? Pelihara Hewan Saja!

0
159
hewan peliharaan

Bisa jadi ini alasan kenapa 68% keluarga di Amerika Serikat memiliki hewan peliharaan. Bukan sekadar lucu-lucuan atau menambah kerepotan, sejatinya memiliki hewan peliharaan—terutama anjing dan hewan dapat meningkatkan kesejahteraan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan semangat untuk hidup.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, memiliki hewan peliharaan baik untuk kesehatan jantung Anda. Ini dikarenakan rasa kepemilikan dan afeksi yang diberikan oleh hewan peliharaan sejenis anjing ataupun kucing dapat menurunkan stres dan depresi.

BACA JUGA: Perlindungan Brokoli, Dari Cegah Kanker Hingga Bikin Awet Muda

Pun, aktivitas seperti membelai kucing/anjing dapat menurunkan tekanan darah dan membuat Anda merasa lebih tenang. Termasuk menonton ikan peliharaan berenang-renang yang sejatinya dapat meredakan ketegangan otot.

Bermain dengan hewan peliharaan Anda meningkatkan kadar serotonin dan dopamin—senyawa kimia pada otak yang memberikan sensasi enak dan bahagia. Bahkan rasa senang ini setara atau malah lebih tinggi ketimbang perhatian yang diberikan pasangan.

Penjelasan lain kenapa memiliki hewan peliharaan baik untuk Anda tak lain karena hewan peliharaan menghubungkan Anda ke komunitas. Bertemu orang baru sesama penyuka anjing akan memperluas lingkaran pertemanan Anda. Berbagi cerita seru, pengalaman lucu bersama kucing kesayangan akan mendongkrak emosi positif yang Anda miliki.

Aktivitas di luar bersama hewan peliharaan juga menjadi cara menyenangkan bagi Anda untuk memulai latihan fisik. Seperti membawa anjing berjalan-jalan di taman, berkejar-kejaran dengan si puppy di halaman rumah, sedikit banyak membakar kalori yang membuat Anda menjadi lebih aktif.

Insting Hewani Membuat Hewan Peliharaan Lebih Mengerti Manusia

Anda pasti pernah mendengar cerita tentang anjing yang terus menunggu pemiliknya, padahal pemiliknya sudah meninggal? Atau hewan peliharaan lainnya yang memberikan sinyal kalau pemiliknya berada dalam bahaya?

Menurut psikolog Allen R McConnell Ph.D, kemampuan insting hewani peliharaan membuat kita manusia merasa aman dan disayangi. Inilah yang membuat lebih dari sekadar kedekatan biasa antara hewan peliharaan dan si empunya.

Tercipta ikatan emosional, kebutuhan, rasa manja, sinyal aman, bahkan sampai tempat curhat! Ya, hewan peliharaan adalah pendengar yang baik. Ketika Anda hanya butuh didengarkan bukannya diberi saran-saran yang sebenarnya Anda sudah tahu, ngobrol dengan hewan peliharaan rasanya lebih masuk akal ketimbang dengan manusia.

BACA JUGA: Kenapa Kesepian Bisa Membuat Tubuh Sakit?