Virgin Coconut Oil – Manfaat Luar Biasa Dari Kelapa

0
504
Vco untuk tubuh

Virgin Coconut Oil (VCO) atau Minyak Kelapa Murni merupakan modifikasi dari pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam yang lebih rendah, diproses tanpa pemanasan, bahan kimia, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman. Proses ini membuat virgin coconut oil bisa bertahan hingga 12 bulan.

Virgin coconut oil dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik daripada minyak kelapa biasa atau coconut oil. Hal ini tentu karena keduanya melewati proses ekstraksi yang berbeda. Coconut oil diolah dengan cara memanaskan santan atau mengendapkan santan dalam waktu yang lama, sehingga mengeluarkan bau tengik.

Sedangkan virgin coconut oil memiliki warna yang bening seperti air mineral dan tidak mudah tengik, karena memiliki kandungan vitamin E yang berperan menjaga kestabilan minyak dan melindungi dari ketengikan.

“Coconut oil biasanya mengalami proses pengeringan dan bahan yang digunakan adalah daging kelapa, sedangkan virgin coconut oil dari santan kelapa yang masih segar,” kata pakar gizi, Aviani Harfika SGz.

VCO masih memiliki aroma khas kelapa, karena masih mengandung zat-zat fitonutrien alami dari kelapa, dengan asam lemak bebas yang rendah (kurang dari 0,07% sebagai asam larut), mengandung vitamin E 30 kali lebih tinggi daripada RBD coconut oil, dan juga bebas dari kontaminasi aflatoksin.

Minyak ini juga merupakan minyak stabil, maka ia tidak mudah rusak karena panas, serta tahan terhadap cahaya dan udara.

Virgin Coconut Oil untuk Tubuh yang Sehat

manfaat coconut oil
Sumber: https://www.sepalika.com/living-well/doctors-take-9-signs-healthy-body/

Dalam buku “The Coconut Oil Miracle” (Bruce Fife, C.N.N.D, 2004, Price, 2004., Darmoyuwono, 2006), kami menemukan berbagai manfaat virgin coconut oil, berikut diantaranya:

  1. Sebagai Sumber Energi

Sebagian besar kandungannya mengandung asam lemak rantai pendek dan medium yang tinggi, maka ketika dikonsumsi, tubuh terlebih dahulu akan membakar asam lemak tersebut sebagai sumber energi. Ini sebabnya banyak orang mengatakan ketika mengonsumsi VCO secara rutin, maka tubuhnya terasa lebih energik.

Kok bisa? Ya, karena kebutuhan energi di dalam sel-sel tubuh telah tersuplai dengan cepat. Nah, cocok nih untuk yang sedang berpuasa seperti sekarang!

  1. Penyembuh penyakit yang disebabkan virus, mikroba, protozoa, jamur dan cacing

Minyak kelapa murni juga diketahui dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti mononukleosis, influenza, hepatitis C, cacar air, dan herpes.

Selain itu VCO juga dapat menangkal penyakit akibat bakteri, seperti pneumonia, TBC, asma, sakit telinga, infeksi tenggorokan, keracunan, hingga meningitis.

Penyakit karena jamur yang dapat dibasmi virgin coconut oil yaitu candida, jock itch, kadas, ruam karena keringat.

  1. Mengatasi penyakit akibat gangguan metabolisme dan degenaratif

Selain dapat memperbaiki pencernaan dan penyerapan vitamin dan juga asam amino yang larut dalam lemak, VCO dapat memperbaiki sekresi insulin dan pendayagunaan glukosa darah. Dalam kata lain, minyak ini juga dapat membantu pasien diabetes mellitus.

Manfaat lain dari minyak kelapa murni membantu melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker kolon, dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidannya juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, virgin coconut oil juga dapat berguna. Tidak heran VCO menjadi salah satu bahan wajib bagi mereka yang menjalani diet ketogenik. Konsumsi VCO dapat meningkatkan aktifitas metabolik, yang dapat membantu penurunan berat badan yang alami dan stabil.

 BACA JUGA: Diet Ketogenik, Apa yang Anda harus ketahui

Meski begitu, tidak semua orang cocok dengan VCO. Ada yang merasakan jantung berdebar-debar, atau ada yang memang rasanya tidak bisa menelan minyak. Nah jika ketika mencoba VCO lalu tubuh Anda bereaksi yang tidak menyenangkan, rasanya tidak perlu dipaksa.

Kami percaya di tengah semua pendapat dan rekomendasi tentang sebuah produk, yang harus Anda dengarkan di atas semuanya adalah tubuh Anda sendiri!

Baca Juga: Dimana Mendapatkan Virgin Coconut Oil?