Olahraga: Manfaat Tetap Berolahraga Saat Bulan Puasa

0
205
olahraga seru di bulan puasa

Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari berolahraga. Sayang, masih sedikit keluarga yang menjadikannya sebagai kebiasaan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The British Journal of Sports Medicine, tingkat aktivitas fisik mulai berkurang menginjak usia 7 tahun. Karenanya sangat penting untuk orang tua mengambil inisiatif menjadikan olahraga sebagai kegiatan fun dan menyehatkan.

Menurut Dr Michael Triangto, SpKO, bulan puasa bisa dijadikan momen buat keluarga membiasakan diri berolahraga. Jeda waktu saat berpuasa, mulai dari waktu sahur, menunggu berbuka ataupun sesuah buka puasa bisa dijadikan waktu untuk berolahraga.

Jenis olahraga yang sejatinya menjadi pilihan tentunya yang bersifat fun, seperti jalan mengitari komplek, lari-lari ringan, bersepeda, bermain sepak bola di halaman rumah, senam ringan, bahkan bermain layangan.

BACA JUGA: Ternyata Rasa Segar Ketika Kita Berjalan di Hutan, Bukan Karena Banyak Oksigen

“Besar kemungkinan setelah melakukan olahraga bersama di bulan puasa, ada kerinduan untuk mengulangnya kembali,” tambah Dr Michael. Pastinya, ini bisa menjadi salah satu langkah untuk memperkenalkan serta membiasakan olahraga di rumah.

Yang Perlu Diperhatikan saat Berolahraga di Bulan Puasa

Membiasakan diri untuk berolahraga adalah langkah tepat untuk menuju hidup sehat. Tubuh bisa jadi aktif, mengurangi risiko obesitas, memperbaiki metabolisme tubuh, dan meningkatkan mood positif.

BACA JUGA: Pastikan Protein dan Sayur Untuk Menu Sahur Berkualitas

Berikut hal-hal yang wajib Anda perhatikan hal-hal di bawah ini saat hendak memulai mengolah badan, terutama ketika dilakukan di bulan puasa:

  1. Kondisi Kesehatan

Olahraga memang baik dan sehat tapi tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan oleh semua orang di saat bulan puasa. Dr Michael memberi contoh acro yoga yang menurutnya tidak disarankan untuk mereka yang obesitas.

Memilih jenis olahraga tepat, sesuai dengan kondisi fisik akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tujuan kesehatan yang terbaik. Ketika Anda sedang merasa tidak fit, ada baiknya Anda menunda berolahraga.

  1. Kemampuan Fisik

Saat puasa, kondisi fisik Anda berbeda dengan situasi non puasa. Ini perlu menjadi pertimbangan Anda saat mengolah fisik.

Anda bisa mengurangi durasi, yang biasanya 1 jam bisa 40-30 menit saja. Bisa juga dari jenis latihannya. Misalnya Anda aktif berolahraga muaythai, biasanya 3 kali padding, bisa dikurangi menjadi 2 kali padding saja.

  1. Motivasi Berolahraga

Motivasi berolahraga bisa menjadi salah satu penyemangat Anda untuk tetap berolahraga meski di bulan puasa. Misalnya Anda punya target untuk ikut full marathon sehingga ingin meningkatkan kualitas waktu. Motivasi berolahraga juga bisa sesederhana memberikan sensasi bahagia setelah latihan yang membuat Anda tidak ingin melewatinya.

Motivasi-motivasi seperti ini sejatinya bisa menjadi penyemangat buat Anda untuk tidak mangkir berolahraga walaupun sedang menjalani puasa.

Nah, Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa?

BACA JUGA: Ini Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Saat Puasa