Karena Manfaatnya, Quinoa Cocok Ditanam Di Luar Angkasa

0
175
manfaat quinoa si superfood

Bahwasanya manfaat dari superfood Quinoa ini membuatnya menjadi salah satu superfood paling populer di dunia.

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi makanan sehat membuat makanan yang satu ini semakin banyak peminatnya. Di Indonesia, kita punya Sorghum, pangan lokal yang mirip dengan quinoa. Meski begitu, quinoa relatif lebih mudah ditemui di pasaran.

Biji quinoa berasal dari Chenopodium quinoa, yaitu tanaman yang berasal dari Pegunungan Andes, Peru. Konon, inilah makanan pokok bagi masyarakat Indian di wilayah tersebut.

Berikut Manfaat dari Superfood Quinoa

Quinoa bukan jenis tanaman padi, namun tanamannya mirip dengan bayam atau bit, sehingga quinoa disebut sebagai serealia semu. Bahkan, daunnya dapat dimakan sebagai salad.

tanaman quinoa

Karena berbagai kandungan gizi yang dinilai lengkap, mudah ditanam dan diolah, ilmuwan NASA menganggap quinoa cocok ditanam di luar angkasa.

Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pernah menyatakan bahwa quinoa memiliki potensi yang tinggi untuk berkontribusi pada keamanan pangan. (Source: https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-quinoa#section1)

Mengonsumsi quinoa secara rutin dapat memberikan manfaat, berikut 5 diantaranya:

1. Rendah Kalori dan Tinggi Serat, Cocok untuk Diet

Quinoa termasuk makanan rendah kalori dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga, banyak yang menggunakannya sebagai pengganti nasi atau sumber karbo saat menjalani diet.

“Dalam porsi yang sama dengan nasi putih, quinoa lebih rendah kalori, namun serat dan proteinnya tinggi,” jelas Aviani Harfika SGz, dari Pergizi Pangan Indonesia.

100 gram quinoa mengandung kalori sekitar 120 kkal, protein 4,4 gram, karbohidrat 21 gram, dan serat 2,8 gram.

“Quinoa dapat dijadikan alternatif pilihan karbohidrat, terutama bagi individu yang menginginkan kandungan gizi lebih rendah kalori namun tetap tinggi serat. Cocok juga dijadikan alternatif pilihan makanan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan,” jelas Aviani.

2. Protein Quinoa Lebih Banyak dari Beras

superfood quinoa

Kandungan protein pada biji quinoa adalah 16%, lebih tinggi daripada beras yang hanya sekitar 7,5%. Selain itu, Quinoa juga mengandung 9 asam amino esensial, termasuk lisin dan isoleusin. (Source: Makanan Untuk Otak, Lorraine Perretta)

Seperti yang kita tahu, protein berfungsi sebagai antibodi untuk sistem kekebalan tubuh, dapat membangun dan memperkuat atau mengganti jaringan tubuh, serta membantu pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit dan darah.

3. Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan yang terdapat di quinoa juga termasuk tinggi. Polifenol, yakni salah satu flavonoid yang dikandung quinoa bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, osteoporosis dan diabetes.

Polifenol yang dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan akibat bahaya radikal bebas.

Quinoa juga bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi orang-orang yang sensitif terhadap gluten. Dalam proses pencernaan, quinoa dapat melepaskan kandungan karbohidrat secara perlahan ke dalam tubuh sehingga cocok untuk pasien diabetes.

4. Mengandung Flavonoid yang Dapat Mencegah Kanker

biji quinoa sajian bermanfaat

Quinoa memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid merupakan antioksidan nabati yang mampu menyembuhkan, bahkan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Quercetin dan kaempferol merupakan dua jenis flavonoid yang ada di quinoa dengan kadar yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi daripada makanan dengan quercetin tinggi seperti cranberry. Kedua senyawa tersebut dipercaya bermanfaat sebagai anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-kanker.

5. Dapat Mengontrol Gula Darah Tubuh

Superfood quinoa juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah, membuat kadar gula di tubuh Anda meningkat dengan stabil. Sedangkan makanan yang tinggi indeks glikemiknya dapat menyebabkan sugar crash, yang membuat Anda merasa sangat lapar, yang kemudian dapat menyebabkan Anda kalap makan untuk mengenyangkan diri. Jika menjadi kebiasaan, hal ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan atau obesitas.

Kisaran harga quinoa di toko online beragam, untuk 500 gram quinoa Anda dapat membelinya dengan harga Rp. 65 – 70 ribuan, sedangkan untuk berat 1 kilogram Anda dapat membelinya dengan harga Rp. 160 ribu – 170 ribuan.

Anda dapat menjadikannya sebagai salah satu item di menu salad Anda, atau sebagai pengganti nasi.

BACA JUGA: Tak Hanya Enak, Jamur Banyak Manfaatnya!