5 Manfaat Soda Kue Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

0
955
5 Manfaat Soda Kue Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan
5 Manfaat Soda Kue Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Meski sering ditemui dalam resep kue, kegunaan baking soda bukan hanya terbatas pada ranah dapur saja.

Soda kue ternyata juga kerap dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan yang sifatnya natural.

5 Manfaat Soda Kue Untuk Kesehatan

Bersifat alkali alias basa, baking soda diklaim sanggup memecahkan berbagai macam masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan tingginya tingkat keasaman dalam tubuh manusia.

Apa saja khasiat tersebut? Simak ya!

1. Melancarkan sistem pencernaan

Sodium bikarbonat yang merupakan bahan aktif dalam soda kue terbukti efektif mengatasi beberapa problem pencernaan seperti penyakit asam lambung.

Dia berfungsi sebagai antacid yang sering digunakan untuk meredakan masalah asam lambung.

Jika dicampur dengan air perasan limau, baking soda dapat menjadi solusi perut kembung. Namun jika keluhan Anda tetap berlanjut selama dua minggu berturut-turut, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis. (Sumber: 1, 2)

2. Mengatasi gatal akibat gigitan serangga

Saat Anda sedang kehabisan losion antiserangga, coba baking soda sebagai alternatifnya! Caranya pun mudah, campur satu sendok teh soda kue dengan air, lalu gosokkan pada kulit yang terasa gatal-gatal atau mungkin mengalami iritasi dan kemerahan akibat tersengat serangga. (Sumber: 3)

3. Menjaga kesehatan organ ginjal

Karena kemampuannya melancarkan saluran kencing, soda kue acap kali digunakan sebagai salah satu terapi yang paling efektif untuk mencegah batu ginjal.

Dari sebuah data yang tercatat di Amerika Serikat, komponen baking soda disebut-sebut sanggup mengenyahkan racun pada organ tersebut. (Sumber: 4)

4. Mempertahankan kondisi jantung agar tetap prima

Mengonsumsi soda kue dengan sari buah lemon ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Hasil riset menemukan bahwa ramuan simpel ini bisa menstabilkan tekanan darah sekaligus menekan kolesterol jahat (LDL) sambil meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh pula.

Ini berarti bahwa Anda dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung ataupun stroke di kemudian hari. (Sumber: 5)

5. Membuat gigi lebih cemerlang

Ternyata, baking soda bersifat sangat efektif untuk mengikis berbagai macam kotoran yang membandel.

Inilah mengapa bahan ini sering digunakan sebagai pembersih tubuh, tak terkecuali gigi. Tidak hanya itu, komponen antibakteri pada soda kue diklaim sangat efektif untuk mengenyahkan kuman-kuman penyebab penyakit yang mengganggu kebersihan mulut.

Selain mencegah gigi berlubang, mulut Anda pun bisa terbebas dari bau tak sedap. Caranya, bubuhkan sedikit soda kue pada sikat sebelum menggosok gigi seperti biasa. Selesaikan dengan berkumur-kumur sampai bersih.

Jika metode ini terus diterapkan secara teratur, gigi putih berkilau serta napas yang lebih wangi bukan mustahil menjadi milik Anda.