Tidak Hanya Menyedapkan Masakan, Serai Memiliki 5 Manfaat Hebat Ini

0
1866
serai

Rasa serai yang merupakan paduan antara lemon dengan sedikit jahe, memberikan cita rasa segar pada masakan. Gepreklah batang serai dan campurkan ke dalam masakan, pasti Anda akan akan segera menghirup aroma khas yang bisa membangkitkan selera makan.

Untuk alasan-alasan inilah serai kerap menjadi bumbu penyedap yang nikmat. Menurut Andrew Weil MD, pakar kesehatan holistik dan makanan sehat dari Harvard Medical School, serai memberikan campuran rasa segar lebih disukai karena memberikan campuran rasa yang kompleks pada makanan. Ramuannya sangat aromatik yang memberikan energi dan semangat setara dengan kemampuan kafein.

Tidak hanya menjadi bumbu favorit penting dalam masakan, sejatinya serai juga memiliki manfaat hebat untuk kesehatan. Apa sajakah?

  1. Meredakan kecemasan

Menyeruput teh panas bisa memberikan sensasi relaksasi, namun teh serai dapat mengurangi kecemasan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan Kettering Cancer Center, aroma serai dapat membantu orang meredakan kecemasan. Ini dikarenakan kandungan minyak atsiri pada serai yang melebur dengan air panas efektif menenangkan simpul-simpul saraf di otak. Nah, ketika lagi was-was menunggu sebuah kabar, ingat untuk membuat teh serai ya!

  1. Turunkan Kolesterol dan Cegah Infeksi

Mengonsumsi ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol dan mencegah infeksi. Beberapa jenis infeksi yang bisa ditangani oleh serai adalah sariawan, termasuk infeksi jamur yang biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan lemah.

  1. Gigi Lebih Sehat 

Batang serai ternyata ampuh meningkatkan kesehatan gigi. Caranya, cukup dengan mengambil batang serai lalu mengunyahnya. Menurut catatan kesehatan yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical and Diagnostic Research, terdapat 12 herbal pada serai yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang di mulut: Streptococcus sanguinis.

Terkait menghilangkan rasa sakit, pastinya bukan sakit hati ya, melainkan rasa sakit yang biasa mengiringi ketika seseorang mengalami demam dan cidera. Mengonsumsi masakan yang mengandung serai dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit yang sedang diderita.

  1. Meningkatkan Kadar Sel Darah Merah

Minum infus teh serai setiap hari selama 30 hari dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, termasuk jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ini dikarenakan ekstrak serai yang merangsang pembentukan sel darah merah secara lebih maksimal.

Sebenarnya ini tidak hanya peran utuh dari serai melainkan juga sifat antioksidan pada teh. Kedua kombinasi inilah yang membantu pertumbuhan sel darah merah lebih efektif.

Yuk, mari dicoba!

BACA JUGA: Food Coma, Tepar Sehabis Makan Besar