Manfaat Sauna Untuk Kesehatan

0
99
Manfaat Sauna Untuk Kesehatan
Manfaat Sauna Untuk Kesehatan

Apa itu Sauna?

Sauna mungkin adalah cara yang paling enak dan paling malas dalam “mencari keringat”.

Bagaimana tidak, dengan duduk saja (apalagi ada teman ngobrol yang enak), setelah kira-kira 15 menit, Anda akan keluar dari sauna dengan tubuh terutama kulit yang terasa segar dan perasaan yang rileks.

Banyak orang telah menjadikan sauna sebagai ritual wajib dalam menjaga kebugarannya. Di Finlandia,  salah satu negara yang telah menggunakan sauna selama ribuan tahun lamanya, hampir sepertiga orang dewasanya menggunakan sauna secara teratur.

  • Apakah sauna benar-benar baik untuk kesehatan Anda?

Manfaat sauna untuk kesehatan

Manfaat sauna bagi kesehatan yaitu, dengan melakukan sauna walaupun hanya sebentar akan membantu anda kehilangan satu liter keringat, dan sebagai cara relaksasi mengurangi stres.

Sauna juga dapat memulihkan kondisi tubuh sehabis olahraga, karena sangat efektif  dalam memperbaiki jaringan otot yang cedera atau sakit.

Bagi para wanita sauna juga bisa membersihkan kulit, saat tubuh berkeringat sel kulit mati akan terganti dan bakteri akan keluar dari lapisan epidermis dan pori-pori, maka kulit anda akan terasa lebih lembut dan bersih.

Selain itu sauna juga bisa membakar kalori dan membuat tidur lebih nyenyak.

Apakah sauna baik untuk anda?

Beberapa penelitian di beberapa negara sudah membuktikan bahwa sauna baik untuk kesehatan, sauna juga efektif untuk membantu mengurangi nyeri kronis, misalnya pada penderita sakit kepala kronis, dan radang sendi.

Informasi dari Negara Finlandia

Banyak informasi dari negara Finlandia tentang sauna baik untuk kesehatan. Dalam sebuah studi di Finlandia selama 16 bulan sekitar 1.631 orang yang terkena serangan jantung, di Helsinki hanya 1,8% yang terkena serangan jantung dalam 3 jam setelah melakukan sauna.

Dalam penyelidikan lain dari 6.175 kematian mendadak yang terjadi dalam satu tahun, hanya 1,7% yang terjadi dalam 24 jam setelah melakukan sauna dan banyak orang yang terkait kematian mendadak dikarenakan alkohol.

Penelitian dari Negara Kanada (Canada)

Penelitian lain dilakukan dari negara Kanada yang menyelidiki sauna baik untuk kesehatan pada 16 pasien dengan penyakit jantung.

Penelitian ini membandingkan efek dari sauna selama 15 menit dan melakukan tes stres pada pasien penyakit jantung dengan melakukan treadmill standar.

Dari penelitiannya tidak ada pasien yang mengalami nyeri di dada, irama jantung abnormal atau EKG yang mengubah perubahan stres yang dimiliki pasien.

Tetapi perubahan yang disebabkan oleh sauna lebih ringan dibandingkan dengan kelainan yang disebabkan dengan berolahraga.

Manfaat kesehatan lain dari sauna

Sauna juga sangat mempengaruhi banyak bagian tubuh manusia, kebanyakan perubahannya sangat singkat dan ringan.

Misalnya, suhu skrotum yang meningkat akan mengurangi produksi sperma, tetapi jangan khawatir sauna tidak akan mempengaruhi kesuburan sperma.

Udara kering juga tidak akan membahanyakan kulit atau paru-paru. Terbukti, pada beberapa pasien yang memiliki penyakit kulit kronis psoriasis mereka sembuh dari rasa gatal.

Dan untuk orang penderita asma akan mengurangi suara yang terdengar saat gejala terjadi.

Secara keseluruhan terbukti dari penelitian dan penjelasan yang ada bahwa sauna memiliki manfaat untuk kesehatan, memberikan relaksasi dan perasaan nyaman.

Keamanan pada bak mandi air panas

Suhu pada bak mandi air panas rata-rata 100 derajat – 104 derajat F. Jika sauna aman, maka bak mandi air panas pastinya juga aman.

Sebuah penelitian 15 orang pria dengan penyakit arteri koroner stabil menunjukkan 15 menit dalam bak mandi air panas akan menghasilkan lebih sedikit tekanan peredaran darah.

Selain itu, sebuah penelitian juga melakukan pada 21 orang dengan hipertensi bahwa ketika duduk di bak mandi air panas menurunkan tekanan darah.

Untuk menikmati bak mandi air panas dengan aman, ikuti cara yang sama seperti sauna. Dan pastikan bak mandi anda bersih dari kuman untuk menghindari infeksi kulit yang disebabkan bak mandi air panas yang tidak terawat.

Keamanan saat di sauna

Beberapa cara sederhana bersauna bagi orang yang sehat atau pasien jantung.

  • Hindari alkohol sebelum atau sesudah sauna
  • Sauna ada batasnya jangan berlebihan, batas waktu sauna yaitu 15 hingga 20 menit
  • Setelah bersauna minumlah air dingin 2 hingga 4 gelas
  • Jangan bersauna pas anda sedang sakit, dan selama anda dalam ruangan sauna dan anda merasa tidak enak badan beranjaklah dari ruangan sauna.Kepala yang dingin adalah cara yang terbaik untuk menjaga sauna panas dalam tubuh anda aman dan menyenangkan