Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Sushi? Inilah 7 Manfaatnya

0
146

Hidangan khas Jepang yang dibuat dari nasi dan diisi dengan lauk berupa makanan laut, daging dan sayuran ini belakangan menjadi hidangan yang trending di tanah air.

Di balik kelezatan dan gurihnya hidangan sushi, sajian yang satu ini juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh seorang ahli gizi Urvashi Sawhney dari Delhi. Ia pun sekaligus menyarankan jenis sushi seperti apa yang baik untuk dikonsumsi.

Lantas apa saja manfaat mengonsumsi sushi?

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Pada umumnya, kebanyakan sushi adalah produk makanan dari nasi yang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Hal inilah yang menjadikan hidangan yang satu ini baik dan ideal untuk anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Hidangan sushi tentu menjadi makanan sehat yang bisa anda konsumsi bahkan ketika anda sedang menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badan.

Ini jelas jauh lebih baik dibandingkan mengonsumsi makanan yang digoreng atau cepat saji. Kandungan kalori yang rendah dan nutrisi lain yang ada pada sushi baik untuk kesehatan.

Apa saja sih manfaat lebih jauh dari sushi?

2. Membantu Membangun Otot

Umumnya sushi seringkali dihidangkan dengan aneka daging atau makanan laut yang kaya akan kandungan protein yang melimpah didalamnya.

Para body builder atau mereka yang sedang berusaha membangun massa otot ditubuhnya tentu paham bahwa protein adalah nutrisi yang baik yang dibutuhkan tubuh untuk membangun massa otot menjadi lebih besar.

Nah, oleh karenanya konsumsi sushi bisa menjadi makanan yang baik untuk anda konsumsi. Hanya saja, penting diperhatikan dengan baik untuk menghindari sushi dengan isian udang atau sesuatu yang renyah. Sebab biasanya isian ini melalui proses digoreng.

3. Membantu Meningkatkan Energi

Pada beberapa jenis sushi disajikan dengan biji-bijian, misalnya saja beras merah.

Kandungan pada beras merah yang juga disantap dengan ikan secara signifikan mampu meningkatkan energi di dalam tubuh sehingga hidangan yang satu ini cocok sekali dijadikan santapan makan siang.

Bukan hanya itu, nasi pada sushi tentunya memiliki sejumlah kandungan karbohidrat yang akan menjaga tubuh kenyang dalam waktu yang lama.

Karenanya, hidangan makanan ini direkomendasikan sebagai pengganjal rasa lapar yang baik.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Secara umum satu gulungan sushi biasanya terdapat sayuran yang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral.

Dengan demikian, sebagian kandungan tersebut akan baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi didalam tubuh kita.

Sementara itu, wasabi yang seringkali digunakan sebagai saus yang disajikan dalam sushi pun memiliki kandungan antioksidan yang baik dan potongan jahe di dalamnya amat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dalam artian lain ketika anda rajin mengkonsumsi sushi yang sehat maka hal ini akan menghindarkan anda dari kondisi mudah sakit.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kebanyakan sajian sushi biasanya mengandung cuka beras yang mana bahan ini tak berbahaya, bahkan ternyata bersahabat bagi perut.

Konsumsi cuka beras lain daripada cuka pada umumnya yang banyak kita jumpai di penjual bakso. Cuka beras tidak akan menyebabkan masalah kembung pada bagian perut. Justru sebaliknya, hal ini akan malah memperlancar sistem pencernaan.

Bagian sistem pencernaan yang terjaga dengan baik akan menghindarkan anda dari resiko sembelit, kembung, dan lain sebagainya.

Pastikan anda memilih sushi yang tidak diberikan siraman kecap atau saus manis. Sebab hal ini akan dapat menghilangkan semua manfaat yang ada pada sushi.

6. Membantu Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan omega-3 yang ada dalam ikan salmon dan ikan lainnya yang seringkali dijadikan bahan isian pada sushi adalah sumber lemak yang baik, dimana bahan ini akan bermanfaat untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

Selain itu, kandungan omega-3 telah terbukti dalam menurunkan resiko inflamasi, resiko terkena penyakit dan mengencangkan kulit.

Maka dari itu, konsumsi terhadap sushi bukan hanya nikmat untuk disantap namun manfaat yang baik bisa pula anda rasakan untuk kesehatan anda.

7. Menurunkan Resiko Sakit Jantung

Sushi yang memiliki isian salmon akan baik untuk kesehatan jantung anda. Hal ini dikarenakan kulit ikan salmon yang berwarna kemerahan memiliki kandungan yang disebut dengan astaxanthin. 

Kandungan ini semacam antioksidan yang termasuk kedalam family carotenoid. Adapun manfaat dari astaxanthin adalah menurunkan resiko penyakit jantung dengan bekerja mengurangi kolestrol jahat didalam tubuh dan juga mencegah kerusakan kulit. Sehingga kulit anda akan nampak lebih muda.