Manfaat Memaafkan Untuk Kesehatan Anda

0
425
manfaat memaafkan

Menyimpan dendam ternyata tidak hanya buruk bagi kesehatan emosional, namun bisa melukai kesehatan fisik Anda juga.

Apakah itu sebenarnya masalah sederhana dengan pasangan, anggota keluarga atau teman kantor, konflik yang belum terselesaikan dapat membebani pikiran lebih daripada yang Anda sadari. Dan para ahli di John Hopkins mengatakan bahwa lebih jauh, masalah ini akan dapat mempengaruhi kesehatan fisik Anda.

Kabar baiknya

Beragam studi mengungkapkan bahwa tindakan pengampunan dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan Anda, dari menurunkan risiko serangan jantung, mengurangi rasa sakit, tekanan darah, tingkat kecemasan, depresi dan stres.

Dari beragam studi itu jugalah ditemukan bahwa hubungan antara usia Anda dan pengampunan semakin jelas keterkaitannya. Jadi, belajarlah untuk membiarkan amarah pergi untuk kebaikan kesehatan Anda sendiri.

Dari John Hopkins

Para ahli dari John Hopkins berbagi salah satu tips bagaimana kita dapat menyembuhkan diri kita sendiri ketika kita mengalami konflik dengan orang lain. Bisa diingat jika suatu saat Anda membutuhkannya.

Healing With Ritual

Terkadang ritual dapat membantu kita untuk berdamai dengan seseorang atau suatu peristiwa yang telah menyakiti kita.

Anda dapat membuat ritual Anda sendiri untuk membantu memindahkan pikiran Anda dari kemarahan ke pengampunan. Misalnya, menulis surat untuk orang-orang yang menyakiti Anda.

Dalam surat itu Anda dapat mengekspresikan sakit dan kemarahan Anda, kemudian Anda bisa  membuangnya.

Selanjutnya, menulis surat kepada orang mengekspresikan maaf dan menjelaskan alasan di balik keputusan Anda.

Anda dapat mengirimkan surat kedua atau memasukkannya ke dalam laci, tapi bagaimanapun, itu merupakan langkah penting dalam perjalanan pengampunan.

Baca Selengkapnya: Forgiveness: Your Health Depends On It