Selain Almond, Apa Lagi Kacang-Kacangan Yang Bisa Diolah Jadi Susu?

0
175
susu almond manfaat

Susu dari kacang-kacangan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak dapat mengonsumsi susu hewani. Meski berbeda kandungan gizi, susu dari kacang-kacangan tetap dapat memenuhi nutrisi tubuh.

Salah satu susu dari kacang-kacangan yang populer adalah susu almond yang telah dipercaya mengandung berbagai manfaat baik, apa sajakah itu? Mari ulas bersama.

Ragam Manfaat Menakjubkan Susu Almond

almond milk untuh tubuh

Di dalam buku Masak Sehat itu Mudah (Inge Tumiwa-Bachrens), susu almond merupakan salah satu bahan pangan yang kaya nutrisi, antara lain mengandung lemak sehat, kalsium, magnesium, riboflavin, fosfor, tembaga dan potassium, serta vitamin E yang merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meremajakan kulit.

Secangkir susu almond mengandung protein 1,55 gram, lemak 2,88 gram, karbohidrat 1,52 gram, vitamin E 49% dari RDI (Reference Daily Intakes), tiamin 11% dari RDI, riboglavin 7% dari RDI, dan magnesium 5% dari RDI. (Source: medicalnewstoday.com)

Penelitian menunjukkan bahwa almond merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Rutin meminum susu almond juga akan membuat Anda terhindar dari risiko penyakit jantung.

“Rutin minum susu almond bisa menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh, kolesterol, dan trigliserida. Nah, ketiga biomarker ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung terkait kardiovaskular,” kata nutrisionis Aviani Harfika SGz, dari Pergizi Pangan Indonesia.

Satu cangkir susu almond juga rendah kalori, sehingga cocok untuk dijadikan minuman saat sedang menurunkan berat badan. Namun, sebaiknya minum susu almond yang plain atau tidak mengandung gula tambahan.

Susu almond tidak mengandung laktosa, sehingga cocok bagi orang-orang yang intoleran terhadap laktosa. Susu almond juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang alergi terhadap susu sapi.

Susu almond memiliki tekstur krim yang mirip dengan susu biasa, dengan rasa yang tidak bikin mual. Selain itu, susu almond kerap dikonsumsi bagi mereka yang menganut gaya hidup vegetarian.

Membuat Susu Almond Sendiri

resep susu almond

Resep pembuatan susu almond sebenarnya telah ada sejak abad ke 14, seperti yang tertulis di buku kumpulan resep berjudul Le Viandier. (Source: Susu Kacang Susu Sehat Segala Usia, Heni Pridia)

Bahan yang diperlukan:

  • ½ gelas takar almond
  • 2 gelas takar air
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 3 buah kurma alami atau 2 sdm madu
  • Garam laut sejumput

Rendam kacang almond semalaman, atau jika suka tekstur susu yang lebih lembut Anda bisa merendamnya selama dua malam. Saring dan keringkan. Lalu, campurkan semua bahan ke dalam blender dan aduk hingga lembut, setelah itu saring susu almond.

Anda dapat menambahkan air jika lebih suka hasil yang encer, dan jika menyukai yang kental dapat mengurangi takaran air.

Kacang-kacangan atau Biji-bijian Lain yang Bisa dibuat Menjadi Susu

kacang kacangan

Berikut beberapa kacang-kacangan lain yang dapat juga diolah menjadi susu dan kaya manfaat.

  • Kacang kedelai, berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, sumber energi, protein, serat, dan lemak baik. Jika Anda ingin membuatnya ingat untuk memilih kacang kedelai lokal dan non-gmo.
  • Hazelnut, dapat menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan otak, dan menurunkan risiko kanker.
  • Flaxseed, kaya kandungan serat, lemak baik, dan antioksidan, dapat menurunkan tingkat kolesterol, mencegah serangan jantung dan stroke, dan memperlambat perkembangan sel kanker.
  • Kacang mete, memiliki kandungan kalsium 50% lebih tinggi dari susu biasa, dapat melindungi mata dari kerusakan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kepadatan tulang.

BACA JUGA: Kefir Lebih Unggul Daripada Yoghurt