Manfaat Jahe Untuk Mempercepat Pemulihan Tubuh

0
6973
jahe merah

Jahe adalah salah satu bahan masak wajib yang selalu ada di dapur rumah negara-negara Asia. Bahan ini kerap ditambahkan dalam bumbu masakan untuk menciptakan rasa gurih dan hangat, sehingga bisa meningkatkan nafsu makan.

Bentuk jahe macam-macam, ada versi aslinya atau jahe segar, ada juga yang kering, dijadikan asinan, diawetkan, dikristalisasi (atau manisan) dan bubuk. Dalam bentuk segar, Jahe yang paling dicari adalah yang memiliki kulit coklat muda dengan daging kuning kehijauan. Jahe inilah yang dipakai untuk bumbu masak. Tapi kalau untuk minuman seperti jamu atau obat-obatan, jahe yang digunakan adalah jahe merah. Sesuai namanya, jahenya berwarna kemerahan dan rasanya lebih pedas.

“Sebagai bahan pengobatan, jahe merah lebih tinggi kandungan minyak atsirinya sehingga baik untuk kesehatan dan mempercepat pemulihan stamina tubuh,”  kata Felix Susanto dari Kertaloka, produsen jamu dan makanan herbal yang menggunakan jahe merah sebagai bahan dasar.

Jahe Merah juga telah terbukti memiliki daya hambat terhadap bakteri. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa perasan jahe merah (Zingiber officinale var, Rubrum) efektif terhadap daya hambat bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans yaitu semakin tinggi konsentrasinya, semakin efektif daya hambatnya.

BACA JUGA: Rahasia Kimchi Jadi Makanan Paling Sehat di Dunia

Lebih lanjut lagi, jahe merah mengandung senyawa berguna seperti shogaol, gingerol, zingerone yang merupakan zat aktif dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Nah, ini dia sebagian manfaat jahe merah:

1. Menghangatkan Tubuh

Kandungan rasa pedas dari gingerol sangat berguna untuk menghangatkan tubuh agar terasa lebih nyaman di musim hujan. Makanya, jahe merah kerap dimanfaatkan sebagai minuman penghangat dan mencegah flu.

2. Mengobati Sakit Kepala

Buat Anda yang memiliki migain atau sakit kepala biasa, kandungan kamfena yang memberikan rasa pedas dan efek hangat mampu meredakan sakit kepala.

3. Mencegah Inflamasi Usus

Komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan. Mengonsumsi ramuan jahe merah juga bisa melancarkan pencernaan, mencegah kembung dan masuk angin

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan jauh lebih kuat.

5. Mengobati Batuk

Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah bermanfaat untuk mengatasi batuk, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tidak hanya itu saja, gatal-gatal di tenggorokan juga bisa hilang setelah mengonsumsi minuman jahe merah.

6. Mengatasi Mual dan Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu efek dari jahe merah adalah membantu menghilangkan gas ekstra di saluran usus yang menjadi penyebab mual selama kehamilan atau efek kemoterapi. Di masa sebelum atau selama menstruasi, banyak juga perempuan yang mengalami gejala mual.  Minum jahe adalah salah satu solusi yang patut dicoba.

7. Menurunkan Berat Badan

Mengambil pil ekstrak jahe merah sebagai suplemen makanan bermanfaat dalam memberikan efek kenyang yang lebih lama pada perut dan juga bagus untuk membakar kalori.

8. Menjaga Kondisi Jantung

Konsumsi jahe merah secara teratur terbukti mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Tidak hanya untuk kesehatan, sejatinya jahe merah juga bisa digunakan untuk kecantikan. Anda bisa menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah. Caranya, geprek jahe sampai minyaknya keluar lalu gosokkan perlahan ke area berjerawat. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah.

Selamat mencoba ya!

BACA JUGA: Tidak Hanya Menyedapkan Masakan, Serai Memiliki 5 Manfaat Hebat Ini