Manfaat dan Cara Penggunaan Arang Aktif

0
943
binchotan

Artikel ini adalah rangkuman dari Diskusi Online Komunitas Selaras Alam yang ada dai bawah naungan Komunitas Organik Indonesia (KOI), bersama Yovita dari Darkside Charcoal.

Selamat malam bapak/ibu dan temen-temen semua. Salam kenal semuanya.  Saya Yovita dari Darkside Charcoal. Malam ini saya akan berbicara mengenai Arang Aktif atau disebut juga Karbon Aktif (bahasa inggris: Activated Charcoal), yang belakangan ini sedang tren dan banyak dicari oleh konsumen untuk kegunaan sehari-hari, seperti untuk kesehatan (detoks dengan minum arang), perawatan tubuh (pasta gigi, masker dan sabun).

Arang aktif menjadi bahan pewarna alami sejumlah menu di cafe dan restoran, seperti black yogurt, black pizza, martabak, roti, mie, pasta, jus, kopi, dsb.

Darkside Charcoal adalah brand lokal yang berlokasi di Jakarta sejak 2016. Produk utama kami adalah Karbon Aktif/Arang Aktif (Activated Charcoal Powder) dan arang Binchotan. Kami juga memproduksi produk turunan seperti sabun berbahan dasar Arang Aktif.

Apakah itu Arang Aktif ?

Arang aktif atau yang disebut juga Karbon Aktif (Activated Charcoal) adalah zat arang yang telah melalui proses aktivasi untuk meningkatkan daya serapnya. Activated Charcoal memiliki pori-pori sangat kecil (mikropori) yang lebih banyak ketimbang arang biasa yang digunakan sebagai bahan bakar.

Keberadaan pori-pori inilah yang membedakan dan menjadikan arang tersebut lebih aktif dan memungkinkannya untuk mengikat zat, seperti racun, asam lambung, dan gas penyebab perut kembung.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DarkSide Charcoal | Food Grade (@darksidecharcoal) on

Karbon aktif atau arang aktif adalah arang yang telah diaktivasi sehingga pori-porinya terbuka dan luas permukaannya bertambah luas sekitar 300 sampai 2000 m2/g. Permukaan yang bertambah luas ini menyebabkan karbon aktif mempunyai daya serap/adsorpsi yang makin tinggi terhadap gas atau cairan. (Kirk dan Othmer, 2006).

Berbeda Dengan Arang Umum

Arang umumnya mempunyai daya penyerapan yang rendah. Daya penyerapan (adsorpsi) dapat diperbesar dengan cara mengaktifkan (aktivasi) arang menggunakan uap (sistem steam) atau penambahan bahan kimia.

Pembuatan arang aktif dibagi menjadi dua sistem yaitu:

  1. Aktifasi kimia dengan pemakaian bahan-bahan kimia.
  2. Aktifasi fisika dengan bantuan panas, uap dan CO2 dengan suhu tinggi.

Proses aktifasi merupakan hal yang penting diperhatikan disamping bahan baku yang digunakan. Bahan baku yang dapat digunakan untuk pengolahan arang aktif :

  1. Bahan baku biomass (senyawa organik), yang dapat digunakan adalah tempurung kelapa, kayu, bambu dll.
  2. Bahan non biomasa atau fosil, yang digunakan adalah batu bara.

Bahan baku biomas (senyawa organik/bahan nabati) menjadi alternatif yang sangat baik untuk mengurangi konsumsi minyak bumi dan bahan bakar fosil lainnya. Dan proses pengolahan biomas lebih mudah dan kualitas hasil lebih baik untuk berbagai tujuan penggunaan.

Saat ini bahan baku yang banyak digunakan untuk pembuatan arang aktif di Indonesia adalah tempurung kelapa dan kayu. Pengolahan bahan baku bisa dilakukan secara tradisional oleh masyarakat petani sekitar kemudian proses aktifasi dilakukan secara khusus di pabrik.

Pengolahan bahan baku arang secara tradisional oleh masyarakat bisa menggunakan drum besi. Dengan ketentuan tanpa menggunakan air untuk mematikan bara yang sedang menyala, karena dapat menurunkan kualitas arang. Setelah pengolahan bahan baku menjadi arang biasa (arang umum), arang akan diaktifasikan di pabrik dengan menggunakan rotary kiln dengan sistem steam. Aktifasi ini menggunakan uap air pada suhu tinggi 900-1200 °C.

Arang aktif banyak digunakan oleh kalangan industri, Hampir 60 % produksi arang aktif di dunia ini dimanfaatkan oleh industri gula, pembersihan minyak, pertambangan, kimia dan farmasi.

Arang Aktif aman dikonsumsi

Masih ingat obat diare dengan merk Norit? Setiap saat kita mengalami diare karena keracunan makanan atau salah makan, dokter akan resepkan obat antidiare. Nah, obat antidiare  yang mengandung Arang Aktif akan bekerja seperti magnet, menyerap racun dan membantu kita membuang racun tersebut saat kita diare ketika keracunan makanan. Jika tubuh sudah bebas dari zat beracun, maka diare nya akan reda.

Pemanfaatan Arang Aktif sebagai adsorben banyak digunakan untuk menyerap cairan beracun, gas beracun, bau, penjernih air, dan sebagainya. Dalam mesin filter air, Arang Aktif berfungsi untuk menyaring zat warna, rasa, dan bau tidak enak pada air.

Bahan baku yang dapat digunakan sebagai pembuatan Arang Aktif antara lain kayu, tempurung kelapa, bambu dan lain-lain. Kelapa diketahui banyak manfaatnya. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia. Agar tempurung atau batok kelapa tidak menjadi sampah, tempurung kelapa dapat dimanfaatkan menjadi arang.

Arang Aktif kami yang dinamai Edible Powder, tidak ada rasa dan tidak berbau.

Manfaat Arang Aktif 

Karbon Aktif (Arang aktif) bersifat sebagai detoksifikasi alami yang efektif mengikat berbagai zat kimia beracun. Dan membantu mengatasi asam lambung dan kelebihan gas di organ pencernaan. Efektif mengatasi diare dengan cara serap racunnya, dan dikeluarkan melalui BAB.

Khasiatnya antara lain; 

  1. Detoksifikasi, mengeluarkan racun dari tubuh
  2. Penanganan pertama untuk keracunan makanan
  3. Mengatasi Diare
  4. Memperlancar BAB
  5. Mengurangi rasa kembung dan nyeri lambung
  6. Membantu menahan napsu makan
  7. Mencerahkan kulit wajah kusam, berjerawat dan berminyak
  8. Mengatasi bau mulut dan bau badan
  9. Mencerahkan warna gigi dan membersihkan karang gigi

Cara Penyajian 

Untuk pemakaian umum:

Campurkan 1/2-1 Sendok Makan EDIBLE POWDER dengan satu gelas (250ml) air putih, aduk rata dan segera habiskan.

Sebagai pewarna alami, EDIBLE POWDER dapat dicampurkan ke dalam segelas jus, smoothies, kopi, adonan kue, pasta, pizza, dan bahan lainnya.

Anjuran Pakai Umum

1-2 kali sehari.  2 Jam sebelum/setelah makan.

Anjuran Pakai Saat Diare 

Anak-anak: 1/2-1 Sendok Teh

Dewasa: 1/2-1 Sendok Makan

3-5 kali dalam sehari atau tiap 3 jam.

-Harus disertai dengan minum air yang lebih banyak.

-Selama Diare dianjurkan untuk meminum larutan EDIBLE POWDER bersamaan dengan larutan gula-garam (Oralit) untuk mengganti kehilangan air dan garam.

-Harus digunakan higga feses kembali normal.

Jika diare berlanjut lebih dari 3 hari, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, misalnya dengan pemberian antibiotik apabila diare akut yang Anda alami disebabkan oleh bakteri, dan lainnya.

PERINGATAN DAN PERHATIAN

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini.

-Selama mengkonsumsi EDIBLE POWDER, hindari konsumsi makanan & obat-obatan lain dlm jangka waktu 2 jam.

-Harus disertai minum air putih yang lebih banyak

-Jika memiliki masalah kesehatan, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter/ahli medis.

-Karbon aktif tidak efektif dalam mengatasi keracunan yang disebabkan oleh sianida, lithium, dan zat besi.

-Hindari penggunaan karbon aktif pada penderita gangguan usus dan anak usia di bawah 1 tahun.

DARKSIDE BINCHOTAN

adalah pemurni air minum yang dapat bekerja sendiri secara sederhana tanpa memerlukan tenaga listrik. Hemat biaya dan dapat digunakan di mana saja. Filter Air Alami ini dapat menjadi alternatif Air Alkali kemasan botol plastik sekali pakai. Hingga memberikan solusi ramah lingkungan bagi konsumen yang ingin air minum yang sehat tanpa limbah plastik.

DARKSIDE BINCHOTAN dapat menghasilkan air alkali (alkaline water) dengan kadar pH 8+ (bersifat basa). Air Alkali yang bersifat basa akan menetralisir keasaman tubuh yang diakibatkan oleh banyaknya konsumsi daging, seafood, minuman ringan, alkohol dan lainnya. Dengan mengkonsumsi Air Alkali maka sistem tubuh kembali bekerja dengan baik. Karena dibuat dari batang kayu alami, masing-masing bagian memiliki ukuran, bentuk dan berat yang berbeda.

Cara Penyimpanan

Disimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruang/sejuk untuk menjaga keaktifannya.

Umur Simpan 

Tidak ada kedaluwarsa selama disimpan dengan keadaan kering di dalam wadah tertutup

CREATE YOUR OWN FRESH ALKALINE WATER.

  1. Sebelum digunakan, bilas DARKSIDE BINCHOTAN dengan air minum.
  2. Rendam DARKSIDE BINCHOTAN ke dalam tempat air minum. 1 batang Binchotan untuk kapasitas 1 hingga 2 liter air minum.
  3. Rendam DARKSIDE BINCHOTAN dalam air minimal 8 jam untuk meningkatkan kadar pH air hingga 8+. Untuk hasil terbaik, rendam Binchotan sepanjang malam.
  4. Nikmati Air Alkaline segar Anda sepanjang hari!

Jangan lupa selalu isi ulang dengan air minum yang ingin diubah kadar pH nya.

Recycle

Setelah habis masa Aktif nya, Binchotan dapat didaur ulang dengan cara dihancurkan dengan palu, lalu ditebarkan dalam pot bunga anggrek atau dicampurkan dengan tanah untuk kesuburan tanah. Tanaman pun akan mendapatkan manfaat dari Binchotan

Arang Aktif (Activated Charcoal) dikenal exfoliator yang efektif dengan kemampuannya mengangkat sel kulit mati serta mampu menyerap kotoran dan minyak pada kulit wajah. Hal ini membuat arang aktif sebagai tambahan yang sangat baik untuk sabun, masker, pasta gigi dan banyak lagi.

Sabun dengan kandungan Activated Charcoal Powder lebih ampuh membersihkan kotoran hingga pori-pori. Formula dengan tambahan butiran Binchotan Powder dapat menggantikan microbeads sebagai scrub yang aman untuk kehidupan laut dan kesehatan kita. Tidak hanya wajah menjadi bersih dan sehat, sabun ini pun dapat digunakan untuk membersihkan kotoran di daerah leher dan mencegah bau badan.