Manfaat Binchotan: Dari Kesehatan Tubuh Hingga Perawatan Rumah

0
233

Apa itu Binchotan?

Binchotan, atau yang sering disebut arang putih, adalah Arang Aktif yang terbuat dari Kayu Pohon Oak.

Binchotan diciptakan melalui proses pembakaran pada suhu yang sangat tinggi dan mempunyai efek alkali, sehingga dimanfaatkan untuk mengubah air minum menjadi alkali.

Nah, bukan hanya berguna untuk kesehatan tubuh, Binchotan juga bermanfaat untuk tanaman, penyerap bau di rumah, masak, berkebun dan lain-lain.

Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp 30 ribu-an.

Manfaat Binchotan

Inilah manfaat yang didapat dari Binchotan diantaranya:

1.) Membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh

Anda bisa membersihkan saluran pencernaan dengan arang Binchotan. Dengan  mengkonsumsi pil arang ini dapat secara efektif membersihkan saluran pencernaan agar terbebas dari bakteri atau racun.

2.) Menjaga kesehatan mulut

Binchotan juga menjaga kesehatan mulut. Rongga mulut kita sebenarnya kotor karena dipenuhi dengan bakteri dan ion negatif.

Yang pada akhirnya membuat mulut kita bau dan tidak sedap. Arang tersebut bagus untuk membersihkan kuman, bakteri dan menjaga kesimbangan pH dalam mulut.

Dengan basahi sikat gigi dan oleskan pada bubuk arang aktif, sikat gigi Anda pada bagian yang menguning ataupun kotoran gigi yang membandel.

3.) Mengobati Diare

Setiap orang pasti pernah mengalami gangguan diare. Pasti tidak nyaman sama sekali karena kita harus bolak balik ke kamar mandi.

Bila sedang diare, Anda bisa meminum bubuk arang Binchotan, beberapa menit kemudian diare reda dan tubuh tidak lemas.

4. Baik untuk berkebun

Manfaat lain Binchotan yaitu untuk pertanian, arang dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir kadar air dalam tanah.

Binchotan menjadi tempat berkembangnya mikro-organisme karena memiliki jutaan rongga yang mewadahi untuk berkembang biak, mampu menyerap gas atau zat beracun, dan mampu mencegah hama dan penyakit penyerang tanaman.

5. Mengobati luka pada kulit

Luka pada permukaan tubuh kita bila dibiarkan teralu lama akan menyebabkan infeksi.

Cara menyembuhkannya coba dengan menggunakan arang Binchotan, caranya cukup mudah yaitu Anda bisa menempelkan arang pada kulit yang luka.

Secara efektif arang bisa meyerap bakteri pada luka yang terinfeksi.

Cara mengkonsumsi arang Binchotan untuk semua pengobatan gangguan penyakit sama, biasanya arang diambil sebanyak tiga sendok kemudian taruh di gelas kecil dan tambahkan air secukupnya kemudian aduk hingga rata.

6. Makanan

Dalam makanan Binchotan digunakan sebagai pewarna makanan dan sangat aman apabila pemakaiannya dalam jumlah kecil atau sesuai anjuran.

Karena dalam dunia medis, zat arang aktif digunakan untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan, baik dari keracunan makanan atau overdosis obat-obatan.

Selain itu, bisa digunakan merebus makanan, menggoreng, ataupun memasak nasi. Caranya, Binchotan dimasukan bersamaan dengan air atau minyak saat masih dingin.

7. Penyerap Bau Tidak Sedap

Binchotan bisa membantu dalam menyerap bau tidak sedap dalam rumah dengan cara menaruh Binchotan di atas wadah dan letakan di tempat ruangan yang berbau.

8.) Perawatan Wajah 

Jika Anda perhatikan, sekarang bermacam produk berlomba memasukkan arang ke dalam kandungan produknya.

Dari pasta gigi, shampoo, sabun, hingga perawatan wajah seperti sabun atau masker wajah.

Binchotan cocok untuk wajah yang bermasalah dengan minyak.

Karena selain membersihkan ia bisa menyerap minyak berlebih meski tidak sekeras kerja  pembersih muka kimia. Selain itu Binchotan juga membantu mengobati jerawat.

9.) Menjernihkan Udara

Ada bau tak sedap di rumah? Gantung saja binchotan di udara terbuka untuk menetralisir dan menjernihkan udara.

Baca Selanjutnya: