Mandi Air Dingin: Menyegarkan dan Menyehatkan!

0
350
mandi-sehat-air-dingin

Seringkali mandi dengan air dingin tidak menjadi pilihan untuk mengawali atau mengakhiri hari. Padahal mandi dengan air dingin memberi banyak kebaikan untuk kesehatan kita, mulai dari kekebalan tubuh, kesuburan, hingga untuk otot. Ini beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan sistem imun

Sebuah studi mengatakan bahwa mereka yang secara teratur mandi dengan air dingin memiliki lebih banyak sel darah putih daripada mereka yang terbiasa mandi dengan air panas. Sel darah putih berperan dalam melawan penyakit, dan para peneliti percaya kalau mandi dengan air dingin akan mengaktifkan sistem imun dengan meningkatkan metabolism tubuh, sehingga menghasilkan lebih banyak sel darah putih.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Mandi dengan air dingin akan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda. Sirkulasi darah yang lancar baik untuk memulai hari.

  1. Meningkatkan kesuburan

Berlaku untuk pria ataupun wanita. Salah satu penelitian bahkan menyarankan untuk menghindari kebiasaan mandi dengan air hangat untuk meningkatkan jumlah sperma hingga 500% dalam enam bulan. Hal ini karena testis sangat membutuhkan lingkungan yang dingin, dan salah satu caranya bisa diperoleh dengan mandi air dingin

4. Membantu Menurunkan berat badan

Hal ini karena air dingin akan memaksa tubuh untuk mengaktifkan brown fat yang dapat digunakan untuk menjaga berat tubuh Anda dan membuatnya tetap hangat di dalam. Saat tubuh merasa dingin, brown fat akan membakar lemak lebih cepat, dan sebaliknya.

5.Untuk rambut dan kulit yang lebih sehat

Mandi dengan air dingin sangat baik untuk membuat kulit Anda lebih bersih, dan menumbuhkan rambut lebih cepat. Maka itu, jika Anda melakukan perawatan rambut di salon, jangan lupa minta agar rambut Anda dibasuh dengan air dingin, bukan air hangat.

6. Membuat Anda lebih awas

Seringkali bangun pagi dan memulai hari adalah hal paling sulit untuk dilakukan, terlebih jika Anda bukanlah morning person. Tetapi, mandi dengan air dingin akan membantu  untuk lebih segar dan siap memulai hari. Ini karena air dingin akan memacu jantung Anda dan memaksa tubuh untuk mengambil lebih banyak oksigen yang membangunkan otak, serta membuatnya bekerja.

7. Membuat lebih rileks

Meskipun hanya dalam waktu yang singkat, mandi dengan air dingin akan membuat Anda lebih rileks. Air dingin membantu meningkatkan glutatonin di dalam darah dan mengurangi asam urin dimana kombinasi ini akan membuat Anda lebih rileks.

8. Membuat Anda tidak emosional

Kebiasaan mandi dengan air dingin merupakan salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan fokus, meditasi, dan zen calmness. Hal ini karena air dingin mengaktifkan oksigen yang ada di dalam tubuh dan membuat tubuh lebih rileks. So, Anda cenderung akan lebih tenang di berbagai lingkungan.

9. Meningkatkan Will Power

Mandi air dingin juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan disiplin dan willpower Anda. Sama seperti semua otot di tubuh kita, semakin sering dilatih, maka akan semakin kuat.

10. Membantu Anda belajar untuk bernapas lebih baik

Satu hal yang seringkali kita lupakan adalah tentang kualitas dari pernapasan kita. Mandi air dingin akan memaksa tubuh untuk menarik napas lebih dalam dan energi yang digunakan untuk melakukannya (bernapas dalam dan menghembuskannya) sangat cukup untuk membantu Anda melewati suatu hari dengan baik, bahkan tanpa secangkir kopi.

11. Menjadi alarm Anda

Tidak ada yang lebih efektif daripada mandi air dingin untuk mendorong diri Anda bangun dari tempat tidur. Air dingin akan secara tiba-tiba menghilangkan kantuk dan membuat tubuh siap beraktivitas.

12. Membuat Anda lebih mudah tertidur

Tidak hanya membuat Anda lebih segar di pagi hari, mandi air dingin juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Mandi air dingin juga dikenal sebagai cold theraphy yang efektif untuk membuat Anda lebih mudah tertidur dengan nyenyak.

13. Menghilangkan depresi

Para peneliti telah membuktikan bahwa mandi air dingin bisa menstimulasi “blue spot” atau area di otak kita yang memproduksi nonadrenalin yang menjadi kunci untuk menghindari depresi. Selain itu, mandi air dingin juga mengaktifkan electroshock secara tiba-tiba yang akan mengirimkan rangsang ke otak untuk melawan depresi.

14. Mempercepat penyembuhan otot

Apakah Anda sering berolahraga di gym? Jika ya, maka penyembuhan otot menjadi hal yang sangat penting, semakin cepat otot Anda sembuh, maka akan semakin cepat untuk meningkatkan masa otot Anda.