Makananmu Menentukan Moodmu. Pilih Makanan Sehat!

0
295
Makananmu Menentukan Moodmu. Pilih Makanan Sehat!
Makananmu Menentukan Moodmu. Pilih Makanan Sehat!

Tujuan Banyak Orang Rajin Menyantap Makanan Sehat

Banyak orang rajin menyantap makanan sehat tertentu dengan tujuan agar kulitnya bagus, jantungnya kuat, matanya terang dan lain sebagainya.

Tentu saja itu hal yang baik, namun yang kurang disadari banyak orang adalah kalau makanan yang kita makan bukan hanya baik untuk merawat fisik namun juga sangat berpengaruh untuk kesehatan mental.

Menurut Drew Ramsey,

salah satu anggota dari Well+Good Council, apa yang tersaji di atas piring akan sangat mempengauhi kondisi mental dan emosional Anda.

Penasaran dengan fakta ini?

Mari pelajari lebih lanjut.

Pada awal tahun ini, sebuah studi menemukan bahwa pola makan yang sehat dapat menjadi sebuat perawatan yang tepat untuk mengatasi depresi.

Studi ini didukung dengan riset yang menunjukkan bahwa karotenoid dalam sayuran dapat menjaga bakteri baik di dalam usus kita yang mampu membuat hidup kita lebih bahagia.

Dr. Ramsey, melalui pelatihan bertajuk Eat to Beat Depression membuktikan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara pilihan makanan kita dan mood yang terbentuk karenanya.

Dr. Ramsey juga mengajarkan diet-hacking, salah satunya adalah dengan menambahkan warna-warni di atas piring makan.

Maksudnya, Anda menyantap makanan yang memiliki aneka warna, misalnya Anda makan sayur yang di dalamnya terdiri dari bayam, jagung, tomat, wortel.

Ia mengatakan, jika hal ini dilakukan selama satu minggu maka seseorang yang mengalami depresi bisa terbantu untuk merasa lebih baik.

Selain itu, membuat perubahan sederhana pada kebiasaan konsumsi makanan dan minuman kita, seperti mengganti kentang goreng dari restoran cepat saji kesukaan Anda dengan ubi panggang, atau mengganti soda dengan kombucha bisa membantu mengurangi ganguan mental.

Kesimpulan

Hal ini perlu kita ingat karena saat di bawah tekanan, orang akan cenderung untuk makan asal-asalan atau bahkan melewatkan makan, ada juga yang mulai mengonsumsi alkohol untuk “melarikan diri”. Tidak heran jika mereka malah merasa semakin buruk.

Kesimpulannya, Dr Ramsey mengatakan bahwa makanan adalah alat yang sangat ampuh dan makan makanan yang baik adalah cara paling mudah untuk membuat kita merasa lebih baik.

Nah, jadi kalau lain kali Anda sedang depresi, entah karena putus cinta, dimarahi bos, atau banyak persoalan, ingat untuk tetap makan sehat ya… jangan malah masak mi instan.