Makanan Pedas Bisa Bantu Atasi Ngidam Gula dan Garam

0
340
Makanan Pedas Bisa Bantu Atasi Ngidam Gula dan Garam
Foto: Calum Lewis
  • Apakah Anda sedang berjuang untuk mengurangi asupan gula atau garam?

Ini ada trik untuk mengakalinya. Pada dasarnya, tidak ada pil ajaib yang dapat melawan keinginan Anda untuk mengkonsumsi gula dan garam.

Akan tetapi, bukan berarti ngidam makanan manis dan asin ini tidak dapat diatasi. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa dengan menambahkan rasa pedas pada menu makanan kita sehari-hari, kita dapat membantu mengurangi konsumsi gula dan garam.

Studi Kasus “Menambahkan Rasa Pedas Pada Makanan

Sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 600 orang dari China, melakukan analisis terhadap otak mereka dengan menggunakan PET/CT scan.

Para peneliti menemukan bahwa area yang terstimulasi oleh asupan makanan asin dan pedas saling tumpang tindih.

Mengonsumsi makanan pedas secara tepat ternyata dapat meningkatkan kepekaan seseorang terhadap garam sehingga membuat seseorang lebih sedikit mengkonsumsinya.

Dr. Zhiming Zhu, seorang profesor dan direktur departemen hipertensi dan endokrinologi Universitas Third Military Medical di Chongqing, China berpendapat bahwa makanan dengan rasa pedas dapat memperdaya otak kita saat mengkonsumsi makanan asin.

Makanan pedas ini membuat kita merasakan rasa asin yang sama meskipun jumlah garam yang ditambahkan ke dalamnya sudah dikurangi.

Fakta lain juga mengungkapkan bahwa seseorang yang sering makan makanan pedas mengkonsumsi garam 2.5 gram lebih sedikit dalam sehari dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai makanan pedas.

Mengkonsumsi lebih sedikit garam akan membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kita.

Selain itu, rasa pedas juga dapat membatasi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis.

Faktanya, dalam salah satu studi yang melibatkan 40 murid dari Denmark sebagai partisipannya, ditemukan bahwa ketika lada ditambahkan ke makanan manis, asam, dan pahit, partisipan merasa keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis lebih rendah daripada jika tidak makan pedas.

Baca juga: Penyuka Sambal? Beruntunglah Anda! Inilah Manfaat Sambal Untuk Kesehatan