Ingat Untuk Konsumsi Makanan Fermentasi

0
107
Fermentation food

Fermentasi adalah proses yang melibatkan pemecahan gula oleh bakteri dan ragi. Tidak hanya membantu meningkatkan pelestarian makanan, tetapi proses fermentasi juga dapat meningkatkan populasi bakteri baik atau probiotik di usus kita.

Probiotik dipercaya baik untuk kesehatan, terutama  peningkatan pencernaan, kekebalan yang lebih baik dan bahkan peningkatan berat badan.

Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk rajin menyantap makanan fermentasi karena inilah cara paling nyaman untuk mendapatkan dosis harian bakteri probiotik yang menguntungkan.

Keadaan Bakteri yang seimbang secara umum dapat meningkatkan pencernaan dan fungsi kognitif, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengobati penyakit usus yang mudah sakit, menyediakan mineral yang membangun kepadatan tulang, membantu melawan alergi, dan membunuh ragi dan mikroba berbahaya.

Nah darimana kita bisa mendapat probiotik? Berikut beberapa makanan yang bisa Anda coba:

Kefir

Kefir

Kefir adalah produk susu yang mempunyai kombinasi asam laktat dan fermentasi alkohol laktosa dalam susu. Kefir bisa terbuat dari susu sapi, kambing atau domba, rasanya seperti yogurt. Untuk yang tidak suka susu atau intoleran terhadap susu bisa mencoba kefir yang bahan dasarnya air. Rasanya agak asam, biasanya diberikan tambahan rasa lain seperti sereh, jahe, dan lain-lain.

LEBIH LENGKAP TENTANG KEFIR: Mengenal Kefir Bersama Vania Wibisono

Manfaat kefir antara lain menyediakan vitamin B12, kalsium, magnesium, vitamin K2, biotin, folat, enzim, dan probiotik tingkat tinggi. Kefir diproduksi oleh aktivitas mikroba dari biji-bijian kefir, yang memiliki keseimbangan relatif stabil dan spesifik bakteri dan ragi asam laktat.

Manfaat kefir menjadikannya “makanan fungsional,” yang bisa membantu mengobati atau mencegah penyakit. Ini dikaitkan dengan pengurangan intoleransi laktosa, aktivitas sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, penurunan kolesterol dan tindakan anti-kanker.

Kimchi

Kimchi

Kimchi adalah hidangan fermentasi tradisional Korea yang terbuat dari sayuran, termasuk kol, ditambah rempah-rempah seperti jahe, bawang putih dan lada, dan bumbu lainnya. Kimchi adalah makanan fermentasi pedas dan populer yang dinikmati di Korea, sehingga ia bisa ditemukan di berbagai makanan Korea, dari nasi, ramen, bibimbap, sampai pizza dan burger.

Kimchi sarat akan vitamin A, B, dan C, namun manfaat yang paling dicari orang ketika makan Kimchi adalah lactobacilli, bakteri yang ditemukan juga di yoghurt.

Karena rendah karbohidrat, lemak, dan memiliki kandungan vitamin, mineral, serat makanan dan fitokimia yang tinggi, kimchi dipandang sebagai makanan fermentasi yang sempurna. Makanan ini juga didapuk sebagai salah satu makanan tersehat di dunia.