Magnesium, Mineral Wajib Agar Tubuh Berenergi

0
357
Magnesium, Mineral Wajib Agar Tubuh Berenergi
Magnesium, Mineral Wajib Agar Tubuh Berenergi

Anda mungkin tahu pentingnya untuk memasukkan vitamin C atau D, protein, dan omega-3 yang cukup dalam diet Anda sehari-hari.

Tapi mungkin Anda belum tahu betapa pentingnya magnesium untuk kesehatan dan polah hidup sehat Anda.

Elemen Penting Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Magnesium menopang lebih dari 300 rekasi biokimia dalam tubuh kita dan merupakan satu dari tujuh mineral dasar yang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

Setelah oksigen, air dan makanan pokok, magnesium mungkin bisa disebut sebagai elemen penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain baik untuk kesehatan tulang, kekuatan otot, magnesium ternyata bisa membantu meredakan stres dan ketegangan.

“Biasanya orang yang stres itu kurang asupan magnesiumnya,”ujar Susan Hartono, nutrisionis dari Self Awareness Network.

“Untuk membantu bisa dari makanan, bisa ngemil kacang almond, atau lebih banyak makan pisang, dan makanan lain yang mengandung tinggi magnesium,” jelasnya.

magnesium oil mineral untuk tubuh
Magnesium Oil kini banyak ditemukan di pasaran

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Magnesium Oil yang sekarang cukup mudah untuk ditemukan di pasaran.

“Semprot ke telapak kaki waktu mau tidur malam, lalu pakai kaos kaki, sampai besok bangun pagi.

Sebenarnya tidak harus, ini cara saya saja karena oil ini berminyak dan agak tidak nyaman kalau tidak pakai kaos kaki,”jelas Susan.

“Untuk yang sering merasa ototnya tegang atau keram, magnesium oil juga bagus. Bisa disemprotkan sebelum olahraga,” jelasnya.

Magnesium Berperan Penting Bagi Tubuh

Magnesium sangat penting untuk hati, otot, dan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, kelelahan, dan hilangnya nafsu makan.

Orang dengan diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, atau masalah pencernaan seperti Crohn dan penyakit celiac berisiko  lebih besar mengalami kekurangan magnesium.

Baca Juga : Segar Berenergi Berbuka Dengan Air Rendaman Kurma

Kasus kekurangan magnesium sebenarnya jarang, maka itu orang hanya perlu mendapatkan dorongan untuk menambah lagi asupan mineral untuk diet mereka.

Pria dewasa, misalnya, membutuhkan 400 mg magnesium setiap hari, sedangkan wanita membutuhkan 310 mg. Dan setelah usia 30, angka-angka ini meningkat menjadi berbatasan 420 mg dan 320 mg.

Seperti kebanyakan nutrisi, lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik. Terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Lewat makanan mungkin menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi ini.

Apa saja makanan yang tinggi magnesium? Tonton Video ini yuk!