Loka Padang, Inspirasi Masakan Padang Vegan

0
2318

Kepedulian akan hidup sehat membuat banyak rumah makan sehat bertumbuhan di Jakarta, salah satunya Loka Padang yang hadir sejak 2018. Bukan hanya menawarkan masakan Padang, sebagai sebagai salah satu makanan favorit sejuta umat Indonesia, tempat makan ini lebih spesifik menyediakan menu vegan.

“Banyak café di Jakarta menyajikan makanan sehat dengan menu masakan western dan salad. Di Loka Padang, kami tidak mengubah esensi makanan pokok dari masyarakat Indonesia, yaitu nasi. Kami menyajikan masakan sama seperti yang dapat kita temukan di restoran Padang,” jelas Brian, Project Manager  dari Loka Padang.

BACA JUGA: Cara Makan yang Benar di Resto “All You Can Eat”

Makanya, jangan heran kalau Anda akan menemukan menu Nasi Rames, Sate Padang, Soto Padang, dengan rasa yang sama persis dengan versi yang non-vegan. Bedanya hanya dari bahan kaldunya saja.

“Loka Padang mengusung masakan khas Indonesia yang memang dikenal dengan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia,” tambah Brian lagi.

Sehat yang Kekinian

Aroma khas masakan Padang langsung menguar saat Anda menginjakkan kaki ke restoran sehat yang berlokasi di Sudirman Park Blok C.27, Jakarta Pusat ini. Tidak ubahnya restoran Padang lainnya, sajian makanan tertata dengan piring-piring putih di etalasenya. Hanya saja segala sesuatu di Loka Padang lebih modern dan kekinian.

Nasi bakarSeperti halnya bisnis pada umumnya, Loka Padang tidak hanya berdiri sebagai bentuk jawaban atas tren saja melainkan passion untuk selaras dengan alam  sesuai dengan nama yang diusungnya “Loka”.

“Loka Padang diambil dari bahasa Sansekerta ‘Loka Samasta Sukhino Bhavantu’ yang berarti ‘Semua makhluk hidup di bumi hidup bebas dan bahagia’ dan memang sesuai dengan tujuan dari usaha ini,” jelas Brian.

Pun, salah satu founder Loka Padang, Irene Umar, yang memang 100% vegan kerap mengalami kesulitan mencari makanan vegan yang enak di Jakarta. Kebanyakan masakan vegan di Jakarta adalah berupa salad, daging buatan, dan lainnya. “Indonesianya kurang banget,” tambah Brian lagi.

Bisa dibilang cukup sulit untuk menemukan makanan vegan yang berbahan 100% dari sayuran (plant-based) yang enak dan “bikin nagih” di Jakarta. Oleh karena itu, tercetuslah ide untuk membangun Loka Padang.

Dendeng Balado

Konsep Loka Padang sendiri adalah masakan vegan khas Indonesia. Dan ternyata ada banyak juga masyarakat Padang yang tidak makan daging, dan banyak sekali juga hidangan Padang yang memang tidak memakai bahan daging/hewani.

Loka Padang sendiri ingin memberikan persepsi berbeda ke khalayak ramai, bahwa makanan vegan tidak harus selalu kebarat-baratan dan masakan vegan tetap bisa lezat dan menyehatkan. “Siapa yang tidak suka masakan Padang? Jarang banget kan?” ujar Brian lagi.

Menu di Loka Padang ada sekitar 30 macam, dan andalannya adalah Rendang dan Dendeng Balado. Semua bumbu untuk menu di Loka Padang dibuat sendiri. Untuk harganya berkisar dari Rp 7 ribu sampai dengan Rp 50 ribuan. “Jadi, kalau ke Loka hanya membawa Rp 40 ribu sudah kenyang dan puas kok,” jelas Brian.

Martabak tahu

Besar harapan dengan berdirinya Loka Padang dapat memberikan dampak positif kepada bumi dan ekosistem yang ada di muka bumi. Karenanya, sebisa mungkin Loka Padang tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan, seperti plastik dan bahan lainnya. Semua produk terbuat dari bahan alami dan mudah diurai.

Loka Padang juga menerapkan konsep fair trade dan mendukung para petani lokal, dengan cara sebisa mungkin semua bahan yang digunakan berasal langsung dari petani. “Tapi di Indonesia, yang menjadi kesulitan utama adalah logistik dari para petani kepada kami, dan kami masih terus berusaha untuk itu,” tutup Brian.

BACA JUGA: Mengintip Konsep Sustainable Living di Kebun Roti