Lebih Sehat Di Dekat Air

0
6475
pantai

Pernah lihat orang duduk di pinggir pantai lalu berlama-lama melihat lautan, atau Anda sendiri pernah melakukannya dan setelah itu merasa lebih baik?

Mungkin kita tidak mengerti betul mengapa berada di dekat air bisa membuat kita merasa  lebih tenang, yang jelas rasanya lebih rileks saja. Nah, hasil penelitian dari peneliti dan marine biologist, Wallace J. Nichols, dapat menjelaskannya.

Dalam bukunya, Blue Mind: The Surprising Science That Shows How Being Near, In, On, or Under Water Can Make You Happier, Healthier, More Connected, and Better at What You Do, ia menjelaskan bagaimana alam bisa menjadi obat yang baik untuk mengurangi stress, memicu kreativitas, bahkan meningkatkan rasa welas asih.

Kita memiliki “Blue Mind” ungkap Nichols. Pikiran Biru” didefinisikan sebagai “keadaan meditasi yang ringan yang ditandai dengan ketenangan, kedamaian, persatuan, dan rasa bahagia dan dan kepuasan kehidupan pada saat ini.

Perasaan-perasaan ini terinspirasi oleh air dan unsur-unsur yang terkait dengan air, dari warna biru hingga kata-kata yang kita gunakan untuk menggambarkan sensasi yang terkait dengan air.

Ketika kita berada dekat air, pikiran ini dihidupkan dan kita berada dalam mindful state — otak dalam keadaan rileks namun fokus. Ini bisa berarti waktu kita duduk santai sambil mendengarkan suara desiran ombak, belajar surfing, menatap indahnya hewan-hewan laut saat snorkling atau sekadar mengapung di atas kolam renang.

“Alam menyembuhkan apa yang rusak di dalam diri kita. Alam bisa mengurangi stres, dapat membuat kita kreatif dan membawa kita bersama,”ujar Nichols.

Riset yang dilakukan di University of Exeter menemukan bahwa mereka yang tinggal dekat perairan Inggris memiliki kesehatan yang lebih baik. Para peneliti mengungkapkan hal ini dari data 48 juta penduduk Inggris di tahun 2001.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Canterbury University, Otago University, dan Michigan State University in the USA, melihat hubungan antara kesehatan mental dan ekposur dengan “ruang” hijau dan biru. Studi menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang sudah bisa turun hanya dengan mengetahui kalau ia bisa dengan mudah melihat pantai.

Maka itu tak heran kalau pantai banyak dipilih sebagai tempat upacara, ritual atau acara-acara lainnya, termasuk juga mengapa banyak orang memilih untuk pensiun di daerah perairan

Beruntung sekali ya mereka yang tinggal di daerah dekat air! Nah, jika Anda bukan salah satu orang itu, ada baiknya jika saat liburan kita memilih destinasi yang dekat dengan perairan dan membuktikan apa penemuan ini benar adanya.

BACA JUGA: Pernapasan Lebih Bersih Dengan Haloterapi