10 Lagu Rileksasi Untuk Yang Gampang Cemas

0
487
10 Lagu Rileksasi Untuk Yang Gampang Cemas
10 Lagu Rileksasi Untuk Yang Gampang Cemas
  • Siapa yang tidak suka musik?

Musik tidak hanya enak untuk didengarkan atau dinikmati, tetapi juga dapat meredakan stress agar Anda bisa menjalani gaya hidup sehat seperti biasa.

Jenis-jenis musik tertentu yang kita gemari pun memiliki koneksi yang unik dengan emosi kita, sehingga musik bisa dijadikan alat yang efektif untuk meredakan dan mengatur stress.

Sebuah Penelitian yang Dilakukan di Inggris

Para peneliti telah melakukan berbagai studi untuk membuktikan hal ini. Beberapa jenis musik terbukti sangat ampuh untuk membantu Anda meredakan stres.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris tentang terapi suara meminta para partisipan untuk menyelesaikan sebuah puzzle yang digambarkan sebagai stress dengan mengenakan alat sensor ditubuhnya.

Kemudian, mereka diajak untuk mendengarkan berbagai lagu yang berbeda. Dr. David Lewis Hodgson dari Mindlab International, salah satu yang melakukan penelitian ini, menemukan bahwa lagu “Weightless” dari Marconi Union dapat membuat partisipan lebih rileks dalam mengerjakan tugas mereka.

Mendengarkan lagu juga menurunkan 65% kekhawatiran dari para partisipan dan 35% dari tingkat istirahat mereka.

Lagu-lagu yang menjadi pilihan dalam penelitian ini adalah lagu instrumen gitar, piano, suara alam, dan bahkan musik Buddhis.

Beberapa lagu memang sengaja dibuat untuk tujuan relaksasi. Harmoni dan ritme sengaja diatur dengan sangat hati-hati untuk membantu memperlambat detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar hormon kortisol.

Lzy Cooper, pendiri British Academy of Sound Therapy mengatakan bahwa sebuah lagu, pada dasarnya menggunakan banyak prinsip musik yang terbukti secara individual memiliki efek menenangkan.

Fakta Tentang Lagu

Sebuah lagu dengan ritme teratur yang dimulai pada 60 ketukan per menit dan secara bertahap melambat menjadi 50 ketukan akan membuat detak jantung Anda ikut melambat ketika mendengarkannya.

Fakta ini menjadi sangat penting karena kecepatan dan kerumitan kehidupan modern membuat kita selalu mencari cara terbaik untuk membuat kita tidak stress dan merasa tertekan.

Karena, stress merupakan akar dari banyak penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, masalah gastrointestinal, dan asma.

musik-yang-menenangkan
Photo by Martin Robles
  • Jadi lagu apa yang bisa membantu di kala stres atau cemas menyerang?

Berikut lagu-lagu yang memang diciptakan untuk membantu para pendengarnya menjadi lebih rileks. Anda bisa memasukkanya ke dalam playlist favorit Anda :

  1. Weightless – Marconi Union
  2. We Can Fly – Rue du Soleil (Café Del Mar)
  3. Canzonetta Sull’aria – Mozart
  4. Someone Like You – Adele
  5. Pure Shores – All Saints
  6. Please Don’t Go – Barcelona
  7. Strawberry Swing – Coldplay
  8. Watermark – Enya
  9. Mellomaniac (Chill Out Mix) – DJ Shah
  10. Electra – Airstream
  • Ingin tahu seperti apa?

Yuk langsung dengarkan Weightless dari Marconi Union yang sudah didengarkan lebih dari 36 juta kali (saat artikel ini ditulis)