Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tips Untuk Anak-Anak dan Ibu Hamil

0
314
Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tips Untuk Anak-Anak dan Ibu Hamil
Supaya Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tips Untuk Anak-Anak dan Ibu Hamil

Saat menjalankan puasa, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ekstra, salah satunya kondisi kulit.

Jika kurang cairan, kerja ginjal akan menjadi lebih berat yang akan tampak pada kondisi kulit. Sering ditemui, bibir pecah, telapak kaki pecah dan kulit lebih kering dari biasanya.

Tips Kulit Tetap Sehat Saat Puasa (Untuk Anak-anak & Ibu Hamil)

Bagaimana cara mengatasinya agar saat puasa kulit kita tetap terjaga kesehatannya. Berikut saran dari pharmacist yang juga founder dari Aquila Herb, Puji Sopandi, S.Farm., M.HKes., AptĀ :

1. Tetap Mengkonsumsi Air Minum

Minimal 8 Gelas (2 Liter) sehari, perbanyak konsumsi buah dengan kandungan air tinggi, tetap melakukan aktivitas biasa, dan untuk perawatan dapat menggunakan lipbalm atau butter pada daerah yang kering.

2. Untuk Anak-Anak:

Untuk anak-anak yang sudah mulai latihan puasa, bibirnya dapat diolesi lipbalm pada pagi hari untuk mencegah bibir pecah, perih bahkan berdarah.

3. Untuk Ibu Hamil Trimester Awal

Pada ibu hamil trimester awal yang umumnya terkena hiperemesis bisa menggunakan lipbalm di area bibir, juga bisa menggunakan butter lebih banyak di area perut, karena kurang cairan dapat meningkatkan terjadinya stretchmark.

Penggunaan pure essential oil lemon dan peppermint dengan cara dihirup dapat membantu mengurangi mual muntah pada ibu hamil, dapat digunakan sebelum sahur, sepanjang pagi atau saat dibutuhkan.

Pada ibu menyusui pun serupa, untuk penggunaan essential oilnya, namun penggunaan butter pada area perut tidak diperlukan.

4. Penggunaan Lipbalm / Lipmoist

Penggunaan lipbalm/lipmoist diperlukan pada pagi hari karena selama berjam-jam tubuh kekurangan cairan, terpapar panas. Sehingga perlu proteksi akibat hilangnya cairan dari dalam kulit akibat evaporasi udara.

5. Penggunaan Facemist

Penggunaan facemist, toner dengan kandungan yang bersifat hydrating dianjurkan dengan fungsi menahan kelembaban agar tidak mudah kering akibat kehilangan cairan.

Semoga puasanya lancar ya!