Kimchi: Makanan Asal Korea Ini Bermanfaat Membantu Turunkan Obesitas

0
261
kimchi-obesitas

Makanan Asal Korea: Kimchi

Makanan hasil fermentasi asal Korea, kimchi, menawarkan metode yang cukup menarik dalam mengobati metabolisme tubuh kita.

Sebuah riset di Korea Selatan menuturkan kalau kimchi mengandung banyak lactobacilli, yakni bakteri yang juga ditemukan pada yogurt, dan terbukti dapat mengurangi masalah pencernaan dan infeksi karena bakteri.

Dongguk University dan ChunLab Inc. di Soul menemukan fakta bahwa mengonsumsi kimchi secara reguler selama delapan hari menghasilkan perubahan signifikan dalam tingkat ekspresi dari sejumlah gen yang berkaitan dengan jalur metabolisme dan kekebalan.

Apa itu Kimchi?

Kimchi, sering juga ditulis kimchee atau gimchi, adalah makanan tradisional Korea yang terdiri dari beragam sayuran dengan beragam bumbu.

Itu sebabnya Kimchi dipercaya sebagai makanan yang kaya akan serat namun rendah kalori.

Sayuran-sayuran ini membuat Kimchi juga kaya akan vitamin A, Thiamin (B1), Kalsium, Zat besi dan juga bakteri lactic acid, antara lain Lactobacillus kimchii.

BACA JUGA : 6 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Ususmu

Cara Pembuatan Kimchi

Secara tradisional, cara membuat Kimchi adalah menyimpannya dalam wadah ditempatkan di bawah tanah, agar menjaganya tetap dingin pada musim panas dan tetap cair pada musim dingin.

Dikatakan, rata-rata warga Korea Selatan mengonsumsi sekitar 18 kg Kimchi setiap tahunnya.

Kimchi kaya akan serat namun rendah kalori. Foto: Jin Li
Kimchi kaya akan serat namun rendah kalori. Foto: Jin Li

Manfaat Menyatap Makanan Kimchi

Bakteri dalam kimchi yang sudah difermentasi diduga mampu menghambat pertumbuhan jumlah bakteri buruk dalam usus.

Beberapa bakteri buruk yang mampu dihambat pertumbuhannya adalah firmicutes dan bacteroides yang menjadi dalang dari penyakit obesitas.

Penelitian dari Jurnal Molecular Nutrition and Food Research

Sebuah penelitian dari jurnal Molecular Nutrition and Food Research menuturkan jika konsumsi kimchi pada 24 perempuan Korea yang obesitas ternyata mampu menunjukan peningkatan aktivitas metabolik dan menurunkan tingkat obesitas mereka. Kemampuan kimchi yang sudah difermentasi ini terbilang unik secara khasiat.

Ia memiliki kemampuan untuk mengubah komposisi mikroba dan memaksimalkan metabolisme manusia dan menjaga kekebalan saluran dari bakteri buruk.

Seperti yang kita ketahui, kimchi adalah salah satu makanan khas Korea dengan rasa yang enak dan segar.

Belum lagi, kini semakin banyak penelitian yang menuturkan kehebatan kimchi dalam memerangi obesitas.

Tidak heran, selain terkenal karena cita rasanya yang unik, Kimchi makin populer setelah dinobatkan sebagai satu dari 5 makanan paling sehat di dunia.

  • Selain Kimchi, apakah makanan paling sehat lainnya?

Read More (English): Kimchi, One of World’s Five Healthiest Foods

Foto utama: Beyondkimchee.com