Sehat Dengan Teh Merah Rosella

0
144
teh rosella

Pernah minum teh Bunga Rosella? Atau jangan-jangan Anda sudah rutin mengonsumsinya?

Seperti namanya, teh berwarna merah ini berasal dari Bunga Rosella. Rasa dan aromanya begitu segar, enak diminum hangat maupun dingin. Dengan tambahan sedikit gula dan lemon, teh Rosella menjadi minuman sehat yang menyenangkan.

Selain enak, banyak orang mengonsumsinya karena beragam manfaat yang menyehatkan tubuh. Setelah diketahui manfaatnya, teh Rosella pun mendapatkan perhatian yang layak didapat dan menjadi salah satu teh herbal yang populer seperti teh hijau.

Teh Bunga Rosella Tadinya Hanya Tanaman Pagar

tanaman rosella

Rosella berasal dari benua Afrika. Ia memiliki nama ilmiah Hibiscus Sabdariffa yang termasuk dalam keluarga Malvaceae. Bunga Rosella memiliki lebih dari 300 spesies yang tersebar di daerah tropis dan non tropis. (Jurnal Usu)

Dahulu, Rosella hanyalah tanaman perdu yang dianggap gulma. Ia tumbuh liar dan digunakan sebagai tanaman pagar, namun setelah kegunaannya diketahui, dan hampir seluruh bagian Rosella dapat dimanfaatkan, banyak orang  mengolahnya menjadi minuman bermanfaat seperti teh Rosella.

Rosella yang sering disebut bunga, sebenarnya merupakan kelopak buah. Namun, karena bentuknya seperti bunga, maka orang menyebutnya sebagai bunga Rosella.

Baik Untuk Daya Tahan Tubuh 

rosella merah

Bukan hanya kelopak bunganya saja, ternyata buah, daun, dan biji dari Rosella dapat dimanfaatkan. Menurut berbagai studi, Rosella mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa di antara senyawa tersebut, misalnya antioksidan, asam esensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin. (Si Cantik Rosella, Zahra Haidar)

“Rosella bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena mengandung Vitamin C yang tinggi yaitu 260-280 mg per 100 gr berat keringnya. Kandungan Vitamin C yang tinggi ini baik untuk menjaga daya tahan tubuh,” ujar Ahli Gizi Revina Febri Nadiasari Putri SGz, dari RSIA Bunda Jakarta.

Rosella dikenal dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, meski begitu ia juga punya manfaat lain seperti mencegah sariawan, pereda nyeri, dan lain-lain.

Kandungan bermanfaat lain yang terdapat di dalam tanaman Rosella yaitu:

  • Vitamin D, baik untuk kesehatan tulang
  • Vitamin C, sebagai antioksidan
  • Vitamin A, dapat menyehatkan mata
  • Vitamin B1 dan B2
  • Omega 3, untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak
  • Kalsium, baik untuk tulang
  • Protein, karbohidrat, serat, mineral, kalori, yang dapat memulihkan stamina
  • Asam organik, poly-sakarida, dan flavonoid, dapat membantu melancarkan peredaran darah

Teh Bunga Rosella Baik Untuk Kulit

Tak hanya populer karena warnanya yang cantik, Rosella memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan jika dijadikan minuman. Seduhannya lebih dikenal dengan teh Rosella.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni rendam dua kuntum Bunga Rosella ke dalam segelas air hangat. Biarkan bunganya larut hingga airnya menjadi warna kemerahan. Anda bisa langsung meminumnya, atau menambahkan sedikit gula ke dalam minuman tersebut.

Anda harus berhati-hati mengolahnya agar kandungan antioksidan dalam Rosella tetap terjaga. Pasalnya, kadar antioksidan akan berkurang jika mengalami proses pemanasan dan pengeringan berlebihan.

seduhan teh rosella

Di balik kesegaran teh Bunga Rosella, ternyata rutin meminumnya dapat mempercantik diri, yakni melangsingkan tubuh dan menghaluskan kulit.

Selain dijadikan minuman, Rosella juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti jelly, selai, saus, atau manisan Rosella. Bahkan, daun muda dari tanaman Rosella juga dapat dimakan sebagai salad.

Kini, Rosella banyak dijual online, dengan kisaran harga Rp. 15 ribu – 30 ribuan, dari mulai 100 – 150 gram per bungkusnya.

Wow, ternyata begitu banyak manfaat dari Rosella, sehingga tak hanya dijadikan minuman. Anda juga bisa mengolahnya sesuai selera, mau dijadikan teh atau selai? Semuanya enak!

BACA JUGA: Infused Water Untuk Buka Puasa