Ketahui 3 Prinsip Melawan Diabetes

0
2549

Diabetes adalah silent killer dan ibu dari segala penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi. Disebut silent killer karena banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), Dokter Spesialis Gizi Klinik di RSCM, MRCCC dan Jakarta Heart Centre, bijak dalam memilih nutrisi adalah langkah penting untum mengontrol gula darah tetap stabil.

“Pola makan untuk pengidap diabetes bukan berarti berbeda dengan orang pada umumnya. Tapi sebenarnya berupa panduan pola makan dengan berbagai makanan bergizi dalam takaran porsi yang tepat dan mengikuti waktu makan yang rutin, jelas Dr. Fiastuti dalam  media briefing “Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia” di KalCare Lotte Shopping Avenue, Rabu (13/11) lalu.

BACA JUGA: Minum Jus Seledri, Tren atau Memang Bermanfaat?

Lebih lanjut Dr. Fiastuti menambahkan pola makan tepat untuk pengidap diabetes terdiri dari tiga prinsip atau 3 J yaitu tepat jadwal, jumlah, jenis. Tepat jadwal yaitu penyandang diabetes dianjurkan untuk makan tiap 3 jam terdiri dari tiga kali makan (sarapan, makan siang, makan malam) dan tiga kali selingan. Tepat jumlah yaitu kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

Cara Terhindar dari Komplikasi

Menurut data kesehatan dari Indonesia Diabetic Federation (IDF) 2017 mencatat, Indonesia masih berada di urutan ke-6 di dunia yang memiliki sekitar 10,3 juta pengidap diabetes di rentang usia 20 – 79 tahun.

Data Riskesdas Litbangkes tahun 2018 dan Konsensus PERKENI 2015, menyebutkan di Indonesia, sebanyak 75% dari total pengidap diabetes belum menyadari dirinya menyandang diabetes. Dari 25% pengidap diabetes yang sudah menyadari dirinya mengidap diabetes, hanya 17% yang menjalani terapi diabetes, sedangkan 8% tidak menjalankannya. “Inilah yang bisa menyebabkan banyaknya pengidap diabetes yang terkena komplikasi,” tegas Dr. Fiastuti.

BACA JUGA: Mood Jakarta for Your Positive Mood Boosting

Divonis diabetes bukan akhir kehidupan, pengidap diabetes masih bisa menikmati hidup, meskipun harus mematuhi panduan diet khusus. Diet diabetes sebetulnya termasuk rencana makan yang terbaik untuk kebanyakan orang, bahkan bagi yang tidak mengidap diabetes sekalipun.

Masyarakat juga harus sadar beberapa gejala diabetes karena terkadang tidak disadari. Beberapa gejala diabetes yang sering muncul antara lain rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, sering merasa ngantuk, sering merasa lapar dan lemas.

Diagnosis dan tindakan cepat menjadi titik awal untuk hidup sehat dengan diabetes. Semakin lama diabetesnya terdiagnosis dan diobati, akibatnya akan lebih buruk bagi pengidapnya. Mengontrol diabetes adalah komitmen harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

BACA JUGA: Penderita Diabetes Boleh Kok Puasa, Asal…

Kontrol dan pencegahan diabetes bisa dimulai dari keluarga. Sederhananya jika satu keluarga makan sehat dan olahraga bersama-sama, pengidap diabetes terbantu untuk beradaptasi dengan cepat pada gaya hidup sehat. Pun, seluruh anggota keluarga juga mendapatkan pengaruh positif melalui penerapan pola hidup sehat.

Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang!