Pasar Tani Kota Wadah Seru Untuk Pecinta Tanaman

0
1446
Keriaan Pasar Tani Kota di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta
Keriaan Pasar Tani Kota di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta

Minggu, 3 September 2017, tim redaksi Paprika Living berkesempatan untuk ikut dalam keriaan Pasar Tani Kota, yang kali ini diadakan di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta.

Dimulai pukul 10.00, Pasar Tani Kota ramai didatangi mereka yang menyukai dunia tanam menanam. Acara ini menjadi sarana bagi komunitas dan masyarakat untuk melakukan jual beli bibit tanaman, perlengkapan berkebun, tanaman hias, obat herbal, dan hasil olahan pangan dari berbagai tanaman.

Di sini, para pecinta tanaman juga dapat  melakukan eksperimen dan menambah pengetahuan melalui workshop pertanaman dan perkebunan.

Tidak hanya itu, mereka yang datang pun dapat mengambil satu pohon tanaman secara cuma-cuma!

Apa itu Pasar Tani Kota?

Pasar Tani Kota merupakan program dari Kebun Pancoran yang bekerja sama dengan OK. Pangan, Tumpah Ruah, dan Komunitas Seru Banget Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan ruang kolektif untuk mempertemukan pikiran, gagasan, dan tindakan dalam pengelolaan bersama.

Bisa dikatakan pula, Pasar Tani Kota menjadi wadah bagi para komunitas tani untuk menyalurkan hasil tanaman mereka baik yang sudah diolah maupun dalam bentuk bibit.

Selain itu, melalui Pasar Tani Kota ini, para komunitas dapat berbagi mengenai inovasi dan cara bercocok tanam yang sesuai dengan setiap jenis tanaman dan cuaca tropis Indonesia.

Di sini, kita bisa mencari tahu lebih dalam tentang terarium dan kaktus yang sedang menjadi favorit saat ini, hingga belajar Kokedama, sistem tanam yang diadopsi dari Jepang dengan membungkus media tanam menjadi berbentuk bulat sehingga tanaman dapat tahan lebih lama tanpa harus disiram setiap hari.

Tanaman yang media tanamnya mengadopsi cara bercocok tanam dari Jepang
Kokedama, tanaman yang mengadopsi cara bercocok tanam dari Jepang

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aimo masyarakat Jakarta untuk bercocok tanam, khususnya bagi para generasi muda sebagai wujud dukungan program pemerintah menjadikan Jakarta sebagai kota modern hijau dan sehat,” ungkap Julian Riezki mewakili Komunitas Seru Bareng sebagai Ketua Pasar Tani Kota.

Berangkat dari tujuan ini pula, melalui Pasar Tani Kota digalakkan kembali gerakan Hutan Jakarta, yaitu program pelestarian hutan kota di Jakarta sebagai ruang terbuka hijau untuk seluruh kalangan masyarakat.

Gerakan ini dilakukan melalui edukasi dan hiburan yang dirangkai dengan penanaman bibit pohon.

Dengan adanya gerakan ini,  diharapkan semakin banyak masyarakat Jakarta yang mau mendukung dan mensukseskan Hutan Jakarta.

Jalan-jalan redaksi Paprika Living di Pasar Tani Kota masih berlanjut ke Hotel Kombucha, salah satu tempat paling menarik dalam kegiatan ini.

Di Hotel Kombucha (bukan hotel tempat kamu bisa menginap), kamu bisa melakukan eksperimen apapun yang berkaitan dengan bercocok tanam dan hasilnya bisa kamu “pamerkan” di hotel ini.

Tidak heran, Hotel Kombucha dipenuhi oleh tanaman aneka warna dan jenis yang ditanaman dengan beraneka media.

Pasar Tani Kota adalah wadah yang layak disambangi kamu yang ingin lebih banyak belajar untuk bercocok tanam. Semoga semakin lama semakin banyak wadah seperti Pasar Tani Kota ini ya…

Kegiatan ini akan rutin diadakan di setiap hari minggu pertama di setiap bulannya. So, come and join the fun at Pasar Tani Kota 2017 next month!