Kenari Untuk Sperma Yang Lebih Sehat

0
39
kenari

Di balik fungsinya sebagai camilan ataupun campuran tambahan untuk sereal sarapan pagi, kenari memiliki manfaat luar biasa. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh BrainHQ, kenari memiliki konsentrasi DHA yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan otak.

Mengonsumsi seperempat cangkir kenari dapat memenuhi kebutuhan hampir 100 % DHA harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Tidak hanya, untuk bayi dan ibu hamil, bagi orang dewasa, asam lemak Omega-3 pada kenari dapat meningkatkan kinerja kognitif dan memperbaiki penurunan kognitif seiring dengan pertambahan usia.

BACA JUGA: Lebih Baik Mana, Garam Laut Garam Himalaya?

“Kenari mengandung protein, serat, asam lemak tak jenuh, magnesium, dan antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan jantung, sistem pencernaan, bisa mencegah radikal bebas, menurunkan risiko kanker dan mencegah penuaan dini,” ungkap Aviani Harfika SGz, ahli gizi Pergizi Pangan Indonesia

Tidak hanya itu kenari juga memiliki rangkaian khasiat lain, yaitu:

1. Melindungi Sel Sperma

Tahukah Anda, mengonsumsi makanan olahan dapat berpengaruh kurang baik terhadap kualitas sperma? Sebaliknya makan kenari dapat meningkatkan vitalitas, mobilitas sperma.

Kandungan gizi dan nutrisi pada kenari dapat melindungi sel sperma dengan mengurangi kerusakan oksidatif, yaitu ketika radikal bebas di dalam tubuh berada di level tinggi melebihi kapasitas tubuh menetralkannya.

Terkadang orang enggan untuk makan kenari karena rasa getirnya. Nah, Anda bisa merendamnya terlebih dulu dengan air. Lalu dikeringkan dengan oven, untuk penyimpanan yang lebih lama. Kini kenari yang sudah dikemas menjadi snack juga banyak ditemukan di pasaran.

BACA JUGA: Minum Jus Seledri, Tren atau Memang Bermanfaat?

2. Menurunkan Tekanan Darah

Buat Anda yang punya penyakit darah tinggi alias hipertensi, mengonsumsi kenari mungkin bisa jadi cara yang menyenangkan untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selama ini hipertensi kerap dikaitkan sebagai risiko utama dari penyakit jantung dan stroke. Nah, memasukkan kenari sebagai menu sarapan harian atau cemilan dapat menurunkan risiko ini.

3. Meningkatkan Kemampuan Fisik Meski Sudah Menua

“Selain baik untuk mobilitas dan kemampuan fisik, kenari juga baik dikonsumsi untuk mereka yang berusia di atas 40 tahun, karena dapat memperbaiki mood dan menangkal stres. Biasanya kalau usia sudah bertambah, pasti cepat lelah dan gampang stres, makan kenari bisa sangat membantu menstabilkan emosi,” jelas Aviani.

Menambahkan kenari dalam asupan harian dapat memperkaya diet sehat Anda karena  Kenari memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, lemak sehat, plus senyawa nabati penting yang dapat memperkuat tulang dan stamina.

BACA JUGA: Chia Seeds Untuk Sajian yang Lebih Berenergi