Kelor, Si Mungil Yang Sarat Manfaat

0
813
Kelor, Si Mungil Yang Sarat Manfaat
Photo: Jason Leung

Daunnya memang tak lebar, itulah mungkin ia dipakai dalam perumpamaan yang sering kita dengar: “dunia tak selebar daun kelor”.

Bentuk Daun Kelor (The Miracle Tree ~ Moringa oleifera)

Daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil dan berwarna hijau tua dan bersusun majemuk dalam satu tangkai.

Kelor yang bernama latin Moringa oleifera termasuk jenis tumbuhan dari keluarga Moringaceae.

Meski bentuknya mungil, daun hijau ini memiliki manfaat yang luar biasa. Tak heran ia banyak disebut sebagai The Miracle Tree. 

Penyebutan Nama Daun (The Miracle Tree) Ini di Indonesia

Di Indonesia ketika seseorang menyebut nama ‘’daun kelor’’ maka kebanyakan orang akan terpikir bahwa daun yang dipakai sebagai penangkal setan, mengusir makhluk halus atau hal-hal lain yang mistis.

Padahal, daun kelor juga sarat nutrisi. Lengkapnya kandungan nutrisi pada daun kelor, membuat tanaman ini menjadi rekomendasi untuk kasus-kasus malnutrisi di negara-negara Amerika Latin dan Afrika.

Bubuk Kelor Moringa Afrika

Superfood satu ini telah digunakan selama berabad-abad lamanya, tidak hanya karena nilai nutrisinya tetapi juga khasiatnya untuk pengobatan seperti;

  1. Vitamin C yang dapat melawan demam dan flu,
  2. Vitamin A untuk kesehatan mata, kulit, hati, dan diare,
  3. Kalsium yang menguatkan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis,
  4. Potasium yang sangat penting untuk otak, syaraf,
  5. juga Protein yang penting bagi pembentukan seluruh sel dalam tubuh kita.

Baca juga:

Mindset Makan Sehat

Mindset makan sehat kebanyakan orang biasanya didapat dari memori kita di masa kecil.

Umumnya kita dulu diajari bahwa sumber kalsium itu adalah susu, sumber protein adalah telur, dan sumber vitamin A adalah wortel.

Namun sekarang kita punya banyak pilihan lain. Mari kita lihat perbandingan kelor dengan sumber-sumber makanan tersebut.

Kandungan Daun Kelor

Penelitian Khawaja Tahir Mahmood  berjudul “Moringa oleifera: a Natural Gift-A Review menyebutkan bahwa kelor mengandung:

  • Vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk,
  • Vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel,
  • Kalsium 4 kali lebih banyak daripada susu,
  • Potasium 3 kali lebih banyak daripada pisang,
  • dan Protein 2 kali lebih banyak daripada yogurt,
  • serta Zat besi ¾ kali lebih banyak dibanding bayam.

kandungan-nutrisi-kelor-moringa

Jika Anda Atlet Bisa Memasukan Daun Kelor ke Menu Harian, Kalian Ya

Nah jika Anda penggiat fitness atau atlet yang selama ini mengandalkan sumber protein alami dari telur atau yoghurt untuk pembentukan otot, kini Anda bisa memasukkan kelor ke dalam menu harian.

Caranya

Bisa dengan mencampurkannya ke dalam smoothies di pagi hari atau dimasak menjadi sayur lezat untuk makan siang.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah bubuk ekstrak Moringa keluaran Herbilogy.  Bubuk ini dikemas tanpa penambahan gula, zat pewarna, perasa, MSG, pengawet atau bahan kimia.

Bagi Anda yang sibuk dan ingin mendapatkan sumber vitamin C, Anda bisa coba kapsul daun kelor.

Alternatif Pengobatan Mata Minus Bagi Anda (Pengguna Kacamata)

Pengguna kacamata tidak perlu mencari suplemen mahal untuk memelihara kesehatan matanya, cukup dengan mengkonsumsi daun kelor baik daun ataupun bentuk kapsulnya dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat.

  • Kekurangan zat besi?
  • Atau ingin menjaga asupan kalsium Anda?

Kelor dapat memberikan solusinya.

Kayanya manfaat yang dimiliki tanaman kelor inilah yang membuat The National Insitute of Health menyebutnya sebagai The Plant of The Year  di tahun 2008.

Vitamin, Mineral, Antioksidan di Dalam Daun Kelor

Hal lain yang tak kalah menariknya dari daun moringa yakni 30 macam kandungan antioksidannya yang baik untuk detoksifikasi tubuh.

Sehari-hari kita banyak terpapar radikal bebas dari polusi udara, juga zat-zat pengawet dan zat tambahan pangan lainnya dalam makanan yang kita konsumsi, sehingga penting bagi kita menambahkan menu sehat dan alami yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan menangkal efek buruk dari zat-zat kimia yang secara “tidak sadar” masuk ke dalam tubuh kita.

Seorang dokter medis yang juga menekuni herbal, dr. Prapti Utami M.Si, mengupas pemanfaatan kelor untuk kesehatan manusia.

Menurutnya, banyak penelitian kelor terbukti mengandung 46 antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, kelor juga mengandung 18 asam amino, 8 diantaranya merupakan asam amino esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, yang berguna untuk membangun sel-sel baru.

Diketahui ada 36 senyawa antiinflamasi dan 90 nutrisi alami seperti beragam vitamin dan mineral.  Dokter Prapti menambahkan, tingginya kadar vitamin dan mineral dalam kelor membuat kelor bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan Bagian-bagian Tanaman Kelor Banyak Manfaatnya

Bukan hanya daun kelor saja yang kaya manfaat bagi kesehatan, tapi bagian-bagian tanaman kelor selain daunnya pun banyak dimanfaatkan.

Bunga, akar, dan kulit pohon kelor kerap dipakai sebagai bahan baku industri suplemen gizi, kosmetik, parfum, dan minyak kulit.

Iseng-iseng ingin membuat DIY masker dirumah, kita bisa memakai kelor sebagai bahan utamanya.

Selain kandungan vitamin C, di dalam daun kelor juga terdapat kandungan vitamin E yang sangat baik bagi kulit.

Caranya,

Ambil daun kelor secukupnya, cuci hingga bersih lalu tumbuk dengan menambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Nah, pasta ini dioleskan ke wajah seperti layaknya masker dan biarkan hingga mengering.

Nah, ternyata tak heran kelor disebut-sebut sebagai The Miracle Tree, karena memang manfaatnya yang berlimpah.

Dari satu tanaman kelor, tubuh kita bisa mendapatkan banyak manfaat, dari nutrisi untuk tubuh, detoksifikasi, sampai terapi pengobatan maupun kesehatan kulit. Yuk, tambahkan kelor ke daftar menu sehat Anda.