Kantong Plastik, Kertas, Spunbond. Mana Yang Paling “Eco”?

0
3472

Tas ini sering diperkenalkan sebagai tas ramah lingkungan atau tas eco. Nama teknisnya, Polypropylene non-woven, atau mungkin Anda juga mengenalnya dengan sebutan Spunbond.

Anda tahu kan tas spunbond? Dari jauh kelihatan seperti tote bag kain, tersedia dalam berbagai warna, dan kalau dilihat dari dekat ada titik-titiknya. Tapi sebenarnya dia bukan tas kain, tapi tidak bisa juga dibilang kantong. Tas ini sepertinya menyatukan kebaikan dari dua material itu. Kalau belum tahu juga, coba saja google “tas ramah lingkungan”, Anda akan melihat tas spunbond diantara hasil pencarian.

a. Non Woven PP Bag/spunbond
b. Tas Spunbond dilihat dari dekat

Tas spundbond banyak dipakai sebagai kantong souvenir, tas goodiebag untuk ulang tahun atau di toko-toko. Anda juga pasti pernah melihatnya di supermarket. Biasanya digantung di dekat kasir, kemungkinan besar ditujukan untuk mereka yang lupa membawa kantong sendiri atau untuk yang tidak mau memakai kantong plastik.

Tapi tunggu deh, apa iya tas spundbond itu lebih “ramah lingkungan” daripada kantong plastik? Pertanyaan yang sama juga untuk tas katun. Apa iya karena materinya bukan plastik atau setidaknya tidak terlihat seperti plastik (seperti spunbond), lantas tas-tas itu sudah pasti lebih “hijau”?  Atau karena reputasi plastik yang sangat buruk, kita lebih nyaman untuk berpikir kalau alternatif lain sudah pasti lebih baik?

Mari kita telusuri…