Jogging di Luar VS Treadmill, Lebih Baik Mana?

0
192
jogging di luar

Anda masuk tim yang mana nih? Tim orang yang senang lari di outdoor atau di atas treadmill?  Ada banyak pendapat yang mengatakan, kalau orang yang berlari di outdoor lebih sehat karena dapat meningkatkan stabilitas dan ketahanan tubuh dengan trek lari yang berbeda.

Tetapi, kubu sebelah punya pendapat lain, lari di treadmill membuat Anda bisa mempertahankan kecepatan dan tingkat kinerja fisik yang lebih teratur.

Menurut Richard T. Cotton, MA, Direktur Sertifikasi Nasional dari American College of Sports Medicine, lari di outdoor lebih memiliki manfaat psikologis ketimbang lari di treadmill. Kenapa? Berikut penjelasannya:

  1. Tidak Monoton

Pergantian tempat trek lari membuat aktifitas jogging tidak membosankan. Pemandangan yang Anda lihat juga beragam dan lebih humanis. Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang berbeda di jalan dan melakukan pengamatan singkat mengenai mereka.

  1. Trek Unik

Ada perbedaan fisiologis antara trek di treadmill dan trotoar yang bisa merangsang otot-otot kaki untuk lebih kuat, terutama di pergelangan kaki yang tidak Anda dapatkan di treadmill.

  1. Spontan

Anda tidak bisa menebak apa yang bakal terjadi di jalan, bisa saja Anda ketemu anjing lucu, jalan yang diperbaiki sehingga Anda harus memutar jalan. Ini menarik!

  1. Work Hard

Kondisi out door membuat Anda harus berusaha lebih keras. Sengatan matahari, berpapasan dengan orang-orang sehingga terkadang harus menghentikan kecepatan, kejadian tidak terduga, belum lagi medan trek-nya, usaha yang lebih keras ini membuat kalori yang dibakar juga lebih besar.

  1. Efek “Hijau”

Pemandangan serba hijau, memberikan efek bahagia buat Anda yang berlari di luar. Richard T. Cotton mengatakan orang-orang yang jogging di luar jauh lebih konsisten terhadap tujuannya berolahraga ketimbang di treadmill.

Sama Sehatnya, Kok!

Eits, tim treadmill jangan langsung baper. Sejatinya, lari dimanapun tetap sama sehatnya, tergantung tujuan Anda berolahraga apa. Buat Anda yang hanya ingin mempertahankan kebugaran, lari di treadmill bisa jadi sudah cukup.

Buat para atlet ataupun Anda yang ingin menjajal kemampuan lewat event lari, berlari di luar ruangan akan memberikan manfaat yang lebih besar.  Dengan berlari di luar ruangan, otot dan persendian Anda akan lebih terkondisikan ke berbagai medan yang akan ditemui dalam perlombaan.

Anda juga akan lebih mampu beradaptasi dengan perubahan cuaca dan tahu kapan harus mengerahkan upaya ekstra ketika dihadapkan dengan ketinggian atau hambatan jalanan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Instagram Yoga yang Menginspirasi