Pentingnya Jauhi Gula + Tips Praktis Menjaga Gula Darah Anda Tetap Sehat

0
281
Pentingnya Jauhi Gula + Tips Praktis Menjaga Gula Darah Anda Tetap Sehat
Photo by Thomas Kelley on Unsplash

Diabetes Melitus Tipe II

Diabetes Melitus tipe II atau yang biasa lebih kita kenal dengan diabetes, semakin menjadi momok yang mengkhawatirkan.

Menurut International Diabetes Federation, tahun 2017 diperkirakan terdapat 10 juta penderita diabetes di Indonesia atau menempati urutan ke-tujuh tertinggi di dunia.

Jumlah ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Salah satunya sebabnya adalah karena 2/3 diabetesi di Indonesia tidak mengetahui dirinya memiliki diabetes.

Dokter William Sears Menyampaikan pesan Bahwa Gula Merupakan Bibit untuk Sel-sel Kanker

William Sears, dokter di balik website populer yang berfokus pada kesehatan dan keluarga, AskDrSears.com, menyampaikan pesannya tentang gula. “Hidup selama 20 tahun belakangan sebagai penyintas kanker, saya belajar bahwa gula adalah makanan untuk sel-sel kanker,”ujarnya.

Dalam bukunya, The Dr. Sears T5 Wellness Plan: Transform Your Mind and Body, 5 Changes in 5 Weeks ia menyampaikan inti dari penjelasannya: Hindari lonjakan gula! Dokter Sears mengatakan bahwa tingkat gula darah yang tinggi terus menerus, umumnya karena makan makanan tinggi gula, adalah akar dari banyak penyakit.

Tips Praktis Menjaga Gula Darah Anda Tetap Sehat

Untuk terhindar dari diabetes, kita bisa lebih memperhatikan lagi pola hidup, aktivitas dan apa yang kita konsumsi. Berikut beberapa tips praktis untuk menjaga gula darah Anda tetap sehat:

1. Konsumsi karbohidrat yang tepat

Karbohidrat terbaik untuk pola makan kita adalah “slow-carb” yang berarti kandungan gula alami pada makanan tersebut akan diserap ke dalam darah dalam waktu yang lama sehingga tidak menyebabkan lonjakan kandungan gula di dalam darah.

Beberapa contoh “slow-carb”, diantaranya adalah sayuran, kacang polong, buah-buahan, dan gandum utuh. Makanan dengan kandungan karbohidrat baik juga mengandung gizi baik lain yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, protein, atau lemak baik.

Salah satu contohnya adalah alpukat. Buah ini bisa dikatakan sebagai salah satu buah yang paling sehat karena karbohidrat yang dikandungnya berkolaborasi dengan protein, serat, dan lemak nabati. Maka, bagi para diabetesi, alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Makan Berkesadaran

Kebiasaan lain yang dapat menjaga kandungan gula darah tetap normal adalah memperlambat waktu makan Anda, salah satunya dengan mengunyah lebih lama dan lebih perlahan, serta makan dalam porsi kecil.

Mengonsumsi salad dengan makanan Anda lainnya bisa memenuhi kualitas makanan harian dan tidak akan menyebabkan Anda bertambah berat.

Menurut Dr Sears, Salad adalah makanan yang bebas Anda konsumsi kapanpun Anda menginginkannya.

3. Lebih banyak bergerak

Sisipkan kegiatan fisik yang lebih banyak dalam aktivitas harian Anda. Yang paling mudah, misalnya berjalan kaki sebentar setelah makan.

Sehat Bergerak
Photo by Rémi Jacquaint on Unsplash

Tidak langsung duduk setelah makan tidak hanya dapat melancarkan pencernaan tetapi juga bisa membantu Anda untuk menyeimbangkan gula darah dengan membakar sebagian yang sudah ada di dalam tubuh kita.

Dengan konsep pemikiran seperti ini, Anda tidak akan kesal jika Anda dapat tempat parkir yang jauh dari pintu masuk.

4. Minum Air Secara Teratur

Minum air yang cukup dapat menjaga gula darah berada dalam level yang aman. Selain menghindari Anda dari dehidrasi, air membantu ginjal membuang gula yang tidak diperlukan tubuh melalui urine.

Sebuah studi observasi yang dilakukan pada 3,615 responden selama 9 tahun menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air berisiko lebih rendah untuk memiliki tingkat gula yang tinggi.

Jadi ingat-ingat ya, sebisa mungkin selalu pilih air minum, karena air minum memang yang terbaik untuk tubuh.

Minuman kemasan yang manis akan membuat gula darah melonjak, bikin berat badan bertambah, dan meningkatkan risiko Anda terkena Diabetes.

5. Lebih baik tidak menahan lapar kalau pada akhirnya Anda akan “balas dendam”

Meski intermittent fasting sedang naik daun, berada dalam keadaan lapar bisa membuat Anda malah “menggila” dengan karbo.

Rasa lapar juga bisa mendorong Anda makan terlalu cepat dan terlalu banyak. Dokter Sears berpesan, penting untuk merencanakan makanan dan memikirkan nutrisi sebelum Anda makan.

Apakah makanan yang Anda makan itu bisa membuat gula darah melonjak? Apakah ini makanan olahan? Karbo dan tambahan gula bisa menyumbat arteri dan menghambat aliran darah ke organ vital, khususnya otak.

“Nasihat saya secara umum pada pasien yang ingin perubahan yang berkelanjutan pada kesehatannnya adalah: Hindari gula tambahan pada makanan kemasan dan ubah karbo Anda,”ujar Dr. Sears

Baca juga: 5 Cara Sederhana Agar Gula Darah Anda Oke