Inilah Kebiasaan Yang Membuat Orang Panjang Umur…

0
577
hidup sehat tua

Banyak orang berpikir umur panjang itu ditentukan oleh genetik. Padahal, gaya hidup sehari-hari menyumbangkan peran lebih besar daripada yang kita pikir.

Semua hal-hal sehat, meski kecil namun dilakukan secara teratur, tak ubahnya seperti investasi yang akan kita rasakan manfaatnya di masa datang.

Kami menemukan artikel menarik yang ditulis oleh Alina Petre, MS, RD (CA) tentang  13 kebiasaan baik yang patut kita lakukan untuk kesehatan kita, dan semuanya didasari oleh penelitian.

Kami tidak akan membahas saran-saran yang sudah lebih dari jelas dan kami yakin Anda pun sudah tahu seperti makan sayur lebih banyak, olahraga teratur atau tidur yang cukup.

Kami memilih beberapa saran yang didukung penelitian atau studi yang menarik untuk diketahui. Nah, berikut beberapa diantaranya!

1. Hindari Terlalu Banyak Makan

Hubungan antara kalori dan umur panjang menarik minat banyak peneliti. Penelitian menunjukkan pengurangan kalori sebanyak 10-15% dapat meningkatkan rentang usia, setidaknya ini terjadi pada beberapa penelitian yang menggunakan binatang (1).

Studi yang mempelajari populasi manusia yang dikenal berumur panjang juga mengamati hubungan antara asupan rendah kalori, umur panjang dan kemungkinan penyakit yang lebih rendah. (2, 3, 4)

Lebih dalam, pembatasan kalori tampaknya terkait dengan pengurangan kelebihan berat badan dan lemak perut, yang keduanya terkait dengan usia yang lebih pendek (5, 6, 7).

Karena itu, pembatasan kalori jangka panjang seringkali tidak bertahan lama dan dapat menimbulkan  efek samping negatif, seperti meningkatnya rasa lapar, suhu tubuh rendah dan dorongan seksual yang berkurang (3).