Inilah 3 Dampak Positif dari Stress

0
202
Inilah 3 Dampak Positif dari Stress yang Tidak Anda Ketahui Loh!
Inilah 3 Dampak Positif dari Stress yang Tidak Anda Ketahui Loh!

Setiap Manusia Pernah Mengalami Stress

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti pernah mengalami stress, hanya saja tingkatannya yang berbeda-beda.

Stress selalu dikaitkan dengan gambaran negatif, penyakit, pengaruh buruk, sesuatu yang harus dijauhi.

Padahal stress pun punya fungsi positif, salah satunya membuat seseorang waspada dalam menghindari bahaya. Berikut kami paparkan efek positif lainnya dari stress.

Efek Positif dari Stress

Meningkatkan Kemampuan Otak

Dalam istilah ilmiah, stress yang baik dikenal dengan sebutan eustress, stress jenis ini adalah percikan yang mendorong seseorang untuk mencapai sesuatu yang lebih, semisal

  • Meningkatkan kualitas hidup
  • Memperjuangkan keadilan
  • Mendapatkan kenaikan gaji
  • Keinginan untuk pergi berlibur

Stress pada tingkatan rendah semacam ini dapat membantu otak memproduksi bahan kimia yang disebut dengan neurotrophins serta memperkuat hubungan antara neuron yang ada di otak kita.

Lebih dari itu, stress pada tingkatan yang baik bisa membuat otak kita “berolahraga”, aktivitas yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

Ingat kan, waktu stress biasanya otak kita tidak ngalor ngidul, tapi justru fokus untuk mencari solusi.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mark Goulston, MD, seorang psikiater klinis menjelaskan bahwa sistem kekebalan tubuh dalam diri kita pun bisa mengambil keuntungan ketika mengalami stress.

Ketika hormon kortisol atau hormon stress dilepaskan oleh tubuh, maka ia dapat memperkuat bagian sistem kekebalan tubuh dengan lebih baik. Hal ini terjadi sebagai proses keseimbangan.

Meski stress jangka pendek dapat menjaga tubuh dari penyakit, para ahli memperingatkan bahwa terlalu sering mengalami stress akan dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas, dan lain sebagainya.

3. Mendorong Seseorang Berpikir Kreatif

Stress akan mendorong seseorang untuk berubah, melawan, atau tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungannya. Semua perubahan yang terjadi dalam kehidupan, sekalipun perubahan yang baik tetap berpotensi menyebabkan terjadinya stress, hanya saja dalam tingkatan tertentu.

Contohnya, ketika mendapatkan pekerjaan atau proyek, jatuh cinta, menikah, atau bahkan ketika seseorang mendapatkan kenaikan jabatan, stress akan kerap menyertai karena kita berusaha melakukan terobosan baru.

Yes, stress bukanlah hal yang harus sepenuhnya ditakuti dan dihindari. Justru dalam beberapa kasus, stress dibutuhkan untuk menstimulasi saraf manusia secara positif. Tapi ingat ya, stress tetap harus dikelola dengan benar!

BACA JUGA: Apakah Anda Rentan Terkena Depresi? Ini Gejalanya!