Ini Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Saat Puasa

0
95

Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa? Haruskah kita tetap berolahraga seperti biasa meski sedang menjalani ibadah puasa?

Menurut Dr Michael Triangto, SpKO, berolahraga saat bulan puasa sah saja dilakukan asal memerhatikan durasi dan kemampuan fisik. Waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga di bulan puasa berbeda-beda tergantung dengan aktivitas dan kebiasaan masing-masing orang.

Dokter sports therapy yang berpraktik di Slim + Health di Ruko Arjuna Niaga, Kebon Jeruk Jakarta ini menyarakankan 3 waktu terbaik untuk mengolah badan, yaitu:

dr Michael
Sumber: liputan6-com
  1. Setelah Sahur

Sehabis sahur, biasanya ada waktu kosong sebelum berangkat kerja. Daripada tidur lagi, waktu ini bisa digunakan untuk berolahraga. Lakukan latihan dengan intensitas ringan dan gerakan berulang. Beberapa olahraga yang direkomendasikan adalah jalan, bersepeda atau badminton ringan.

“Memilih jenis olahraga setelah sahur memang harus yang ringan, supaya energi Anda tidak terkuras. Olahraga setelah sahur bertujuan untuk tetap menggerakkan badan, namun tetap sehat,” jelas Dr. Michael.

  1. Sebelum Berbuka

Sembari ngabuburit, Anda bisa melakukan olahraga secara fun bersama teman-teman. Intensitasnya bisa sedang, mulai dari aerobik seperti treadmill, latihan beban dengan menggunakan berat tubuh layaknya push up dan sit up dan bisa juga yoga. Sehat banget ini ngabuburitnya!

  1. Setelah Berbuka atau malam Hari

Untuk Anda yang rutin beroahraga dengan intensitas tinggi seperti jogging, muaythai, RPM, waktu yang tepat adalah setelah berbuka atau malam hari.

Di momen ini Anda bisa lebih maksimal karena tubuh sudah mendapatkan asupan makanan sehingga lebih berenergi.

4. Olahraga untuk Sehat

Kita semua punya beragam motivasi dalam berolahraga. Jika Anda olahraga adalah salah satu upaya Anda untuk menjadi sehat, jadikan kondisi tubuh sebagai parameter untuk melakukannya, seperti tingkat kadar gula darah, tekanan darah, serta kondisi fisik lainnya. Ingat ya, kondisi tubuh, bukan berapa likes di Instagram setelah Anda mengupload foto yoga Anda tadi pagi.

Jangan sampai olahraga malah membuat Anda jadi sakit bukannya malah sehat. Apalagi di bulan puasa Anda tidak makan dan minum seharian, olaharaga di momen ini bisa menjadi tantangan sendiri. Untuk kondisi fisik yang berbeda, pastinya membutuhkan jenis latihan yang tidak sama.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap jaga kesehatan!

BACA JUGA: Manfaat Tetap Berolahraga Saat Bulan Puasa