Ini Anjuran Ahli Gizi Tentang Minum Air Putih Saat Puasa

0
176
minum air putih 242

Tentu kita semua sudah mengerti betapa pentingnya air untuk kelangsungan hidup kita. Mengonsumsi air putih dengan cukup sehari-hari membawa banyak dampak baik terhadap tubuh, mulai dari kulit yang terlihat segar, pencernaan yang berjalan dengan baik, hingga membantu menjaga berat badan.

Saran umum tentang banyaknya air yang dikonsumsi adalah 2 liter per hari, namun ada pula yang menyarankan sesuai dengan berat badan. “Karena kondisi orang yang berbeda, maka kebutuhan air masing-masing orang pun berbeda,”ungkap Susan Hartono, ahli gizi dari Self Awareness Network yang juga Dewan Pembina Organisasi Autoimun Marisza Cardoba Foundation.

Cara menghitung kebutuhan air, seperti dijelaskan Susan adalah Berat Badan x 0,03. Jika berat badan Anda 52 kg, misalnya, maka kebutuhan air Anda adalah 1,5 liter per hari.

Dengan asupan yang cukup, tubuh akan bekerja dengan baik. “Selain terhindar dari dehidrasi, minum air (terutama air putih) yang cukup juga bisa bantuk kita lebih fokus dalam beraktivitas. Karena air putih dapat membantu mengalirkan oksigen ke dalam tubuh,” jelas Pakar Gizi dari RSIA Bunda Jakarta, Revina Febri Nadiasari Putri SGz.

Nah, bagaimana aturan minum air ketika puasa?

Revina menyarankan, saat sahur dan berbuka puasa, sebaiknya minum air putih, bukan soft drink, sirup, dan minuman manis lainnya. Karena, minuman-minuman yang tinggi kalori dan gula dapat menambah berat badan Anda dengan cara yang tidak sehat.

Untuk memenuhi kebutuhan air putih saat puasa, Anda dapat menggunakan rumus 2-4-2. Yaitu, 2 saat sahur, 4 saat dan setelah berbuka, dan 2 sebelum tidur.

“1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas saat berbuka, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur,” jelas Revina.

Selain minuman, buah dan sayuran juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh setidaknya 20%. Revina menyarankan bayam atau timun, semangka yang memiliki kandungan air hingga 90%.

Selain dimakan langsung, semangka bisa menjadi salah satu buah yang enak dan menyegarkan untuk dibuat sebagai infused water, alternatif minum air yang masih sehat jika Anda perlu minuman yang lebih “menghibur”.

BACA JUGA: Infused Water: Bikin Air Putih Lebih Enak Dan Sehat