Ini Alasan Kenapa Kita Disarankan untuk Rajin Makan Kiwi

0
985
kiwi

Buah berdaging hijau dengan rasa manis yang tajam ini tidak hanya enak dijadikan topping smoothies tetapi juga kaya nutrisi sehingga disarankan untuk sering-sering dimakan. Beberapa kandungan nutrisinya adalah vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, kalium,  antioksidan dan sumber serat yang baik.

Penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan kalau buah kiwi sangat baik dikonsumsi oleh lansia di atas 50 tahun. Para peneliti menemukan fakta kalau mengonsumsi kiwi dapat meminimalisir degenerasi makula (penurunan penglihatan pusat) yang biasa terjadi pada orang-orang tua.

Kiwi juga melindungi sistem kardiovaskular dengan mengurangi risiko pembekuan darah dan menurunkan jumlah trigliserida dalam darah Anda. Buah ini memiliki efek dan manfaat yang sama aspirin, tetapi berbeda dengan aspirin, buah ini tidak menyebabkan pendarahan atau peradangan gastrointestinal.

BACA JUGA: Perlindungan Brokoli, Dari Cegah Kanker Hingga Bikin Awet Muda

Untuk kesehatan jantung jangka panjang, Anda bisa menambahkan kiwi ke dalam mangkuk sereal sebagai sarapan ataupun camilan tengah hari yang bergizi.

Anda menderita asma? Jumlah kandungan vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam kiwi disinyalir dapat membantu meredakan gejala asma.

Kandungan Hebat dari Kiwi

Satu buah kiwi mengandung:

42 kalori

0,8 gram protein

0,4 gram lemak

2,1 gram serat

64 miligram vitamin C

3 mikrogram vitamin A

0,2 miligram besi

252 miligram potasium

17 mikrogram folat

Cara Enak Makan Kiwi

Bagaimana supaya tidak bosan makan Kiwi? Coba cara-cara berikut:

Koktail Tropis

Anda bisa menambahkan kiwi sebagai salah satu isian koktail selain buah-buah lainnya seperti nanas, mangga, dan stroberi.

Smoothies Hijau

Untuk sensasi yang sedikit berbeda, Anda bisa menjadikan kiwi sebagai teman campuran smoothies. Blender kiwi bersama bayam, apel, dan pir. Voila…jadilah smoothies hijau dengan rasa segar nan sehat!

Frozen Kiwi

Bekukan irisan kiwi dan makan sebagai camilan atau hidangan penutup di hari yang panas atau kiwi beku menjadi topper salad.

Sejatinya cara terbaik mengonsumsi kiwi adalah dimakan langsung ataupun diblender sebagai smoothies. Jangan pernah memasak kiwi supaya kandungan vitamin C-nya tetap terjaga. Kiwi juga bisa dikonsumsi sebagai suplemen.  Baik dalam bentuk bubuk, tablet, atau kapsul, ataupun ekstrak kiwi.

Sudahkah Anda makan kiwi hari ini?

BACA JUGA: Food for Your Mood: Biar Tidak Marah-Marah dan Anti Galau