Infused Water Untuk Buka Puasa: Aneka Minuman

0
214
Infused water untuk puasa

Kita semua pasti sudah tahu pentingnya air minum untuk tubuh. Meski begitu, terkadang ada rasa bosan menghinggapi kalau hanya minum air putih terus. Nah daripada Anda mencari hiburan pelipur rasa bosan dengan menenggak aneka minuman kemasan, lebih baik bikin infused water. Terutama buat yang puasa, tentunya infused water jauh lebih baik daripada sirup!

Infused water menjadi tren sejak Amy Pogue, seorang blogger asal Amerika Serikat  mempopulerkannya pada 2012. Amy mengaku terispirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon. (Source: Ebook-Infused Water, Minumal Alami Bervitamin & Super Sehat)

Kombinasi Infused Water Untuk Buka Puasa

Membuatnya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu merendam potongan buah, sayur, atau rempah-rempah di dalam air, lalu didiamkan semalaman. Selain segar, potongan buah atau sayuran di dalamnya membuat minum air jadi lebih menyenangkan.

Anda tentu bisa berkreasi sesuka Anda, namun ini beberapa kombinasi kesukaan kami.

Lemon dan Mentimun

Infused Water: Aneka Minuman Untuk Buka Puasa ~ mentimun lemon

Khasiat buah lemon tak hanya dapat melancarkan pencernaan, tetapi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Lemon juga dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam darah, dan yang paling penting lemon dapat mengurangi masalah bau mulut yang cukup mengganggu saat berpuasa.

Sedangkan, mentimun mengandung banyak serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan. Mentimun juga rendah kalori lho, jadi selain menghindari dehidrasi, konsumsi mentimun saat berpuasa juga dapat menurunkan berat badan.

Raspberry dan Daun Mint

infused water raspberry

Buah raspberry mengandung vitamin C dan magnesium. Selain itu, buah ini sangat berkhasiat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Zat antioksidan seperti fenol dan anthocyanin juga terkandung di dalam buah mungil berwarna merah ini.

Daun mint adalah salah satu daun yang populer di dunia yang memiliki rasa menthol, membuat daun ini memiliki cita rasa khas. Daun mint memiliki aroma dan rasa yang dingin. Tak hanya cantik sebagai hiasan makanan, daun ini bermanfaat sebagai obat sakit perut, penghilang racun, dan jika dikunyah langsung dapat mencerahkan gigi.

Nanas dan Daun Basil

infused water nanas basil

Buah nanas mengandung kadar air 87% dan juga vitamin C. Selain itu, nanas juga mengandung antioksidan, vitamin B1, dan potassium yang tinggi. Mengonsumsi buah nanas dapat meningkatkan sistem imunitas dan melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Daun basil merupakan rempah populer dan memiliki rasa yang manis. Daun ini banyak digunakan untuk penambah aroma makanan, terutama di India. Basil bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan dapat sebagai sumber kaya antioksidan.

BACA JUGA: Infused Water: Bikin Air Putih Lebih Enak Dan Sehat

Semangka dan Daun Basil

infused water semangka basil

Semangka memiliki kandungan air paling banyak, yakni 97%. Semangka mengandung likopen yang dapat menghindari kerusakan karena radikal bebas, potassium untuk menghidari serangan jantung dan menekan kolesterol, vitamin A untuk kesehatan mata, kulit dan sistem imun, vitamin C, antioksidan, dan citrulline yang dapat melenturkan pembuluh darah.

Mencampurkan semangka dan daun basil ke segelas air akan memberikan semangat bagi tubuh.

Itu tadi rekomendasi membuat infused water. Anda dapat bereksperimen sendiri berdasarkan warna, jenis, dan campuran lainnya.

Salah satu buah yang mudah didapatkan di bulan puasa adalah Kurma. Dengan kurma Anda dapat membuat Air Nabeez untuk teman pembuka puasa yang ideal. Caranya? Baca: Segar Berenergi Dengan Air Rendaman Kurma

Demikian dari postingan Infused Water Untuk Buka Puasa.