Ide Hadiah Natal Alami Yang Bagus, Praktis, dan Berguna

0
5651
hadiah natal ramah lingkungan

Mendekati Natal, banyak orang yang mencari hadiah untuk orang-orang yang disayangi.

Kami mengumpulkan beberapa ide hadiah yang tetap mendukung lingkungan dan bisa Anda buat sendiri. Buat sendiri? Tenang, masih ada waktu menuju hari Natal, dan kami pun telah mencari barang yang cukup cantik untuk diberikan namun super gampang sehingga tidak membuat Anda malas duluan.

Nah, inilah beberapa diantaranya!

1. Infused Olive Oil 

Infused olive oil bisa digunakan untuk salad dressing istimewa, pasta, atau makanan lain kesukaan Anda. Membuatnya gampang sekali, tapi dengan waktu 1 hingga 2 minggu? Tidak semua orang punya waktu untuk membuatnya atau ingat untuk membuatnya.

Jadi, kalau Anda memberikannya sebagai hadiah, sang penerima pasti akan menghargai usaha dan kreativitas Anda. Hadiah ini juga bukan barang murahan lho. Anda bisa menggunakan olive oil kelas satu dan semua fancy herbs yang bisa Anda pikirkan; rosemary, basil, lemon, dan lainnya. Untuk menambahkan kesan, pilih botol yang bagus dan pita hadiah.

Jika Anda membaca ini ketika waktu sudah mepet, Anda tetap bisa melakukannya. Tempel saja label bertuliskan tanggal kapan minyak ini siap dipakai (1 hingga 2 minggu sejak dituangkan) sebagai pengingat.

2. Flavored Salt

Hampir semua dapur memerlukan garam, jadi garam Anda pasti berguna! Hampir sama dengan infused salad, membuat flavored salt sangat mudah dan Anda bisa bermain dengan begitu banyak bahan-bahan menarik!

Mulai dari pilihan garamnya, ada garam laut, grey salt, kosher salt, himalayan salt, atau garam kristal. Untuk tambahannya, Anda bisa bermain dengan paprika, oregano, bawang putih, chili, lemon, matcha sampai red wine!

3. Deterjen Alami  

Banyak orang akan dengan cepat beralih ke produk yang lebih alami… jika tersedia di depan matanya. Contohnya saja deterjen, siapa yang tidak mau memakai deterjen yang efektif menjalankan fungsinya sebagai pembersih dan bahan-bahannya lebih baik untuk lingkungan dibanding deterjen konvensional?

Semua orang bisa membuatnya sendiri tapi selalu terkendala dengan dimana membeli bahan-bahannya (padahal jaman sekarang hampir semuanya bisa Anda temukan di online marketplace). Alasan lain tentu saja waktu. Tidak punya waktu membeli apalagi membuatnya.

Di sinilah hadiah Anda bisa menyenangkan hati teman sekaligus mengobati rasa penasarannya seperti apa mencoba deterjean natural. Siapa tahu setelah hadiah Anda dia akan terinspirasi membuatnya sendiri, ya kan?

Nah kami sendiri pernah membuat deterjen alami bersama Clara Simanjuntak, founder Nyananyana Clothing. Silakan simak cara membuatnya, dan jangan bingung beli dimana bahan-bahannya, karena semuanya bisa ditemukan di online marketplace atau di toko-toko bahan kimia.

4. Cairan Pembersih Serba Guna

Beberapa orang memiliki beberapa cairan pembersih di rumahnya. Satu produk untuk membersihkan kaca, satu untuk membersihkan meja, dan mungkin ada pembersih lainnya. Sebenarnya cuka, bahan yang sangat sederhana dan murah, bisa menjadi andalan untuk membersihkan perabot rumah. Hanya saja, baunya memang menyengat sehingga tidak terlalu menyenangkan.

Untuk mendapatkan manfaat cuka namun dengan aroma yang lebih enak, kita bisa “merendam” bahan pilihan yang kita suka dalam wadah yang berisi cuka. Misalnya saja kulit buah atau herbs seperti lavender atau rosemary. Dengan begini, Anda bisa memanfaatkan kulit buah untuk fungsi yang tidak pernah Anda gunakan sebelumnya.

Cuka efektif untuk membersihkan hampir semua barang di rumah seperti; meja, kulkas, wc dan kaca. Meski begitu bau cuka tidak serta merta hilang dalam jangka waktu singkat, Anda perlu merendamnya sekitar 1-2 minggu.

Dengan hadiah ini Anda bisa membantu teman untuk beralih ke pembersih yang alami dan membuatnya menghemat pengeluaran untuk pembersih di bulan-bulan selanjutnya!

Berikut beberapa video tutorial bagaimana membuatnya!