Ternyata Rasa Segar Ketika Kita Berjalan di Hutan, Bukan Karena Banyak Oksigen

0
250
Ternyata Rasa Segar Ketika Kita Berjalan di Hutan, Bukan Karena Banyak Oksigen
Ternyata Rasa Segar Ketika Kita Berjalan di Hutan, Bukan Karena Banyak Oksigen

Tetumbuhan, apalagi yang berwujud pohon besar dan rindang , memang berkontribusi menjadikan lingkungan lebih teduh dan segar.

Dahannya yang rimbun dapat menghalangi paparan sinar matahari, juga kemampuan tanaman mengubah karbondioksida menjadi oksigen menyebabkan udara di sekitarnya bersih dan segar.

Makin besar pohonnya, maka makin banyak oksigen yang dihasilkan sehingga udara di sekitarnya menjadi semakin sejuk. Maka dari itu, berjalan-jalan di area yang dikelilingi pepohonan akan membuat tubuh lebih segar.

Ternyata penyebab rasa segar tersebut bukan berasal dari oksigen yang dihasilkan pepohonan.

Penganut Tao percaya bahwa pohon dapat menyerap energi buruk yang ada di sekitarnya dan mengubahnya menjadi energi baik yang berguna bagi kehidupan pohon itu sendiri dan juga lingkungan di sekitarnya. Mengubah karbondioksida menjadi oksigen adalah salah satunya.

Salah satu katalis perubahan energi tersebut adalah energi bumi atau tanah, tempat pohon tersebut berdiri serta cahaya yang ada di sekitarnya.

Makin besar dan makin tua umur pohon tersebut, maka makin banyak energi buruk yang bisa diubah menjadi energi baik.

Ada banyak cara untuk mendapatkan energi baik dari pepohonan. Salah satu yang kerap kali dilakukan oleh orang-orang Jepang adalah:

  • Berjalan-jalan
  • yoga
  • melakukan meditatsi di hutan

Selain baik untuk kesehatan, mereka percaya bahwa berjalan-jalan di hutan secara rutin akan menukar energi buruk yang ada di dalam dan sekitar tubuh manusia, dengan energi baik yang dipancarkan oleh pohon.

Selain berjalan-jalan, melakukan yoga dan bermeditasi di bawah pohon akan membuat pertukaran energi lebih baik.

BACA JUGA: 10 Lagu Rileksasi untuk Yang Gampang Cemas

Jadi, dimana kita bisa melakukan hal tersebut, terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar? Beberapa kota besar memiliki hutan kota atau kebun raya yang bisa dicapai dengan mudah. Di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa spot yang menarik, antara lain:

  • Hutan kota Sanggabuana yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan
  • Hutan kota Srengseng di Jakarta Barat
  • Hutan kota di Universitas Indonesia, Depok

Sedikit lebih jauh, ada Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, yang bukan saja luas tapi juga diisi dengan pohon-pohon tua.

Warga Bandung bisa menjajal hutan kota Ir. H.Juanda, yang lebih dikenal dengan Tahura  atau bisa menelesuri hutan Babakan Siliwangi yang terletak di tengah kota.

Tidak melulu harus hutan, kita pun bisa memanfaatkan kompleks perumahan yang ditanami pohon-pohon besar di sepanjang jalannya. Hal ini makin banyak dilakukan oleh pengembang perumahan.

Banyaknya manfaat interaksi antara manusia dan pohon juga telah membuat beberapa kelompok membuat acara yoga, meditasi atau retreat di area yang memiliki pohon-pohon besar.

Apakah Anda punya hutan “langganan” tempat jalan-jalan yang Anda rekomendasikan? Tolong beritahu kami di kolom komen!