Hari Diabetes Dunia 2017 : 6 Makanan yang Baik untuk Penyandang Diabetes

0
5081

Hari Diabetes Dunia setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 14 November. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang diabetes dan penangan yang tepat untuknya. International Diabetes Federation (IDF) memberikan tema-tema yang unik untuk peringatan Hari Diabetes Dunia setiap tahun, dan temanya untuk tahun 2017 ini adalah “Woman and Diabetes”. Tema ini dipilih karena, ternyata, berdasarkan data IDF, 199 juta wanita hidup dengan diabetes sekarang ini dan jumlahnya akan terus bertambah menjadi 313 juta pada tahun 2040.

Salah satu faktor penyebab utama diabetes yang dialami wanita adalah pola makan dan nutrisi yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan kebiasaan mengkonsumsi tembakau dan alkohol. Untuk membantu mencegah efek dari kebiasaan tersebut, berikut adalah daftar makanan yang perlu dimasukkan ke dalam daftar menu Anda sehari-hari. Makanan yang kaya akan nutrisi ini, tidak hanya bisa membantu mengontrol diabetes, tetapi juga bisa membantu mencegah resiko terjadinya.

  1. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran hijau seperti kubis, daun mustard, daun lobak, dan methi merupakan jenis bahan makanan yang rendah kalori dan karbohidrat. Sehingga tidak menyebabkan lonjakan pada gula darah Anda. Sayur-sayuran ini juga mengandung serat dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

  1. Labu Pahit

Bahan makanan ini mengandung zat aktif yang merupakan anti-diabetes seperti charantin yang juga dikenal karena dapat menurunkan glukosa dalam darah dan senyawanya mirip dengan insulin (polipeptida-p). Cara paling baik untuk mengkonsumsi labu pahit ini adalah dengan dijadikan jus dan diminum di pagi hari saat perut kosong.

  1. Gandum Utuh

Olahan gandum utuh seperti barley dan oat sangat kaya akan serat yang dicerna dengan perlahan untuk menjaga gula darah Anda dari lonjakan yang tiba-tiba. Mengkonsumsi gandum utuh secara teratur dapat membantu dalam mencegah kenaikan berat badan berlebihan yang menjadi pemicu terjadinya kondisi diabetes.

  1. Flaxseed dan Biji Labu

Flaxseed mengandung serat yang tidak larut (lignan) dalam jumlah besar. Bahan makanan ini juga membantu mengurangi resiko komplikasi jantung dan stroke yang diawali dari diabetes. Seperti ada dikatakan, “Keep a handful of pumpkin seeds with you to fight cravings for fatty and sugary foods”.

  1. Jambu Biji

Jambu biji memiliki nilai indeks glikemik rendah dan sangat kaya akan serat yang dapat membantu mengobati konstipasi.

  1. Beetroot

Jenis umbi-umbian ini merupakan sumber vitamin, mineral, serta, dan phytonutrients. Semua nutrisi ini dapat membantu Anda untuk mengatur diabetes yang Anda miliki. Kandungan gula alami dalam beetroot tidak akan berubah menjadi glukosa di dalam tubuh terlalu cepat yang sangat baik bagi para penyandang diabetes.

Pola makan kita merupakan aspek yang sangat penting untuk mengatur kadar diabetes di dalam tubuh. Maka, pastikan Anda makan makanan sehat dan seimbang secara teratur.

(Sumber : https://www.ndtv.com/food/world-diabetes-day-2017-6-foods-you-must-include-in-your-diet-1774662)