Kenali Gejala Kanker Pankreas

0
370
Karl and Steve

Mungkin Anda masih ingat ketika dunia fashion berduka ketika mendengar kepergian desainer Karl Lagerfeld di awal tahun 2019. Di usia 85 tahun Karl pergi dengan meninggalkan karya-karyanya yang luar biasa untuk dunia fashion.

Lebih dari tiga dekade Karl tidak pernah melewatkan show – nya, terakhir dalam dua show Chanel Karl absen dikarenakan lelah dan keadaan semakin memburuk beberapa pekan sebelum tutup usia.

Soal penyebab kematiannya, seperti dilansir dari Mirror, sumber anonim yang dekat dengan Karl mengatakan bahwa desainer kondang ini dilarikan ke rumah sakit setelah berjuang melawan sakit kanker pankreas yang dideritanya.

Bukan hanya Karl, pesohor lain yang diketahui menderita penyakit yang sama adalah Steve Jobs. Tahun 2011 pendiri Apple, Steve Jobs, meninggal dunia pada 56 tahun karena kanker pankreas. Konon Steve sudah mengetahui kondisi tubuhnya sejak 2003, namun lebih memilih pengobatan alternatif seperti akupuntur, ia juga meminum ramuan jus khusus, dan pergi menemui “spiritualist”. Isaacson, penulis biografi Steve Jobs, mengatakan Steve menyesali keputusannya untuk tidak mengambil tindakan medis yang lebih agresif.

pankreas

Jenis penyakit apapun, bila diketahuai sejak dini tentunya akan lebih mudah ditangani. Ada baiknya Anda mengenali berbagai gejala kanker pankreas, seperti yang dialami Karl Lagerfeld dan Steve Jobs:

Kanker pankreas itu sendiri terjadi ketika sel-sel di dalam pankreas mengalami perubahan (mutasi) DNA. Akibatnya, sel tumbuh tidak terkendali dan tetap bertahan meski sel-sel yang normal telah mati. Lama-kelamaan, sel-sel tersebut akan terakumulasi dan membentuk tumor. Hingga saat ini, para pakar masih belum menentukan penyebab pasti dari kanker pankreas.

Jaundience

Jaundice merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kulit dan mata menjadi berwarna kuning karena adanya penumpukkan bilirubin. Selain itu, gejala lainnya dapat berupa urine berwarna gelap, feses dapat menjadi pucat dan munculnya rasa gatal pada kulit.

Perubahan BAB

Kanker pankreas dapat menyebabkan keluhan diare, konstipasi (susah buang air besar) atau malah keduanya. Pada kanker pankreas, konstipasi merupakan keluhan yang sering dialami karena sistem pencernaan bekerja lebih lambat.

Penurunan berat badan

Penurunan berat badan tanpa adanya alasan yang jelas dapat menjadi salah satu pertanda kanker pankreas. Kondisi ini dikarenakan pankreas berperan penting untuk mencerna makanan. Sehingga, jika ada massa tumor yang menghambat, dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat.

Nyeri perut

Meski nyeri perut bisa disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan, namun adanya massa tumor di area perut pada pasien kanker pankreas dapat menimbulkan keluhan nyeri pada area perut. Bergantung dari lokasi tumor, rasa nyeri yang dialami pasien kanker pankreas disebabkan oleh massa tumor yang menekan saraf dan organ di sekitarnya.

Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga dengan kelainan genetik yang meningkatkan risiko kanker, seperti adanya mutasi pada gen BRCA2, sindrom Lynch, atau kanker kulit yang diturunkan (familial atypical mole-malignant melanoma/FAMMM syndrome)

Selain gejala-gejala di atas, kanker pankreas juga dapat menimbulkan gejala demam, kelelahan hebat, darah mudah menggumpal, susah menelan dan menyebabkan diabetes. Tetap jaga kesehatan teman-teman!