Gaya Hidup Bisa Menyebabkan Ketiak Hitam

0
556
ketiak-hitam

Sering merasa tidak percaya diri karena ketiak berwarna “hitam”? Tenang, rasanya hampir semua orang di dunia pernah mengalami warna kulit ketiak yang menggelap. Jika Anda melihat ketiak yang putih, cerah, kinclong kemungkinan besar Anda melihatnya di majalah atau iklan televisi.

Kulit ketiak yang menggelap bukan masalah, tapi apakah menggelapnya masih dalam batas wajar atau tidak. Menurut Ann C. Zedlitz, dermatologis  dari MD Baton Rouge, LA gaya hidup seseorang bisa menjelaskan penyebab mengapa ketiaknya “menghitam”.

Beberapa diantaranya adalah kebiasaan bercukur, menggunakan deodoran yang  menyebabkan iritasi. Sejatinya kandungan alkohol, pewangi tertentu dapat membuat kulit iritasi sehingga terjadi inflamasi. Reaksi inflamasi inilah yang merangsang sel-sel pembuat pigmen (melanosit) untuk menghasilkan lebih banyak pigmen dan memicu kulit menjadi lebih gelap.

Mengenakan pakaian terlalu ketat yang merapat pada bagian ketiak juga dapat membuat perubahan warna pada kulit ketiak. Ini respon tubuh terhadap gesekan dan tekanan, yaitu membuat bagian kulit ketiak menebal.

Tidak membersihkan ketiak secara benar juga bisa jadi penjelasan lain. Sudah seharusnya Anda memberikan perhatian khusus pada bagian lipatan kulit. Kondisi kulit yang terlipat membuat keringat menumpuk dan menyebabkan penggumpalan kotoran. Jadinya, Anda perlu usaha lebih banyak untuk membuat sisi tersebut bersih.

BACA JUGA: Calendula yang Menyembuhkan

Ketiak yang gelap juga dapat menjadi hasil dari kondisi medis yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin dan diabetes. Metabolisme abnormal dari mereka yang menderita diabetes atau pra diabetes dapat memicu penebalan kulit dan efek penggelapan yang diakibatkannya.

Cara Mengembalikan Warna Alami Ketiak

Perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan dapat membantu mengembalikan warna alami ketiak, setidaknya mencerahkan. Untungnya, kini sudah cukup banyak produsen kosmetik atau skincare alami yang menyediakan deodoran dari bahan-bahan natural seperti contohnya Aquila, Tattvika, Good Vibes dan masih banyak lagi. Mengubah deodoran yang “lebih aman” mungkin bisa menjadi salah satu solusi.

Sebagai tambahan, Anda bisa membantunya dengan beberapa pengobatan rumahan yang banyak dipercaya bisa memulihkan warna ketiak, yaitu:

  • Kentang

Parut kentang, kemudian oleskan parutan tersebut ke ketiak Anda. Diamkan setelah 10 menit, lalu bilas ketiak dengan air dingin.

  • Timun

Potong irisan mentimun tebal dan gosok irisan tersebut pada area gelap ketiak Anda.

  • Lemon

Sama efektifnya seperti kentang dan timun, lemon juga bisa jadi bahan yang sama manjurnya. Hanya saja, jangan terlalu keras ketika menggosoknya karena bisa menyebabkan iritasi.

  • Kunyit

Campurkan parutan kunyit dan dua sendok makan perasan lemon lalu oleskan kombinasi bahan tersebut secara merata ke kulit ketiak. Aplikasikan sebagai masker dan bersihkan setelah 20 menit untuk manfaat yang lebih efektif.

  • Minyak Kelapa

Pijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun bayi. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

BACA JUGA: Benarkah Madu Efektif Sebagai Masker Wajah?