Garam Epsom, Gunanya Untuk Kesehatan Hingga Kebun Anda

0
181
garam epsom
Photo by Joanna Kosinska on Unsplash

Meski bertajuk garam, “Epsom salt” tak lazim digunakan di dalam masakan. Kata “Epsom” sendiri diambil dari nama tempat di Inggris di mana garam tersebut diekstraksi. Istimewanya, garam ini terdiri dari komponen magnesium dan sulfat yang esensial bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, garam Epsom telah diandalkan sebagai elemen terapi selama bertahun-tahun lamanya.

Cara menggunakan garam Epsom adalah dengan menambahkannya ke dalam air. Menurut teori, metode ini diklaim dapat memicu proses osmosis yang dapat menyingkirkan racun dari dalam tubuh sekaligus memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap dua unsur penting tadi; magnesium dan sulfat.

Untuk hasil maksimal, berendamlah di dalam bathtub berisi air yang telah dicampurkan dengan garam Epsom selama 40 menit. Takarannya sendiri tergantung pada berat badan Anda. Untuk anak-anak dan dewasa takarannya bisa berbeda, Anda bisa lihat di tautan ini. Ketika ingin melakukan ini, ingatlah untuk menghindari dulu pemakaian sabun karena akan mengganggu kinerja garam itu sendiri. (Sumber: 1, 2)

Berendam di dalam larutan garam Epsom sebanyak 1-3 kali seminggu dipercaya dapat memberikan Anda berbagai khasiat, diantaranya:

  1. Melawan serangan pegal dan nyeri otot;
  2. Menyembuhkan memar atau pembengkakan;
  3. Meredakan stres;
  4. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas;
  5. Membuat Anda mudah terlelap dan tidur lebih nyenyak;
  6. Meringankan sakit kepala atau migrain;
  7. Menormalkan tensi;
  8. Melancarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung;
  9. Menambah stamina;
  10. Mengatasi kuku kaki yang tumbuh ke dalam;
  11. Menenangkan kulit yang kemerahan akibat terbakar matahari. (Sumber: 3, 4, 5, 6)

Untuk mereka yang hidup sibuk di perkotaan, berendam dengan garam Epsom adalah cara yang paling cepat dan praktis untuk rileksasi di rumah.

Untuk Perawatan Kecantikan 

Banyak wanita juga telah menjadikan garam Epsom sebagai bagian dari ritual perawatan kecantikannya. Saat membersihkan wajah, misalnya, garam dibaurkan pada pembersih muka sebagai upaya eksfoliasi untuk menumpas sel-sel kulit mati dan melembutkan permukaan kulit.

Selain itu, garam ini juga berguna untuk mengenyahkan sisa-sisa hairspray yang bersarang di rambut. Caranya? Pertama-tama, aduk segelas garam Epsom dan secangkir sari perasan lemon ke dalam tiga liter air. Kemudian, biarkan selama 24 jam di dalam wadah yang tertutup. Saat dibutuhkan, Anda bisa menuangkan ramuan tersebut ke atas rambut yang masih kering sebelum keramas seperti biasa. Berbagai resep lainnya untuk memakai garam Epsom guna membersihkan komedo, menutupi bau kaki, dan menambah volume rambut bisa disimak di sini.

Berguna untuk Berkebun

Selain kegunaannya dalam hal kecantikan dan kesehatan, ternyata garam Epsom pun bisa diberdayakan untuk berkebun! Pasalnya, mineral dalam garam ini bisa membantu tanaman bertumbuh hijau dengan hasil panen yang lebih tinggi. Jika Anda tengah menunggu mawar berbunga, menyiramnya dengan larutan garam Epsom mampu mempercepat pemekaran. Adapun takaran garam Epsom untuk diberikan pada tanaman bisa bervariasi, tergantung pada jenisnya. Dosis dan macam-macam tumbuhannya bisa dilihat pada tautan ini.

Dan seperti garam konvensional, garam Epsom ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih ruangan. Misalnya saja dengan cara mencampurkannya pada cairan pencuci piring untuk menggosok kamar mandi. Macam-macam kegunaan lainnya seperti mengangkat kotoran dalam mesin cuci bisa dilihat di sini.