Gangguan Cemas, Kenali Gejalanya, dan Obati Segera

0
383
Gangguan Cemas, Kenali Gejalanya, dan Obati Segera
Gangguan Cemas, Kenali Gejalanya, dan Obati Segera

Masih berkaitan dengan hari Kesehatan Jiwa sedunia yang jatuh tanggal 10 Oktober kemarin, masih banyak informasi tentang kesehatan jiwa yang perlu disebarluaskan.

Masyarakat sering menggangap gangguan jiwa hanyalah Skizofrenia saja yang di dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan istilah “gila”.

Padahal masih banyak gangguan kesehatan jiwa lain yang juga menyebabkan ketidakmampuan yang nyata bagi pasien dan lingkungannya.

Salah satu yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah tentang Gangguan Cemas.

Gangguan cemas ada beberapa macam, yang paling sering ditemukan di masyarakat kita adalah Gangguan Cemas Panik dan Gangguan Cemas Menyeluruh

Gangguan Cemas Panik

Gangguan cemas panik ditandai biasanya dengan keluhan jantung berdebar-debar (palpitasi) yang tiba-tiba datang.

Gejala ini juga seringkali dibarengi dengan gejala-gejala fisik lain, di bawah ini adalah gejala-gejala yang sering dialami pasien Gangguan Cemas Panik:

  • 1. Jantung berdebar-debar.
  • 2. Sesak napas dan rasa seperti tercekik.
  • 3. Perasaan ingin muntah atau mual berkelebihan.
  • 4. Kesemutan dan keluar keringat dingin.
  • 5. Gemetar seperti orang yang tidak mampu menahan berdiri dirinya.
  • 6. Terkadang terdapat disorientasi lingkungan.
  • 7. Perasaan tidak nyaman di tubuh, seperti nyeri di kepala atau tengkuk.
  • 8. Perasaan takut kehilangan kontrol atau menjadi gila.
  • 9. Merasa seperti ingin pingsan.

Gejala di atas biasanya berlangsung tiba-tiba tanpa ada pemicu yang jelas. Pasien seringkali merasakan adanya sensai tidak nyaman di dada dan rasa jantung berdebar dimulai saat itu.

Tidak mengherankan pasien seperti ini biasanya buru-buru minta ke rumah sakit karena yang ditakutkan adalah gangguan jantung.

Setelah pemeriksaan baik direkam jantung oleh EKG, dilakukan ekokradiografi bahkan CT-Scan sampai MSCT, ternyata tidak didapatkan kelainan yang mendasari.

Sayangnya kadang pasien tidak percaya akan hal ini sehingga terus menerus mencari pertolongan di klinik penyakit dalam atau jantung.

Lebih baik pasien seperti ini segera menghubungi psikiater karena gangguan cemas ini dapat diobati dalam jangka waktu tertentu.

Gangguan Cemas Menyeluruh

Gangguan cemas menyeluruh biasanya ditandai dengan suatu kondisi gangguan cemas yang berlebihan terhadap segala sesuatu di dalam kehidupan individu tersebut.

Pasien sering terlihat khawatir dan merasa was-was sehari-hari terhadap segala sesuatu yang bahkan kemungkinan terjadinya sangat kecil.

Pernah saya menangani pasien yang sangat khawatir akan masa depan anaknya kelak, padahal anak tersebut masih dalam kandungan.

Pasien seperti ini juga seringkali merasa khawatir yang berlebihan ketika mempunyai gangguan medis sehingga terkadang pada beberapa kasus ini menghambat perbaikan dari kondisi medis umumnya sendiri bila tidak ditangani gangguan cemasnya.

Pada beberapa kasus, serangan panik dengan tanda-tanda di atas dapat muncul walapun intensitas dan frekuensinya biasanya jarang.

Semoga informasi ini berguna untuk pembaca sekalian. Jangan lupa bahwa kebanyakan gangguan cemas lebih sering bermanifestasi sebagai gangguan fisik, seperti yang telah disebutkan di atas.

Jika anda tidak mendapatkan pertolongan yang baik, maka gangguan ini bisa membuat kualitas hidup anda menurun

*Penulis yakni dr.Andri,SpKJ,FAPM adalah Psikiater di Klinik Psikosomatik RS Omni Internasional, Alam Sutera, Serpong – Tangerang, anggota the Academy of Psychosomatic Medicine dan The American Psychosomatic Society. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai psikosomatik kunjungi http://www.psikosomatik.net/