G-BOMBS: Cara Mudah untuk Mengingat 6 Makanan Paling Sehat

0
649
biji-bijian serap nutrisi dengan sayuran
Lemak sehat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan juga membantu penyerapan nutrisi ketika dimakan dengan sayuran. Foto: chuttersnap

6. S Untuk SEEDS

Biji dan kacang mengandung lemak sehat dan kaya spektrum mikronutrisi, termasuk pitosterol, mineral, dan antioksidan.

Banyak studi telah menunjukkan manfaat kardiovaskular dari kacang. Selain itu, kacang-kacangan berguna untuk pemeliharaan berat badan dan pencegahan diabetes. (Sumber: 1, 2, 3, 4)

Profil nutrisi biji-bijian mirip dengan kacang untuk kandungan lemak sehat, mineral, dan antioksidan, tetapi biji-bijian juga berlimpah dalam mineral, dan proteinnya lebih tinggi daripada kacang. Dan setiap jenis benih memiliki nutrisi yang unik.

Biji rami, chia, dan biji rami adalah sumber lemak omega-3 yang sangat kaya. Selain omega-3, biji rami kaya serat dan lignan. Konsumsi biji rami melindungi kita dari penyakit jantung dengan sejumlah mekanisme yang berbeda.

Lignan, yang dikandung keduanya, biji rami dan biji wijen, memiliki efek anti-kanker.  Biji bunga matahari sangat kaya protein dan mineral. Biji labu kaya akan zat besi dan kalsium dan merupakan sumber seng yang baik.

Biji wijen memiliki jumlah kalsium paling banyak dari makanan apa pun di dunia, dan menyediakan banyak vitamin E. Juga, biji wijen hitam sangat kaya antioksidan.

Lemak sehat dalam biji-bijian dan kacang-kacangan juga membantu penyerapan nutrisi ketika dimakan dengan sayuran.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang G-BOMBS di buku terlaris New York Times, Super Immunity, yang membahas cara memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami terhadap segala sesuatu mulai dari flu biasa hingga kanker.

 Oleh Joel Fuhrman, MD • Awalnya diterbitkan di www.drfuhrman.com