Dolores “The Cranberries” Meninggal di Usia 46 : Pernah Memiliki Riwayat Bipolar

0
327
Dolores “The Cranberries” Meninggal di Usia 46 : Pernah Memiliki Riwayat Bipolar
Dolores “The Cranberries” Meninggal di Usia 46 : Pernah Memiliki Riwayat Bipolar

Senin, 15 Januari 2018, dunia dikejutkan dengan kabar duka yang datang dari personil band kenamaan tahun 1990-an, The Cranberries, Dolores O’Riordan.

Pasalnya, vokalis band tersebut ditemukan meninggal dunia di Hotel Park Lane, London, pada pukul 09.05 pagi.

Dikabarkan musisi berusia 46 tahun ini sedang berada di Inggris untuk menyelesaikan proses rekamannya bersama The Cranberries.

Beberapa sumber mengatakan penyebab kematian dari Dolores adalah karena serangan jantung dan bukan karena bunuh diri. Meskipun demikian belum ada keterangan lebih lanjut terkait dengan hal ini.

Dalam perjalanan karir dan hidupnya, diketahui perempuan asal Irlandia ini sempat memiliki riwayat bipolar.

Bipolar atau yang lebih dikenal dengan manic depression merupakan sebiah kondisi kejiwaan yang dapat menyebabkan perubahan mood ekstrim, termasuk di dalamnya emotional highs (mania atau hipomania) dan emotional lows (depresi).

4 Jenis Kondisi Bipolar

Tidak seperti perubahan suasana hati yang biasa terjadi, episode ekstrim pada bipolar bisa terjadi selama dua minggu atau bahkan lebih, dan beberapa orang tidak akan merasakan suasana hati yang normal pada waktu tersebut.

Pada dasarnya terdapat empat jenis kondisi bipolar :

  • Bipolar I Disorder – didefinisikan berdasarkan manic episodes yang terjadi selama 7 hari atau gejala manic yang terjadi sangat sering sehingga seseorang membutuhkan bantuan medis untuk mengatasinya.

    Biasanya, pada tipe ini, episode depresif juga dapat terjadi, setidaknya selama 2 minggu. Gabungan dari kedua episode (depresi dan manic) juga dapat terjadi pada kelainan Bipolar I ini.

  • Bipolar II Disorder – didefinisikan berdasarkan pola episode depresif dan hipomania, tetapi tidak seperti Bipolar I dimana episode berlangsung terus menerus. Lebih banyak periode depresinya.
  • Cyclothymic Disorder – merupakan kondisi bipolar dengan jumlah gejala hipomania atau depresi yang sudah berlangsung selama 2 tahun (1 tahun untuk anak-anak dan remaja). Tetapi, gejala-gejala ini tidak sesuai dengan ciri-ciri diagnosa episode hipomania dan depresif pada umumnya.
  • Tipe Bipolar lainnya – terjadi saat gejala yang muncul tidak sesuai dengan tiga kategori sebelumnya.

Orang-orang dengan kondisi bipolar bisa mengalami intensitas emosi yang tidak wajar, perubahan pada pola tidur dan aktivitas harian, serta perilaku yang tidak biasa. Kondisi kejiwaan ini sudah dimiliki oleh Dolores sejak tahun 2014.

Saat itu, ia harus berurusan dengan polisi karena menyerang seorang pramugari Aer Lingus. Juga, dalam pemeriksaan terungkap bahwa Dolores merupakan orang dengan bipolar (ODB).

Sebelum meninggal, vokalis bersuara khas ini sempat membatalkan beberapa konsernya di Amerika dan Eropa karena kondisi kesehatan tulang belakang yang dialaminya.

Dari berbagai sumber