Chia Seeds Untuk Sajian Yang Lebih Berenergi

0
149

Salah satu bahan makanan yang semakin populer di kalangan peminat hidup sehat adalah Chia Seed. Aslinya, tanaman chia berasal dari Amerika Tengah, khususnya di Meksiko dan Guatemala. Di Indonesia, banyak orang menyamakannya dengan selasih, meskipun dua jenis biji-bijian ini berbeda.

Biji Chia dikenal rendah karbohidrat, tinggi serat dan protein. Kandungan kalsiumnya lima kali lebih tinggi dari susu, dan omega 3 yang delapan kali lebih tinggi dibanding ikan salmon. Dengan semua manfaat itu Chia Seed disebut sebagai Superfood dan tidak heran kalau dikatakan pada masanya, Suku Maya dan Aztec menjadikan Chia sebagai makanan pokok.

Banyak cara untuk mengonsumsi Chia Seed, ini beberapa diantaranya:

Chia Seed Dalam Minuman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Entosmoothies 🍓 (@entosmoothies) on

Anda dapat meminum air dengan Chia Seed di dalamnya untuk pengganti sarapan. Selain sehat, efek kenyang chia akan meredam rasa lapar Anda hingga waktu makan siang.

Caranya adalah campurkan segelas air putih dengan 1,5 sendok benih Chia. Tunggu selama kurang lebih 15 menit agar benih-benih chia mengembang, lalu minum. Untuk memberi efek segar ketika diminum, Anda juga dapat menambah perasan lemon ke dalamnya. Anda pun bisa mengganti air dengan Air Kelapa.

Sebagai Bahan Makanan Overnight Oats

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Entosmoothies 🍓 (@entosmoothies) on

Anda bisa juga memasukkan Chia Seeds dalam overnight oats sebagai salah satu bahan yang akan meramaikan sajian sarapan Anda.

Yang perlu Anda siapkan adalah 1,4 cangkir susu non diary, misalnya susu almond dan susu kelapa, 3 sendok makan bubuk kakao, 1 sendok makan madu, garam secukupnya, irisan dark chocolate untuk topping, dan 0,4 cup chia seed.

Cara membuatnya yaitu, masukkan semua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah yang memiliki tutup atau Anda dapat menggunakan toples, aduk rata. Lalu, toples dimasukkan ke dalam kulkas dalam kurun waktu 4 jam hingga semalaman.

Ditaburkan ke Makanan Kesukaan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Stacy Ramirez MS, RDN, LD (@dietitianfortheplanet) on

Chia seed dapat ditaburkan ke atas mangkuk oatmeal, bubur, smoothies, yoghurt selai kesukaan Anda. Chia seed yang baru ditabur dan langsung dikonsumsi akan terasa renyah.

Siap memulai hari dengan superfood chia seeds?

BACA JUGA: Berbeda dari Selasih, Ini Istimewanya Chia Seed